11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Setelah kurang lebih 26 tahun melatih, Sir Alex Ferguson akhirnya memutuskan untuk pensiun sebagai manajer Manchester United. Posisinya sebagai manajer The Red Devils digantikan oleh mantan pelatih Everton, David Moyes. Sejak tahun 1986, Ferguson yang sebelumnya melatih klub Skotlandia, Aberdeen ini telah mempersembahkan puluhan trofi bagi United, yakni 13 trofi Liga Inggris, 5 Piala FA serta 2 Liga Champions.

Di awal kedatangannya, Manchester United masih meraih 7 trofi Liga Inggirs saja dan masih tertinggal dari pengumpul gelar Liga Inggris terbanyak, Liverpool. Namun berkat tangan dinginnya, Fergie berhasil membawa United menjuarai Liga Inggris sebanyak 13 kali hingga musim 2012-2013 ini, sehingga total MU punya 20 trofi Premier League dan menyalip gelar Liverpool yang hanya 18. Tak pelak, Man United pun dijuluki King of Engand. Selain 13 trofi Liga Inggris, Ferguson juga berhasil mempersembahkan 6 Piala FA dan 2 Liga Champions bagi publik Old Trafford.

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Selama melatih Manchester United, Ferguson telah banyak menghasilkan dan mengorbitkan pemain-pemain bintang, baik dari hasil didikan akademi klub maupun membeli dari klub lain. Dari sekian nama itu akan disusun 11 pemain terbaik dalam sebuah tim yang terdiri dari pemain terbaik Man United yang dilatih oleh Ferguson, periode 1986 hingga 2013. Berikut 11 pemain terbaik Manchester United yang pernah dilatih Sir Alex Ferguson dari beserta pemain cadangannya yang disusun dengan formasi 3-4-3 versi Zakipedia :

11 Pemain Terbaik Manchester United


Goalkeeper


1. Peter Schmeichel (Denmark)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Di era Ferguson, United memiliki beberapa kiper hebat, seperti Edwin Van Der Sar atau Fabian Barthez. Tapi tentu saja nama Peter Schmeichel bisa dibilang sebagai kiper terbaik di era Fergie. Penjaga gawang asal Denmark ini menjadi andalan di gawang The Red Devils sejak pertama dibeli dari klub Denmar, Brondby. Schmeichel berperan penting dalam kesuksesan MU meraih treble winners pada tahun 1999. Ia turut andil dalam gol kemenangan United di final Liga Champions 1999 melawan Bayern dimana ia mencetak umpan penting saat naik membantu serangan di menit-menit akhir. Schmeichel memang dikenal sebagai kiper yang 'nekat' dan sering naik membantu serangan saat situasi bola mati. Sepanjang karirnya, ia telah mencetak 11 gol sebagai kiper.


Cadangan :
Edwin Van Der Sar (Belanda)
Fabian Barthez (Prancis)


Defender


2. Gary Neville (Inggris)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Salah satu bek kanan terbaik di Inggris adalah Gary Neville. Ia merupakan asli didikan akademi Manchester United yang diorbitkan pada tahun 1992. Gary Neville merupakan saudara dari Phil Neville yang juga sempat beberapa tahun bermain di United. Berbeda dengan Phil Neville yang lalu pindah ke Everton, Gary Neville memutuskan untuk tetap berada di Manchester United hingga akhir karirnya. Sebagai bek sayap, Gary Neville dikenal sebagai pemain yang lugas dan disiplin. Ia juga menjadi andalan di timnas Inggris. Tak heran jika ia disebut-sebut sebagai bek kanan terbaik di era Ferguson.

3. Rio Ferdinand (Inggris)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Hingga kini, nama Rio Ferdinand masih memegang rekor sebagai bek termahal di dunia saat dibeli Manchester United dari Leeds United dengan nilai transfer sekitar 46 juta euro. Rio Ferdinand juga menjadi transfer termahal yang pernah dilakukan oleh Sir Alex Ferguson. Ferdinand lalu menjadi bek andalan United hingga kini. Selama bertahun-tahun, ia dipasangkan oleh partner yang berbeda, mulai dari Wes Brown, John O'Shea hingga duetnya bersama Nemanja Vidic.

4. Dennis Irwin (Republik Irlandia)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Dennis Irwin merupakan salah satu bek terbaik di era Ferguson. Ia bisa dipasang sebagai bek kanan maupun bek kiri. Meski begitu, Irwin mengaku jika ia akan lebih nyaman jika dipasang sebagai bek kiri. Pemain asal Irlandia kerap menjadi andalan Ferguson di posisi bek kiri Manchester United. Ia memiliki kemampuan overlapping yang cepat, namun juga kuat saat sedang bertahan.


Cadangan :
Jaap Stam (Belanda)
Nemanja Vidic (Serbia)
Gary Pallister (Inggris)
Mikhael Silvestre (Prancis)
Wes Brown (Inggris)
Lee Sharpe (Inggris)
Patrice Evra (Prancis)


Midfielder


5. Paul Scholes (Inggris)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Gelandang asli Inggris, Paul Scholes merupakan salah satu pemain favorit Ferguson. Ia menjadi andalan di lini tengah United. Scholes bersama dengan Giggs, Beckham, Butt dan Neville bersaudara merupakan hasil akademi United di tahun 1992 yang disebut Class of 92. Scholes kemudian berkembang menjadi salah satu midfielder terbaik di Eropa. Scholes juga menjadi andalan di timnas Inggris sebelum memutuskan untuk pensiun dari timnas setelah Piala Eropa 2004 lalu. DI tahun 2011 lalu Scholes sempat memutuskan untuk pensiun total dari dunia sepakbola. Namun ia akhirnya kembali bermain 6 bulan kemudian karena permintaan Ferguson yang masih membutukan jasanya.

6. David Beckham (Inggris)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Meski kini lebih dikenal sebagai selebriti dunia, namun tetap saja David Beckham adalah salah satu pemain terbaik Manchester United. Diorbitkan dari Class of 92, Beckham lalu semakin berkibar seiring sukses United di kancah persepakbolaan Inggris. Kemampuan utamanya adalah tendangan bebas serta umpan crossing-nya. Beckham bisa berposisi di sayap kanan maupun pemain tengah. Namanya menjadi semakin populer setelah menikah dengan anggota Spice Girls, Victoria Adam. Beckham juga sempat berselisih dengan Ferguson hingga akhirnya dijual ke Real Madrid pada tahun 2003 lalu. Beckham lalu sempat memperkuat LA Galaxy, AC Milan hingga kini di PSG.

7. Ryan Giggs (Wales)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Mungkin pemain ini adalah pemain terbaik Manchester United di era Ferguson secara keseluruhan. Dedikasi dan loyalitas Ryan Giggs sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak 1992 hingga kini, Giggs tetap setia di Old Trafford. Ia turut meraih banyak gelar bersama United termasuk 2 gelar Liga Champions. Giggs juga mencatat rekor sebagai satu-satunya pemain yang selalu mencetak gol di tiap musim Premier League sejak 1992. Tak heran jika Ferguson begitu mengandalkan pemain yang biasa beroperasi di sayap kiri ini.

8. Cristiano Ronaldo (Portugal)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Di antara semua pemain di daftar ini, hanya Cristiano Ronaldo saja yang pernah meraih gelar Ballon d'Or sebagai pemain terbaik dunia pada 2008 lalu. Ronaldo pertama kali ditemukan Ferguson pada tahun 2004 saat ia dibeli dari klub Portugal, Sporting Lisbon dengan nilai transfer 'hanya' 12 juta euro. Ronaldo lalu berkembang menjadi pemain yang paling ditakuti di Liga Inggris. Kemampuan dribble-nya membuat bek-bek lawan sering menjadi 'mainan'-nya. Sebagai winger, Ronaldo juga sangat subur. Pada 2007, ia menjadi top skor liga dengan 31 gol. Terakhir, Ronaldo mempersembahkan gelar Liga Champions pada tahun 2008 di mana ia menjadi top skor turnamen. Pada 2009, Cristiano Ronaldo akhirnya dijual ke Real Madrid dengan nilai transfer 80 juta euro yang menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia.


Cadangan :
Roy Keane (Irlandia)
Nicky Butt (Inggris)
Phil Nevile (Inggris)
Michael Carrick (Inggris)
Juan Sebastian Veron (Argentina)
Darrent Fletcher (Skotlandia)


Forward


9. Eric Cantona (Prancis)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Eric Cantona dikenal sebagai striker yang bertalenta, namun juga memiliki tempramen yang tinggi. Cantona yang dibeli Ferguson dari Leeds lalu menjelma menjadi striker andalan Manchester United di periode 90'-an. Ia dikenal dengan selebrasi dinginnya usai mencetak gol. Meski begitu, Cantona juga dikenal memiliki temperamen tinggi. Ia pernah melakukan tendangan kungfu kepada supporter Crystal Palace yang menghinanya karena Cantona mendapat kartu merah. Akibatnya, Cantona sempat dihukum skorsing 9 bulan. Meski begitu, Eric Cantona akan selalu dikenang sebagai legenda bagi publik Old Trafford.

10. Ruud Van Nistelrooy (Belanda)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Salah satu penyerang asing terbaik di era Premier League. Ruud Van Nistelrooy  yang berasal dari Belanda didatangkan United dari klub PSV Eindhoven. Ia yang biasa dipanggil Ruutje lalu menjadi andalan Ferguson di lini depan United pada periode 2002 hingga 2006. Van Nistelrooy juga pernah menyabet satu kali penghargaan top skor Liga Inggris dan 2 kali top skor Liga Champions. Van Nistelrooy kemudian dijual ke Real Madrid setelah sempat berselisih dengan Ferguson.

11. Wayne Rooney (Inggris)

11 Pemain Terbaik Manchester United di Era Sir Alex Ferguson

Dididik di Everton, namun besar di Manchester United. Siapa lagi kalau bukan Wayne Rooney. Rooney yang berasal dari kota Liverpool merupakan hasil akademi junior Everton. Penampilannya yang memukau membuatnya dibeli Manchester United dengan nilai transfer 25 juta euro. Harga yang mahal mengingat saat itu Rooney masih berusia 18 tahun. Pemain yang biasa dipanggil Wazza ini lalu menjadi pemain kunci di United. Kepindahan Ronaldo ke Madrid membuat Ferguson mempercayakannya sebagai juru gedor utama United. Hingga kini, Rooney masih menjadi andalan di lini depan Manchester United serta timnas Inggris.

(lihat profil lengkap Wayne Rooney selengkapnya)


Cadangan :
Ole Gunnar Solksjaer (Norwegia)
Dwight Yorke (Trinidad-Tobago)
Andy Cole (Inggris)
Teddy Sheringham (Inggris)
Dimitar Berbatov (Bulgaria)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3, maka akan terlihat seperti ini :


Schmeichel

Gary Neville - Ferdinand - Irwin

Ronaldo - Beckham - Scholes - Giggs

Rooney - Cantona - Van Nistelrooy



Itulah 11 pemain terbaik Manchester United di era Ferguson. Pemain-pemain tersebut merupakan pemain-pemain yang secara bergantian diandalkan oleh Sir Alex Ferguson selama 26 tahun melatih di Manchester United. Dan tentu mereka telah memberikan kontribusi yang nyata bagi Manchester United. Sekian info Liga Inggris ini.

Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar ...



(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon