11 Pemain Terbaik Prancis Sepanjang Masa

Piala Eropa akan kembali digelar di tahun 2016. Dengan mengusung format baru, yang diikuti 24 tim untuk pertama kali, tentu banyak kalangan memprediksi Euro 2016 nanti akan berlangsung seru. Satu negara langsung muncul sebagai kandidat utama juara. Bukan juara dunia Jerman, bukan tim tradisional Italia, bukan juga juara bertahan Spanyol, melainkan Prancis. Sebagai tuan rumah, Les Blues tentu memiliki keuntungan sendiri. Ditunjang skuad muda yang berkualitas, pasukan Didier Deschamps tentu menargetkan gelar juara. Beberapa pemain kunci Prancis seperti Paul Pogba, Hugo Lloris, Karim Benzema atau Raphael Varane siap membawa pulang trofi bagi tuan rumah.

Prancis dikenal sebagai salah satu negara papan atas untuk urusan sepakbola. Kompetisi liga domestik Prancis, Ligue 1, memang bisa dibilang masih kalah dengan 4 liga elit lain (Serie A, La Liga, Bundesliga, Premier League). Tim-tim besar di Ligue 1, seperti PSG, Lyon, Marseille, Bordeaux atau Monaco juga tidak termasuk dalam klub-klub elit dengan fanbase yang besar. Namun untuk urusan timnas, Prancis tidak kalah dibandingkan negara-negara Eropa lainnya. 

11 Pemain Terbaik Prancis Sepanjang Masa

Prancis selalu menjadi daftar unggulan dalam tiap kompetisi yang diikuti, seperti Piala Dunia atau Piala Eropa. Les Blues berhasil mengoleksi 3 major trofi hingga saat ini, yaitu 2 Piala Eropa (1984 dan 2000) dan 1 Piala Dunia yang didapat di kandang sendiri pada tahun 1998. Mereka juga mampu mencapai babak final pada edisi 2006 sebelum dikalahkan Italia.

Keberhasilan Prancis pada World Cup 1998 dan Euro 2000 memang menjadi masa keemasan sepakbola Prancis. Maka tak heran jika skuad yang bermain saat itu banyak mendominasi list skuad terbaik Prancis sepanjang masa. Selain itu pemain-pemain dari generasi emas di era 50-an dan era 80-an juga layak diperhitungkan. Berikut kami tampilkan list 11 pemain Prancis terbaik sepanjang masa di tiap-tiap posisi.



Kiper - Fabian Barthez

Barthez mungkin bukan termasuk kiper papan atas dalam sejarah sepakbola jika dibandingkan dengan nama-nama kiper hebat lain dari berbagai era. Namun di Prancis, Barthez bisa dibilang menjadi kiper terbaik. Prancis memang dikenal tidak terlalu memiliki banyak kiper hebat. Maka layak jika Barthez, yang menjadi pemain kunci pada masa keemasan Prancis di akhir 90-an, menjadi kiper terbaik Prancis.

Cadangan : Joel Bats, Hugo Lloris


Bek kanan Lilian Thuram

Nama Thuram masih tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak bagi Prancis. Ia juga menjadi bagian penting dalam kesuksesan Prancis meraih juara dunia 1998, dimana ia menjadi pemain terbaik ketiga turnamen dibawah Ronaldo (Brasil) dan rekannya, Zidane. Thuram memang memiliki skill bertahan komplit dengan fisik yang kuat, ditunjang kemampuan membantu serangan yang tak kalah baik.

Cadangan : Willy Sagnol, Manuel Amoros


Bek tengah Marcel Desailly & Laurent Blanc

Pasangan bek tengah Piala Dunia 1998, Desailly dan Blanc layak menjadi duet bek terbaik Prancis. Desailly dikenal sebagai sosok kuat di area pertahanan Prancis, sedangkan Blanc memiliki visi yang bagus. Keduanya memainkan peran penting dalam keberhasilan Prancis meraih 2 gelar prestisius dalam waktu 2 tahun di akhir 90-an. Mereka menyisihkan central defender lain seperti Bossis, Abidal dan Tresor.

Cadangan : Marius Tresor, Maxime Bossis, Eric Abidal, William Gallas, Robert Jonquet


Bek kiri - Patrice Evra

Cukup sulit memilih bek kiri terbaik Prancis, antara Patrice Evra atau Bixente Lizarazu. Kemampuan keduanya hampir sama. Lizarazu bermain apik pada kesuksesan Prancis di tahun 1998, namun Evra juga tidak kalah gemilang, terutama saat membawa Prancis lolos ke final Piala Dunia 2006. Evra juga masih aktif bermain hingga sekarang, dan memiliki jumlah caps yang lebih banyak. Dengan segala perbandingan, rasanya Evra sedikit lebih unggul dibanding Lizarazu.

Cadangan : Bixente Lizarazu, Vincent Candela


Gelandang tengah Patrick Vieira & Didier Deschamps

Ada 5 nama yang muncul jika ingin memilih 2 gelandang tengah terbaik Prancis. Mereka adalah 2 nama pemain dari era 80an, Jean Tigana dan Luis Fernandez; serta 3 nama yang menjadi bagian skuad juara dunia 98, Didier Deschamps, Patrick Vieira dan Claude Makelele. Dari 5 nama yang ada, Vieira layak dikedepankan. Ia mampu tampil prima di level tertinggi, mulai tahun 1998 hingga 2006 saat Prancis mencapai final. Sementara Deschamps juga memiliki peran penting sebagai kapten pada kesuksesan Prancis di akhir era 90an.

Cadangan : Jean Tigana, Claude Makelele, Luis Fernandez, Emmanuel Petit


Winger kanan - Raymond Kopa

Satu nama dari era 50an pantas dikedepankan, yaitu Raymond Kopa. Sebagai seorang winger, Kopa memiliki segalanya, kecepatan, dribble, passing dan kemampuan mencetak gol. Ia bermain apik, baik bagi timnas Prancis maupun bagi klub Real Madrid. Kemampuannya jelas lebih handal dibanding Robert Pires dan Sylvain Wiltord yang bermain di posisi yang sama.

Cadangan : Robert Pires, Sylvain Wiltord, Larbi Benrabek


Winger kiri - Zinedine Zidane

Berposisi asli sebagai gelandang serang, Zidane juga bisa ditempatkan di kedua posisi sayap. Rasanya juga tidak perlu dibahas lagi mengenai skill, kemampuan dan prestasi dari pemain ini. Zinedine Zidane menjadi salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa. Bersama Platini, ia juga disebut sebagai pemain terbaik Prancis sepanjang sejarah. Zidane menjadi pemain kunci yang memimpin Prancis meraih juara dunia 1998, juara Eropa 2000 dan finalis Piala Dunia 2006.

Cadangan : David Ginola, Franck Ribery, Florent Malouda


Gelandang serang  - Michel Platini

Saat ini menjabat sebagai presiden UEFA, Michel Platini lebih dulu dikenal sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik yang pernah ada. Meraih hampir semua gelar di level klub bersama Juventus serta 3 kali meraih trofi Ballon d'Or berturut-turut, Platini juga membawa tim Prancis meraih trofi bergengsi pertama, Euro 1984. Menjadi pemain Prancis terbaik, bersama dengan Zidane, membuat nama Platini menjadi jaminan dalam skuad Prancis terbaik sepanjang masa ini.

Cadangan : Jean-Pierre Papin, Youri Djorkaeff, Alain Giresse


PenyerangThierry Henry

Fakta bahwa Henry belum pernah meraih trofi Ballon d'Or (2 kali runner up tahun 2003 dan 2004) menjadi salah satu hal paling aneh dalam dunia sepakbola. Henry dikenal sebagai penyerang komplit dengan semua kemampuan menyerang yang sama baiknya, mulai dari finishing, positioning, pace, dribble atau header. Menjadi legenda di klub Arsenal, Henry juga dikenal di level internasional, termasuk menjadi bagian kesuksesan Prancis di tahun 1998, 2000 dan 2006.

Cadangan : David Trezeguet, Juste Fontaine, Eric Cantona, Karim Benzema


Formasi The Dream Team Prancis:


Barthez

Thuram - Desailly - Blanc - Evra

Vieira - Deschamps

Kopa - Platini - Zidane

Henry


Itulah info mengenai 11 pemain terbaik Prancis sepanjang sejarah, yang menampilkan sejumlah pemain terbaik dari berbagai generasi seperti generasi 50-an (Kopa, Fontaine), 80-an (Platini, Tigana, Fernandez), 90-an (Barthez, Blanc, Desailly), 2000-an (Henry, Zidane, Pires) atau 2010-an (Lloris, Ribery). Saat ini, skuad Prancis juga cukup komplit dan menjadi penantang serius peraih gelar Piala Eropa tahun 2016. Sekian info bola kali ini.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon