Kaleidoskop dan Catatan Penting Sepakbola di Tahun 2012 (Part 2)

Memasuki awal tahun baru 2013, ada baiknya kembali mengenang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tahun 2012 lalu. Di tahun 2012, banyak kejadian-kejadian penting, menarik dan memorable yang patut untuk dikenang, termasuk di bidang sepakbola dimana banyak pertandingan, gol-gol, pemain hingga kompetisi yang menarik perhatian para penggemar sepakbola di seluruh dunia sepanjang tahun 2012.

Sebelumnya sudah disampaikan catatan sepakbola Tahun 2012 antara bulan Januari hingga Juni. Dan tentu masih banyak momen-momen penting dalam dunia sepakbola antara bulan Juli hingga Desember. Mulai dari momen-momen penting di Piala Eropa 2012, pergerakan tim-tim di bursa transfer Agustus, hingga bergulirnya musim baru liga-liga di Eropa selengkapnya.

Kaleidoskop dan Catatan Penting Sepakbola di Tahun 2012 (Part 2)

Catatan Sepakbola di Tahun 2012 antara bulan Juli hingga Desember selengkapnya :


- JULI - 

Spanyol Juara Piala Eropa 2012

Timnas Spanyol akhirnya berhasil mempertahankan gelar di Piala Eropa 2012 ini. Spanyol berhasil mengalahkan Italia 4-0 di final yang digelar di Donestk, Ukraina. Sepanjang turnamen, Spanyol tampil cemerlang dengan meraih 5 kemenangan dan 1 hasil imbang serta hanya kebobolan 1 gol saja. Playmaker Spanyol, Andres Iniesta berhasil meraih gelar Pemain Terbaik Piala Eropa 2012 menyisihkan Andrea Pirlo. Sedangkan Fernando Torres juga berhasil meraih top skorer Golden Boot dengan 3 gol.

Pesepakbola Dunia Berkunjung ke Indonesia

Setelah kedatangan tim Inter Milan pada akhir bulan Mei lalu, Indonesia kembali kedatangan bintang-bintang sepakbola dunia. Dimulai dari gelandang Barcelona, Francesc Fabregas. Lalu ada gelandang Real Madrid, Xabi Alonso yang turut berpartisipasi dalam acara Indonesia Menggiring Bola. Lalu ada dua pemain Madrid lain, Pepe dan Alvaro Arbeloa yang melakukan laga eksebisi di Jakarta. Kemudian ada klub Inggris, Queens Park Rangers (QPR) yang menjalani pertandingan persahabatan melawan Persebaya di Surabaya. Terakhir ada kedatangan tim Valencia pada awal Agustus.


- AGUSTUS - 

Mexico Raih Medali Emas Olimpiade London

Kejutan terjadi dalam cabang sepakbola Olimpiade London 2012. Tim Brazil yang menjadi favorit dengan bintang-bintangnya seperti Neymar, Alexandre Pato, Oscar atau Hulk gagal menjadi juara setelah dikalahkan oleh Mexico 1-2 di final di Stadion Wembley. Hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi Mexico. Selain itu juga ada kejutan lain di mana dua tim Asia, Jepang dan Korea Selatan berhasil melaju hingga babak semifinal  Di kategori sepakbola wanita, Amerika meraih medali emas setelah menang melawan Jepang di final.

Drama Transfer Window Agustus

Banyak transfer besar dan penting di tahun 2012 ini. Kepindahan Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva dari AC Milan ke PSG menjadi sorotan di bulan Agustus. Selain itu juga ada kepindahan Robin Van Persie dari Arsenal ke Manchester United. MU juga berhasil merekrut bintang Dortmund asal Jepang, Shinji Kagawa. Chelsea juga aktif di bursa transfer dengan merekrut Eden Hazard dan Oscar. Kepindahan Luka Modric ke Real Madrid dan Alex Song ke Barcelona juga menjadi transfer penting lainnya. Arsenal memperbarui skuadnya dengan merekrut Santi Cazorla, Lukas Podolski dan Olivier Giroud. Sementara di Italia, pertukaran Antonio Cassano dan Giampaolo Pazzini antara Inter dan AC Milan menjadi transfer besar lainnya. Selain itu, juga ada kepindahan Alessandro Del Piero dari Juventus ke Sidney FC.

Piala Super dan Awal Musim Liga di Eropa

Bulan Agustus menandai awal musim liga-liga di Eropa. Sebelum memulai musim baru, diadakan pertandingan Piala Super yang mempertemukan juara liga sebelumnya melawan juara kompetisi kedua atau coppa. Di Inggris, lebih disebut dengan Community Shield mempertemukan Man City melawan Chelsea. The Citizen menjadi juara dengan kemenangan 3-2. Sementara Juventus meraih Piala Super Italia dengan menaklukkan Napoli 4-2. Sedangkan Piala Super Spanyol dikuasai Real Madrid dengan mengalahkan rivalnya, Barcelona dalam duel El Clasico. Di tingkat Eropa, Atletico Madrid meraih Piala Super Eropa setelah membantai juara Liga Champions, Chelsea 4-1 berkat hatrick Radamel Falcao.


- SEPTEMBER -

Liga Champions 2012-2013 Dimulai

Liga Champions musim baru 2012-2013 akhirnya dimulai. Tim-tim unggulan seperti Barcelona, Real Madrid, Bayern Muenchen atau Manchester United masih menjadi favorit juara. Sedangkan tim yang berpotensi akan memberi kejutan antara lain Juventus, PSG, Borussia Dortmund atau FC Porto. Setelah pengundian grup, Grup D yang terdiri dari Real Madrid, Man City, Dortmund, dan Ajax diklaim sebagai grup terberat. Sementara juara bertahan Chelsea harus berjibaku melawan Juventus di babak grup.


- OKTOBER -

Update Liga-Liga di Eropa

Kompetisi di liga-liga Eropa mulai mengerucut. Di Italia, Juventus berlari sendirian di puncak klasemen. Tim-tim lain seperti Inter Milan atau Napoli hanya bisa menguntit di posisi dua dan tiga. Di Spanyol, keterpurukan Real Madrid menguntungkan Barcelona yang memimpin sendirian di posisi atas klasemen. Kompetisi Inggris sedikit lebih sengit. Man United masih mengungguli Man City dan Chelsea di bawahnya. Untuk tingkat individu, nama-nama seperti Radamel Falcao, Stephan El Shaarawy atau Michu menjadi nama-nama yang bersinar berkat penampilan apiknya.


- NOVEMBER - 

Rekor Tak Terkalahkan Juventus Terhenti

Setelah menjalani 49 pertandingan tak terkalahkan di liga, rekor Juventus akhirnya terhenti. Kekalahan Juventus atas Inter Milan di kandang sendiri menghentikan catatan gemilang itu. Meski begitu Juventus masuh buku sejarah dan masuk 10 besar sebagai tim dengan rekor tak terkalahkan terlama.

Roberto Di Matteo Dipecat

Setelah mempersembahkan trofi Liga Champions bulan Mei lalu, Roberto Di Matteo akhirnya dipecat oleh bos Chelsea, Roman Abramovich, pada bulan November ini. Penyebab utama adalah kekalahan telak Chelsea 0-3 atas Juventus yang membuat Chelsea gagal lolos penyisihan grup Liga Champions. Hal ini menuai banyak protes karena kinerja Di Matteo sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Abramovich akhirnya menunjuk Rafael Benitez sebagai pelatih baru Chelsea.


- DESEMBER - 

Singapura Juara Piala AFF 2012, Indonesia Terpuruk

Indonesia kembali gagal menjuarai Piala AFF. Setelah mencapai final pada 2010, kali ini prestasi Indonesia malah lebih buruk. Indonesia gagal lolos babak penyisihan grup setelah hanya meraih 4 poin dari 3 pertandingan. Hal ini tidak lepas dari minimnya pilihan pelatih dalam menyusun komposisi pemain setelah tidak maunya pemain di kompetisi ISL untuk memperkuat timnas. Singapura akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2 di final. Gelar ini menjadi gelar keempat Singapura di Piala AFF sekaligus menjadi tim tersukses di kompetisi ini.

Akhir Babak Penyisihan Grup Liga Champions

Babak penyisihan grup Liga Champions 2012-2013 akhirnya usai. Kejutan terbesar tentu kegagalan dua wakil Inggris, Chelsea dan Manchester City untuk lolos ke babak 16 besar. Kejutan lain adalah lolosnya tim-tim non-unggulan seperti Malaga, Glasgow Celtic, Galatasaray hingga Dortmund yang berhasil merajai grup neraka. Di babak 16 besar banyak laga-laga seru terjadi. Tiga di antaranya adalah Real Madrid vs Man United, Barcelona vs AC Milan, dan Arsenal vs Bayern.

Messi Pecahkan Rekor Gerd Mueller

Lionel Messi kembali menorehkan rekor di tahun 2012 ini. Yang paling banyak mendapat perhatian adalah Messi yang berhasil memecahkan rekor legenda Jerman, Gerd Mueller sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender. Messi total mencetak 91 gol selama 2012, sedangkan Gerd Mueller mencetak 85 gol. Hal ini membuat label pemain terbaik dunia semakin lekat pada Lionel Messi.

Corinthians Kalahkan Chelsea di Piala Dunia Klub

Chelsea kembali terpuruk. Setelah kalah di Community Shield dan Piala Super Eropa serta gagal lolos penyisihan grup Liga Champions, peluang juara Chelsea kembali berkurang. Chelsea dikalahkan Corinthians di final Piala Dunia Antar Klub yang digelar di Jepang. Gol tunggal Paolo Guerrero serta penampilan apik kiper Cassio membawa Corinthians menjuarai Club World Cup tahun 2012 ini.


Itulah info kaleidoskop dan catatan sepakbola tahun 2012 antara bulan Juli hingga bulan Desember. Memang tahun 2012 ini banyak kejadian-kejadian penting yang tidak akan bisa dilupakan. Yang jelas semuanya akan tetap dikenang meski tahun telah berganti.



(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan