Cheat, Tips dan Trik Bermain PES 2013

Game Pro Evolution Soccer atau yang biasa disingkat dengan PES adalah salah satu game sepakbola terbaik dan paling populer di dunia. Setelah PES 2012, kini muncul versi terbaru yaitu PES 2013. Secara umum PES 2013 adalah penyempurnaan dari game sebelumnya yaitu PES 2012. Namun terkadang kita jadi kurang terbiasa dalam memainkan game ini karena grafik PES 2013 terlalu berbeda jika dibandingkan versi PES sebelumnya. Tentunya tiap versi game akan mengalami perubahan dan peningkatan grafik dibandingkan dengan versi versi sebelumnya.

Untuk para pengguna PES 2013 yang masih baru, jangan khawatir. Akan ada beberapa cheat, tips dan trik yang bisa digunakan bagi gamer pemula agar menjadi gamer profesional. Beberapa tips trik ini mungkin terbilang simple, namun justru hal itulah yang menjadi aspek penting dalam memenangkan suatu pertandingan di game PES 2013 ini. Berikut tips trik dan tutorial lengkap game PES 2013 selengkapnya.

Cheat, Tips dan Trik Bermain PES 2013

Cheat dan Trik PES 2013


1. Melakukan Crossing


Versi PES 2013 memang berbeda dalam hal umpan crossing dibandingkan PES 2012. Apabila melakukan umpan crossing dari samping maka penjaga gawang akan langsung dengan mudah menguasai bola.  Solusinya adalah menggunakan umpan lambung menengah dengan menekan tombol O dua kali. Dengan umpan ini bola cenderung akan menjadi bola liar di kotak pinalti lawan atau berpotensi terjadi tendangan penjuru karena bola dibuang oleh pemain lawan.

2. Memanfaatkan Wing Back

Pada PES 2012 terlihat sekali pemain wing back sering maju untuk membantu serangan. Hal ini sangat membantu untuk melakukan pengusaan bola dengan strategi tiki-taka untuk mencari celah pertahanan lawan. Namun, di PES 2013 pemain belakang sayap jarang membantu dalam penyerangan sehingga pemain sayap harus melakukan skill individu dalam melewati pertahanan lawan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan strategi "Swap Swing" atau pilih (start + X) ketika main, dengan demikian maka pemain sayap belakang akan sering maju membantu penyerangan.

3. Menerima Umpan

Pemain PES 2013 terkesan lebih manja dalam mencari tempat yang kosong. Hal ini dapat diatasi dengan sering- sering menekan tombol L1+X ketika mengumpan, agar pemain yang selesai melakukan operan langsung berlari kedepan untuk mencari celah kosong. Solusi lain adalah menekan tombol R3 (analog kanan), yang berfungsi untuk membuat salah seorang pemain kita berlari menuju tempat kosong.

4. Strategi Supersub

Dalam Pro Evolution Soccer 2013, pemain yang kehabisan stamina akan sangat mempengaruhi permainannya. Contohnya adalah tidak akurat dalam merebut bola hingga salah posisi dalam menerima umpan. Hal ini bisa menjadi keuntungan jika kita memanfaatkannya dengan baik.

Yang perlu kita lakukan adalah menyimpan salah satu pemain dalam tim kita dengan tingkat kecepatan yang tinggi. Pemain ini bisa berperan sebagai supersub dengan memainkannya di sekitar menit 70' ke atas. Dengan kondisi pemain lawan yang mulai kelelahan, sang supersub ini akan lebih mudah dalam melakukan tugasnya mencetak gol dan memberi perbedaan yang signifikan di akhir laga.

5. Membangun Serangan

Dalam PES 2013, lini tengah adalah kunci dalam permainan. Jika kita bisa menguasai lini tengah dan sayap dengan terus memainkan bola dan memberi umpan ke striker, maka terjadinya gol tinggal menunggu waktu saja. Jangan langsung melakukan serangan sporadis menuju jantung pertahanan lawan saat dalam posisi tertinggal. Hal ini hanya memudahkan pemain bertahan lawan untuk mengantisipasinya dan melancarkan serangan balasan yang dapat berbuah gol bagi lawan. Solusi terbaik adalah tetap tenang dan menguasai permainan sembari mencari celah untuk menciptakan peluang-peluang yang lebih matang.

6. Situasi One on One

Dalam PES 2013, situasi one on one antara striker dengan kiper lawan akan lebih mudah untuk mencetak gol. Cukup arahkan bola ke tiang jauh atau ke arah di mana kiper sulit untuk menjangkaunya, maka gol kemungkinan besar akan terjadi.

7. Sistem Bertahan

Pada PES 2013, jangan terlalu mengandalkan cara tombol R1+X atau R2+X untuk sistem bertahan dan merebut bola dari lawan. Cobalah untuk menggunakan tombol R1+kotak sambil mengarahkan manual pemain kita untuk melakukan pressing ke pemain lawan. Hal ini akan membuat pemain lawan menjadi lengah dan akan melakukan passing secara terburu-buru.

8. Dribbling

Pada PES 2013, akan lebih mudah dalam melakukan dribbling untuk melewati pemain lawan, namun lebih susah dalam melakukan umpan 1-2 jika dibandingkan PES 2012. Trik dalam melakukan dribbling sambil melewati lawan dapat menggunakan tombol R2 dan R3. Kedua tombol tersebut apabila dikombinasikan dengan arah maka akan tercipta banyak gerakan-gerakan yang cukup keren dalam melewati lawan.

Berikut adalah beberapa contoh kombinasi dribbling dengan memanfaatkan tombol-tombol R1, R2, dan R3 :

R3 = Analog Kanan

R2 = Spesial Kontrol

R1 = Dash 

Flick = Tekan dan tahan R2 ketika pemain lawan terpancing maju
Sombrero = Tekan dan tahan R2, lalu arahkan R3 ke pemain lawan
Running Lift = Ketika sedang melakukan dribble, tahan R2 dan arahkan R3 ke ↘ atau ↗
Cross Over Turn = Saat melakukan dribble, arahkan R2 ↓ → ↓ R3 atau R2 ↑ → R3 ↑
Flip Flap = Saat melakukan dribble, arahkan R2 ↘ → R3 atau R2 ↗ → R3 ↘
Double Touch = R2 ↓ → → R3 atau R2 ↑ → R3 → 
Nutmeg = Tahan R2 (saat lawan mendekat), kemudian R1+R2 ke arah lawan 
Run Around = Tahan R2 (saat lawan mendekat), kemudian tekan R1 + R3 ↘ atau ↗ 


Dalam PES 2013, juga terdapat fitur permainan Become A Legend di mana kita bisa di mana kita bisa menjadi seorang pemain profesional yang memulai karir di dunia sepakbola dari bawah.

(selengkapnya baca juga trik become a legend PES 2013).


Beberapa cheat dan trik PES 2013 di atas bisa langsung dicoba dan dipraktekkan saat kita sedang bermain Pro Evolution Soccer 2013. Tentunya untuk bisa menjadi gamers yang handal dan profesional di PES 2013, kita harus terus melatih kemampuan dan keahlian kita dalam bermain PES 2013.


(zakipedia)

Mokhammad Zakky

48 komentar

klo cheat yang become legend ada gak ya?

Lha iya ini yang saya tunggu... thanks gan.. :D
from : Tips and Trick Playstation 3 www.playstation3arena.blogspot.com

Oi zakky.. lawan gw yuk maen pes 2013. Berani ngga?

mksh gan info'x sangat bermanfaat sekali . . .

saat ini belum ada gan, kalo ada secepatnya bakal diposting ...

trimakasih sharing tip dan trik bermain game bola pes 2013 nya gan, ini yang ane cari :thumb:

lawan gw dlu dah ni yg bkn postingan isi sejuta2 lah

thanks bro...
mantap, ane lagi belajar buat ngalahin temen.. :D

Nice post..
..oooO…………..
…(….)…..Oooo…
….\..(…….(…)….
…..\_)…….)../…..
……………(_/……
Jejak di blog ku..
Thanks.

Sallam blogger?
( http://www.makisyah.com )

wah..mantaf nih,game yg paling ane sukai buatan Konami... Jozz!!

buat yg pengen download game nya kunjungi kesini y http://www.duniagame.info/

Mantab share tips-tips main PES nya.

mantabs nih izin coba tips dan trick nya,,siapa tau dapat ngalahin temen ane nich,thanks

silahkan gan, jgn lupa sertakan link sumber gan ...

mantap gan... thanks..... mampir juga ya di sini: ahliseo.com

Wah sangat bermanfaat Sob....

http://zamusik.blogspot.com

Gan ada cheat khusus master league ga?

Trima kasih gan tutorialnya, useful.. jadi penasaran pengin langsung mraktekin..

Cara diatas bisa kita kembangkan lagi dengan berbagai teknik khusus,, kalau ingin lebih fokus,, coba di menu Training selesaikan Level Training yang ada,, dijamin mahir Main PES loh... Nice Artikel Gan... Salam

Buat keper bengong saat kt ctak gol diluar kotak pnlty dengan R2+tmbl kotak arh kan ke tiang....

Kalo buat cheat 99 semua ada gak

Mantapp infonya, kalau mau yang lebih advance bisa mampir ke web saya gamers di newfehrrypes.wordpress.com. ada trik premiumnya juga, Ready order Trik pes 2015 full komplit dijamin jago dalam sebulan saja asal mau menuruti arahan. order 087856411521 my official site
http://newfehrrypes.wordpress.com.
Permisi agan zaki numpang mampir silahturahmi :)

Yg nantangin admin! Sini buka lapak m gw!! Lo orang dikasih ilmu malah ngelunjak! Keliatan banget klau main psnya ditempat rental! Payah m orang kampung klau berurusan

PES 2013 masih jadi yang terbaik. Belom bisa tergantikan dengan yang lain.

sekarang gw jadi pemain terbaik diantara teman2 karena trik ini. thanks gan

apa itu triknya bisa di buat di pess 2015 bang ??

ada yg ber4ani lawan saya

Sayanngnya saya nggak punya PES 2013, kasian deh saya ini!

Boleh juga ini cheatnya om.. manteb bener dah ^^

keren bos artikel nya, ditunggu kunjungannya
http://idcheat.com/2014/04/tips-dan-trik-bermain-pro-evolution-soccer-pes-2013-ps3.html

hmmmm,.....koment nya ada yg lagi ngelawak :D

Itu beneran bisa nggak gan?
Kalo bisa makasih gan

Thx gan infonya mantabs...😉😉

di pes 2013 kok gk ada BVB 09 min, padahal saya kalau main PES suka pake BVB 09

Pake aplikasi PES 2013 FL Editor aja gan tapi untuk pes2013. disitu bisa merubah sallary GP dan overall sesuka hati. untuk master league nya juga bisa

Terimakasih mengenai cheat pes 2013 nya gan...sangat bermanfaat.

mantap gan bisa langsung ane praktekin

aman dari banned gak gan klo pake cheat


EmoticonEmoticon