Daftar 50 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2013

Sepanjang tahun 2013, banyak kejadian-kejadian penting dalam dunia sepakbola. Mulai dari kesuksesan Bayern meraih treble winners, final Liga Champions yang mempertemukan dua wakil jerman Bayern dan Dortmund, Brasil yang sukses meraih juara Piala Konfederasi 2013, hingga berakhirnya babak kualifikasi Piala Dunia yang kemudian telah menghasilkan 32 negara peserta Piala Dunia 2014 yang siap bersaing di Brasil mendatang. Selain itu juga banyak pemain-pemain hebat yang telah tampil memukau dan juga luar biasa sepanjang tahun 2013 lalu.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang 2013. Selain itu, Lionel Messi juga masih patut dipertimbangkan dengan penampilan hebat seperti biasanya. Namun jangan lupakan juga Franck Ribery yang menjadi kunci kesuksesan Bayern dalam keberhasilan meraih treble sepanjang 2013. Pemain-pemain lain dengan nama besar seperti Zlatan Ibrahimovic, Gareth Bale, Neymar, Mesut Ozil, Philipp Lahm, Andrea Pirlo atau Arjen Robben juga tampil luar biasa sepanjang 2013 dengan gol-gol dan assist yang mereka buat. Lalu siapa saja pemain yang layak masuk dalam daftar 50 pemain terbaik dunia sepanjang 2013?


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia Tahun 2013

Daftar 50 Pemain Terbaik di Dunia sepanjang tahun 2013 versi Zakipedia :


1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid / Portugal)



Siapakah pemain terbaik sepanjang tahun 2013? Cukup sulit untuk menentukannya, melihat gap yang tipis di antara Ribery, Messi dan Ronaldo. Namun jika melihat performa individu, maka Cristiano Ronaldo lah yang layak menjadi pemain terbaik di tahun 2013 ini. Melihat jumlah gelar, Ronaldo memang tidak membawa Real Madrid meraih satu trofi pun di 2013. Namun Ronaldo tetap menunjukkan penampilan berkelas secara individu. Torehan golnya pun terus mengalir baik di La Liga maupun di Liga Champions. Ronaldo juga menjadi top skor di seluruh kompetisi sepanjang tahun 2013 mengungguli Messi dan juga penyerang-penyerang lainnya. Ia mencetak 66 gol sepanjang tahun 2013. Bahkan torehan golnya lebih banyak dari gol klub-klub di Liga Inggris. Hal ini tentu luar biasa, mengingat posisinya hanyalah sebagai pemain sayap alias winger.


2. Franck Ribery (Bayern / Prancis)

Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Tahun 2013 menjadi tahun terbaik bagi Franck Ribery selama berkarir sebagai pemain profesional. Ribery menjadi aktor utama Bayern dalam kesuksesan meraih treble winners pada musim 2012-2013 lalu. Ribery juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa 2012-2013 oleh UEFA. Penampilan memukaunya yang konsisten di tiap laga juga menghasilkan belasan gol dan puluhan assist sepanjang tahun 2013. Tak salah jika ia layak masuk top three daftar pemain terbaik dunia 2013.


3. Lionel Messi (Barcelona / Argentina)

Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Bukan tahun terbaik, namun tetap saja penampilan Lionel Messi di tahun 2013 masih layak dibilang luar biasa. Di paruh pertama tahun 2013, pundi-pundi gol Messi memang mengalir deras seperti biasanya. Namun di periode Oktober, Messi sempat mengalami penurunan performa hingga sempat puasa gol dalam beberapa laga. Sesuatu yang tidak pernah terjadi kepada Messi sebelumnya. Cedera di akhir tahun juga membuatnya 'vakum' dari dunia sepakbola untuk sementara waktu. Hal ini menjadi salah satu faktor Messi tidak masuk dua besar dalam daftar ini.


4. Philipp Lahm (Bayern / Jerman)

Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Jangan kaget melihat nama Philipp Lahm di posisi empat. Peforma kapten Bayern Munchen dan timnas Jerman ini sepanjang tahun 2013 memang sangat mengagumkan. Philipp Lahm menjadi bagian penting dalam kesuksesan Bayern meraih treble winners musim lalu. Lahm juga rajin membuat assist berkat overlapping yang kerap ia lakukan di sisi sayap kanan. Di awal musim 2013-2014, Guardiola bereksperimen dengan menempatkan Lahm sebagai gelandang bertahan, posisi yang belum pernah ia mainkan sebelumnya. Namun Lahm mampu memerankannya dengan baik. Tak heran jika banyak pihak yang menganggapnya layak meraih Ballon d'Or 2013 ini.


5. Zlatan Ibrahimovic (PSG / Swedia)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Nama Zlatan Ibrahimovic menjadi fenomena saat pertama tiba di PSG. Ibrahimovic menjadi salah satu ikon di kota Paris. Soal performa di atas lapangan jangan ditanya. Ibrahimovic langsung menjadi top skor dan pemain terbaik Ligue 1 di musim pertamanya. Dan di musim kedua Ibrahimovic tetap mampu tampil baik, meski PSG mendatangkan striker baru pada sosok Edinson Cavani. Meskipun gagal membawa Swedia lolos ke Piala Dunia 2014, Ibra tetap dipertimbangkan sebagai salah satu sosok terbaik di atas lapangan sepanjang 2013. Dan sepanjang tahun 2013, Ibra masih kerap mencetak gol akrobatik nan indah yang sudah menjadi ciri khasnya.


6. Arjen Robben (Bayern / Belanda)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Penentu gelar Liga Champions 2012-2013 bagi Bayern ada di posisi enam. Arjen Robben pun menunjukkan grafik meningkat sepanjang 2013. Selain mencetak gol match winner pada final Liga Champions, Robben pun juga kerap mencetak gol-gol spektakuler lain bagi Bayern. Dan jika bukan karena cedera yang dialami yang memaksanya absen di periode Januari hingga Maret lalu, maka nama Robben mungkin ada di top three list ini.

7. Robert Lewandowski (Dortmund / Polandia)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Penyerang Polandia ini memang tampil luar biasa di tahun ini. Robert Lewandowski mampu membawa Dortmund yang tidak diunggulkan melangkah hingga final Liga Champions dengan menjadi sumber gol utama tim. Empat gol alias quatrick ke gawang Real Madrid di babak semifinal menjadi most memorable moment bagi Robert Lewandowski di Dortmund sepanjang tahun 2013.

8. Edinson Cavani (PSG & Napoli / Uruguay)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Nama Edinson Cavani dikenal sebagai goalgetter bagi Napoli. Ia sukses membawa Napoli hingga menjadi runner up di Serie A sekaligus menyandang titel top skor Liga Italia. Kepindahannya ke PSG pun mampu menempati posisi 5 rekor transfer dunia. Dan harga mahal ia buktikan dengan start apik bersama PSG. Ia pun masih bersaing dengan Falcao dan rekan setimnya, Ibrahimovic dalam persaingan top skor di Ligue 1 Prancis.

9. Bastian Schweinsteiger (Bayern / Jerman)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Another German players. Bastian Schweinsteiger turut serta dalam kesuksesan Bayern sepanjang tahun 2013. Kontribusinya pun tak kalah dengan barisan penyerangan Bayern yang mungkin lebih banyak terekspos. Ia mampu memerankan tugas sebagai penyeimbang lini tengah Bayern dengan baik. Tak heran jika Bastian Schweinsteiger mungkin menjadi salah satu gelandang terbaik dunia saat ini. 

10. Mesut Ozil (Arsenal & Real Madrid / Jerman)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Seketika Mesut Ozil menjadi fenomena saat ia resmi berpindah klub dari Real Madrid ke Arsenal. Kepindahannya yang mengejutkan banyak pihak lalu ia bayar dengan penampilan memukau bersama The Gunners. Ozil menjadi salah satu aktor utama kesuksesan Arsenal memuncaki klasemen Liga Inggris di paruh pertama. Ozil yang rajin membuat assist juga tampil baik bersama timnas Jerman dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2014, dengan total menyumbangkan 7 gol.

11. Thomas Mueller (Bayern / Jerman)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Satu lagi aktor kesuksesan Bayern Munchen dalam meraih treble winners musim lalu. Thomas Mueller menjadi pemain kunci Die Rotten karena kemampuannya yang bisa ditempatkan di beberapa posisi di sektor penyerangan. Mulai dari sayap kanan, sayap kiri, playmaker hingga target man mampu dijalankan Thomas Mueller dengan baik. Gol dan assist pun sudah menjadi rutinitasnya di tiap pertandingan.

12. Gareth Bale (Real Madrid & Tottenham / Wales)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Winger asal Wales, Gareth Bale ada di posisi berikutnya. Performa gemilang bersama Tottenham di paruh pertama 2013 menjadi faktor utama. Tottenham seakan menjadi one-man-team di mana Bale menjadi roh permainan Spurs. Maka tak heran jika Real Madrid merekrutnya dengan bandrol mahal yang membuatnya menjadi pemain termahal dunia mengalahkan rekor Cristiano Ronaldo. Dan meski start awal Bale tak terlalu bagus, namun ia tetap layak ada di posisi 12 daftar ini.

13. Neymar (Barcelona & Santos / Brazil)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Posisi berikutnya ditempati Neymar. Aksi gemilangnya dalam ajang Piala Konfederasi 2013 menjadi momen terbaik Neymar selama 2013. Ia terpilih sebagai best player dan mencetak 4 gol. Neymar juga tampil lumayan apik dalam setengah musim awal bersama Barcelona, meskipun tidak bisa dibilang luar biasa. Namun hal itu sudah cukup untuk menempatkan Neymar dalam list ini.

14. Luis Suarez (Liverpool / Uruguay)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Tahun 2013, Luis Suarez menunjukkan performa memukau. Ia hanya kurang beruntung gagal meraih predikat top skor musim lalu karena hukuman skorsing akibat dugaan perilaku rasisme terhadap Patrice Evra. Hal ini juga membuat Suarez absen di awal musim 2013-2014. Hebatnya, ia masih sanggup bersaing dalam perburuan top skor. Duetnya dengan Daniel Sturridge di lini depan Liverpool yang diberi sebutan SAS menjadi salah satu duet paling mematikan di Eropa.

15. Robin Van Persie (Man United / Belanda)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Pemain Manchester United ini ada di posisi berikutnya. Kegemilangannya musim lalu menjadi highlight utama Robin Van Persie sepanjang 2013. Sukses menjadi top skor liga inggris dua musim berturut-turut menjadi bukti bahwa ia adalah salah satu penyerang paling berbahaya di dunia. Di era David Moyes, Van Persie masih menjadi bagian penting meski Man United mengalami start yang kurang baik. Van Persie juga menjadi top skor dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa dan memimpin timnas Belanda lolos ke putaran final.

16. Arturo Vidal (Juventus / Chile)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Saat ini bisa dibilang jika Arturo Vidal adalah salah satu gelandang terbaik di dunia. Vidal sukses membawa Juventus juara Liga Italia musim 2012-2013 di mana ia menjadi top skor tim. Produktivitas golnya sebagai gelandang dan perannya yang krusial sebagai box-to-box midfielder di lini tengah Juventus membuatnya menjadi pemain kunci dalam tim. Ia juga kerap diserahi tugas sebagai eksekutor penalti.

17. Thiago Silva (PSG / Brazil)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Bek tengah terbaik dunia saat ini. Di saat bek-bek lain mengalami inkonsistensi, Thiago Silva tetap stabil berada dalam jajaran bek terbaik dunia saat ini. Bersama PSG, Thiago Silva juga sukses meraih trofi Ligue 1 musim lalu dan kemungkinan pada musim ini juga. Thiago Silva juga menjadi kapten dalam keberhasilan timnas Brazil meraih gelar Piala Konfederasi 2013 lalu dengan menyingkirkan Spanyol di final.

18. Radamel Falcao (AS Monaco & Atletico / Kolombia)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Eks mesin gol Atletico Madrid dan kini bersama tim promosi, AS Monaco. Radamel Falcao tidak kehilangan ketajaman meski telah berpindah klub. Gelontoran gol masih lahir, baik dari kaki dan kepalanya. Falcao juga menjadi pemain kunci dalam kesuksesan Kolombia menembus putaran final Piala Dunia 2014 mendatang.

19. Marco Reus (Dortmund / Jerman)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Dortmund tidak hanya Robert Lewandowski saja. Masih banyak pemain-pemain berbakat yang ada di tim yang sukses mengejutkan Eropa dengan lolos ke final Liga Champions musim lalu tersebut. Salah satunya Marco Reus. Permainan konsisten bersama Dortmund dan timnas Jerman membuatnya sangat layak ada dalam list ini. Dan tidak heran jika banyak yang protes dan mempertanyakan kredibilitas FIFA ketika namanya tidak ada dalam nominasi peraih penghargaan Ballon d'Or 2013,.

20. Fransesco Totti (AS Roma / Italia)


Daftar 50 Pemain Terbaik Dunia 2013

Nama Fransesco Totti layak berada di 20 besar. Ia adalah pemain terbaik Italia sepanjang 2013 jika melihat performa di atas lapangan. Dengan umur yang sudah menginjak 37 tahun, Totti masih menjadi kunci permainan bagi AS Roma. Start gemilang Roma dengan menyapu bersih 10 kemenangan di musim 2013-2014 tak lepas dari perannya. Wacana memanggil Totti yang pensiun untuk kembali ke timnas Italia sempat menjadi headline. Tak heran jika melihat permainan Totti yang tetap prima dan memukau.

21. Yaya Toure (Man City / Pantai Gading)

22. Aaron Ramsey (Arsenal / Wales)

23. David Alaba (Bayern / Austria)

24. Diego Costa (Atletico / Spanyol)

25. Andres Iniesta (Barcelona / Spanyol)

26. Stefan Kiessling (Leverkusen / Jerman)

27. Marek Hamsik (Napoli / Slovakia)

28. Ilkay Gundogan (Dortmund / Jerman)

29. Daniel Sturridge (Liverpool / Inggris)

30. Mario Mandzukic (Bayern / Kroasia)

31. Andrea Pirlo (Juventus / Italia)

32. Manuel Neuer (Bayern / Jerman)

33. Mario Gotze (Bayern & Dortmund / Jerman)

34. Isco (Real Madrid & Malaga / Spanyol)

35. Thibaut Courtois (Atletico / Belgia)

36. Pierre-Erick Aubameyang (Dortmund & St Etienne / Gabon)

37. Sergio Aguero (Man City / Argentina)

38. Juan Mata (Chelsea / Spanyol)

39. Dante (Bayern / Brazil)

40. Daniele De Rossi (AS Roma / Italia)

41. Eden Hazard (Chelsea / Belgia)

42. Alvaro Negredo (Man City & Sevilla / Spanyol)

43. Steven Gerrard (Liverpool / Inggris)

44. Paul Pogba (Juventus / Prancis)

45. Alexis Sanchez (Barcelona / Chile)

46. Blaise Matuidi (PSG / Prancis)

47. Koke (Atletico / Spanyol)

48. Giorgio Chiellini (Juventus / Italia)

49. Sidney Sam (Leverkusen / Jerman)

50. Kevin Strootman (AS Roma / Belanda)


Itulah info list 50 pemain terbaik dunia tahun 2013. Beberapa atribut yang menjadi penilaian adalah jumlah gol dan assist, kontribusi terhadap tim, tingkat kekonsistenan sepanjang satu tahun kalender, performa di atas lapangan serta gelar tim dan individu yang diraih. Tentu untuk memilih 50 pemain terbaik dunia bersifat subyektif, dan akan berbeda antar satu individu dengan yang lain, boleh setuju atau tidak.

Dan jika Anda punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar...


(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan