Kaleidoskop dan Catatan Penting Sepakbola di Tahun 2012 (Part 1)

Tags

Memasuki awal tahun baru 2013, ada baiknya kembali mengenang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tahun 2012 lalu. Di tahun 2012, banyak kejadian-kejadian penting, menarik dan memorable yang patut untuk dikenang, termasuk di bidang sepakbola dimana banyak pertandingan, gol-gol, pemain hingga kompetisi yang menarik perhatian para penggemar sepakbola di seluruh dunia sepanjang tahun 2012.

Pada tahun 2012, nama Lionel Messi masih berada di puncak pemain terbaik dunia berkat rekor 91 gol dalam satu tahun kalender. Chelsea juga meraih tinta emas dengan menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Untuk level internasional, tim matador Spanyol masih menjadi yang terdepan setelah meraih back to back dengan juara Piala Eropa 2012 ini. Sementara dari dalam negeri, nyaris tidak ada prestasi sepakbola yang bisa dibanggakan. Kisruh dualisme kepengurusan, merosotnya ranking FIFA, ancaman sanksi FIFA, hingga kegagalan di Piala AFF menjadi aib bagi timnas Indonesia di tahun 2012.

Kaleidoskop dan Catatan Penting Sepakbola di Tahun 2012 (Part 1)

Catatan Sepakbola Tahun 2012 antara bulan Januari hingga Juni selengkapnya :


- JANUARI -

Messi Raih Ballon d'Or 2011

Lionel Messi kembali meraih penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d'Or. Hal ini tak lepas dari penampilannya apiknya di tahun 2011 lalu. Ini menjadi gelar Ballon d'Or ketiga berturut-turut Messi sekaligus menyaingi rekor legenda Juventus dan Prancis, Michel Platini. Messi berhasil meraih suara terbanyak mengungguli dua kompetitor utamanya, Cristiano Ronaldo dan Xavi Hernandez.


- FEBRUARI -

Tragedi Berdarah Kerusuhan Mesir

Awal Februari, persepakbolaan di Mesir menorehkan tinta hitam. Dalam sebuah pertandingan, terjadi kerusuhan antar suporter yang banyak menelan korban jiwa. Tak tanggung-tanggung, 74 orang tewas akibat insiden ini. Akibatnya, federasi sepakbola Mesir memutuskan untuk menghentikan kompetisi liga yang masih belum berakhir.

Rekor Kekalahan Terbesar Indonesia

Indonesia menorehkan rekor kekalahan terbesarnya sepanjang sejarah setelah dikalahkan tim Bahrain 0-10. Ini menjadi rekor kekalahan terbesar timnas Indonesia setelah sebelumnya dikalahkan Denmark 0-9 di era 1970-an. FIFA sempat menginvestigasi pertandingan ini karena dicurigai adanya pengaturan skor, meski akhirnya tidak terbukti.

Konflik di Sepakbola Inggris

Dua berita besar terjadi di Inggris pada bulan Februari ini. Yang pertama adalah mundurnya pelatih timnas Inggris, Fabio Capello hanya 3 bulan sebelum pergelaran Piala Eropa 2012, setelah terlibat konflik dengan federasi sepakbola Inggris, FA. Capello beralasan bahwan FA terlalu banyak campur tangan dalam tugas kepelatihannya. Ia pun digantikan oleh Roy Hodgson. Selain itu juga ada konflik antar pemain yang melibatkan bek MU, Patrice Evra dan penyerang Liverpool, Luis Suarez. Dugaan rasis Suarez atas Evra yang menyebabkan hukuman 10 partai bagi Suarez membuat keduanya tidak akur. Suarez lalu menolak jabat tangan dengan Evra.

Zambia Juara Piala Afrika

Zambia sukses membuat sejarah emas dengan menjuarai Piala Afrika 2012. Mereka berhasil mengalahkan tim unggulan, Pantai Gading di final lewat adu penalti. Kesuksesan Zambia tak lepas dari penyerangnya, Christopher Katongo yang akhirnya menjadi top skorer. Zambia berhasil mematahkan prediksi media yang banyak mengunggulkan tim-tim kuat seperti Pantai Gading, Ghana atau Nigeria.


- MARET -

Abramovich Pecat Villas-Boas

Andre Villas-Boas hanya bertugas selama beberapa bulan saja sebagai pelatih kepala Chelsea, setelah pada Maret 2012, ia dipecat oleh bos Chelsea, Roman Abramovich. Performa buruk di liga menjadi alasan AVB dipecat. Chelsea hanya menghuni papan tengah Liga Inggris. Ia lalu digantikan oleh asistennya, Roberto Di Matteo sebagai caretaker hingga akhir musim.

Drama 16 Besar Liga Champions

Babak 16 besar Liga Champions 2012 ini banyak memunculkan hal-hal yang menarik. Dimulai dari kesuksesan Messi mencetak 5 gol dalam satu pertandingan dan membawa Barcelona menang 7-1 melawan Leverkusen. Lalu juga kemenangan dramatis Chelsea atas Napoli lewat babak perpanjangan waktu setelah sempat kalah 1-3 di leg pertama. Hingga kemenangan 3-0 Arsenal atas AC Milan yang sia-sia karena sudah kalah 0-4 di leg pertama. Selain itu juga ada kejutan dari tim antah berantah asal Siprus, APOEL Nicosia yang berhasil melaju ke babak perempat final setelah menyingkirkan Lyon.

Get Well Soon, Muamba

Tragedi kembali menghampiri sepakbola Inggris. Pemain tengah Bolton, Fabrice Muamba mengalami collaps di tengah lapangan dalam pertandingan melawan Tottenham. Muamba tiba-tiba pingsan dan tak sadarkan diri saat pertandingan masih berlangsung. Pertandingan tersebut pun lalu dihentikan dan Muamba langsung dilarikan ke rumah sakit. Hal ini banyak menimbulkan simpati dari dunia sepakbola.


- APRIL -

Kematian Piermario Morosini

Dunia sepakbola Italia mengalami tragedi pada bulan April ini. Pemain klub Serie-B, Livorno yaitu Piermario Morosini meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung di lapangan saat bermain dalam lanjutan Serie-B. Hal ini membuat jadwal Liga Italia diundur selama 10 hari. Mantan pemain Udinese ini pun lalu banyak memperoleh tribute dari seluruh Italia dan juga dunia.

Road To Final Liga Champions

Liga Champions akhirnya hanya menyisakan laga final hingga akhir April. Chelsea (Inggris) dan Bayern Muenchen (Jerman) berhasil melaju ke final sekaligus menggagalkan final idaman El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid, yang banyak diprediksi oleh media. Chelsea mengalahkan Barcelona dengan agregat 3-2 sedangkan Bayern mengkadaskan Real Madrid lewat drama adu penalti. Uniknya, dua mega-bintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi pesakitan setelah gagal mengeksekusi penalti yang menyebabkan kegagalan timnya.


- MEI -

Real Madrid Juara Liga Spanyol

Real Madrid akhirnya berhasil menjuarai Liga Spanyol 2012 setelah mematahkan dominasi Barcelona selama 3 tahun. Madrid juga menorehkan rekor gol terbanyak dalam satu musim serta poin terbanyak yaitu 100 poin. Madrid unggul 9 poin dari posisi kedua, Barcelona. Gelar ini menjadi spesial bagi pelatih Jose Mourinho yang membuat ia juara di empat kompetisi negara yang berbeda. Untuk top skor La Liga diraih Lionel Messi dengan 50 gol. Sedangkan Coppa del Rey direbut Barcelona yang mengalahkan Athletic Bilbao di final.

Invicible Juventus Raih Scudetto

Juventus akhirnya meraih gelar pertama Liga Italia setelah kasus Calciopoli 2006 lalu. Hebatnya, Juventus meraihnya tanpa satu kali pun menelan kekalahan. Semangat stadion baru serta dukungan pelatih berkarisma, Antonio Conte menjadi kunci sukses Juventus. Andrea Pirlo juga memegang peranan penting sukses Juventus. Untuk top skor Serie-A diraih oleh Zlatan Ibrahimovic dengan 28 gol. Sedangkan Coppa Italy sukses direbut Napoli yang mengalahkan Juventus di final.

Akhiri Kutukan 44 Tahun, Manchester City Juara

Dramatis, itulah kata yang tepat menggambarkan suskes Man City saat juara Liga Inggris 2012 ini. Bagaimana tidak, Man City baru memastikan juara hanya 60 detik sebelum Liga Inggris benar-benar resmi berakhir. Gol Sergio Aguero sekaligus memupus harapan Manchester United yang sempat melakukan selebrasi juara sebelum Man City akhirnya memastikan meraih kemenangan di pertandingan lain. Gelar ini menjadi yang pertama bagi Man City setelah 44 tahun. Untuk top skor Liga Inggris diraih oleh Robin Van Persie dengan 30 gol. Gelar FA Cup diraih Chelsea yang mengalahkan Liverpool di final. Sedangkan Liverpool sendiri berhasil meraih Piala Carling setelah mengalahkan Cardiff City di final.

Chelsea Juara Liga Champions 2012

Sebelumnya tak ada yang memprediksi Chelsea sejauh ini, namun akhirnya Chelsea berhasil meraih Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Chelsea mengalahkan Bayern di final lewat drama adu penalti. Didier Drogba dan Pietr Cech menjadi kunci sukses di laga final ini. Meski banyak dikritik karena gaya permainan bertahannya, namun faktanya pelatih Roberto Di Matteo berhasil mempersembahkan trofi yang sudah dinanti oleh suporter The Blues. Sementara top skor Liga Champions direbut Lionel Messi dengan 14 gol.

Euforia Juara Liga-Liga Eropa

Bulan Mei memang identik dengan akhir musim liga-liga eropa. Hal ini banyak memunculkan euforia juara di liga-liga Eropa. Borussia Dortmund berhasil meraih double winners, dimana baik dalam Bundesliga Liga Jerman maupun Piala Jerman, Dortmund berhasil menyingkirkan Bayern Muenchen. Di Liga Prancis, Montpellier mengejutkan banyak pihak setelah menjuarai Ligue 1. Padahal dua musim lalu, Montpellier masih bermain di divisi satu Liga Prancis. Di Belanda, Ajax Amsterdam meneruskan dominasi setelah berhasil mempertahankan gelar Eredivisie. Sedangkan Atletico Madrid sukses menjuarai Liga Eropa 2012 setelah mengalahkan sesama klub Spanyol, Athletic Bilbao di final.


- JUNI -

Opening Piala Eropa 2012

Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, akhirnya resmi dibuka pada 8 Juni 2012 di Warsawa, Polandia. Upacara pembukaan berlangsung meriah dengan parade dan pertunjukan budaya lokal selama 15 menit. Pertandingan pembuka sendiri mempertemukan Polandia melawan Yunani yang berakhir imbang 1-1.

Drama dan Euforia Euro 2012

Bulan Juni masih didominasi oleh pergelaran Piala Eropa 2012. Kegagalan Belanda lolos dari penyisihan grup tanpa meraih 1 poin pun menjadi kejutan tersendiri. Selain itu, dua tuan rumah, Polandia dan Ukraina juga gagal lolos dari penyisihan grup. Di babak perempat final, duel seru terjadi antara Italia melawan Inggris. Aksi penalti chip panenka Andrea Pirlo akhirnya meloloskan Italia ke semi final. Italia lalu melaju ke final setelah mengalahkan tim favorit Jerman. Mario Balotelli mencetak dua gol di mana selebrasi ala Hulk nya menarik banyak perhatian dunia. Spanyol juga sukses melaju ke final. Setelah mengalahkan Prancis di perempat final, Spanyol menyingkirkan Portugal lewat drama adu penalti di semi final. Spanyol dan Italia pun akan berjumpa di final Piala Eropa 2012.


Itulah info kaleidoskop dan catatan sepakbola di tahun 2012 antara bulan Januari hingga Juni. Masih banyak momen-momen penting lain di dunia sepakbola sepanjang tahun 2012. Untuk kelanjutannya, silahkan lihat catatan sepakbola tahun 2012 part 2.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon