7 Persamaan Antara Barack Obama dan Jokowi

Barack Obama dan Joko Widodo alias Jokowi adalah dua sosok yang sangat berbeda. Baru-baru ini Barack Obama kembali terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya secara berturut-turut setelah mengalahkan saingan utamanya, Mitt Romney (lihat Obama Menangi Pemilu AS Lagi). Sedangkan Jokowi adalah Gubernur DKI Jakarta yang baru. Ia bersama pasangannya, Ahok, berhasil mengalahkan calon gubernur DKI yang lama, Fauzi Bowo.

Kedua sosok tersebut memang jelas-jelas berbeda. Namun baik Obama maupun Jokowi mempunyai beberapa kesamaan dan kemiripan. Kesamaan dan kemiripan ini bisa berupa penampilan fisik maupun sifat-sifat yang mereka miliki. Berikut beberapa persamaan dan kemiripan antara Jokowi dan juga Barack Obama.

7 Persamaan Antara Barack Obama dan Jokowi


1. Berjiwa Pemimpin

Sudah tentu, baik Obama maupun Jokowi memiliki jiwa pemimpin yang sangat besar. Obama telah dipercaya untuk memimpin negara adikuasa, Amerika Serikat dalam dua kali periode. Hal ini membuktikan bahwa Obama memiliki jiwa pemimpin yang sangat besar. Sedangkan Jokowi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang besar. Ia terbukti sukses sebagai walikota Solo dan kini hasil kinerjanya dinanti oleh masyarakat Jakarta.

2. Berpostur Tinggi, Tapi Kurus

Obama dan Jokowi memiliki kesamaan dalam penampilan fisik. Keduanya memiliki postur yang tinggi. Baik Obama maupun Jokowi memang memiliki tinggi badan di atas rata-rata. Namun mereka berdua juga memiliki tubuh yang kurus, dalam artian tidak terlalu gemuk untuk ukuran seorang pemimpin suatu wilayah.

3. Berkulit Hitam

Ya, Obama dan Jokowi memang berkulit hitam. Barack Obama sendiri sudah dinobatkan sebagai Presiden Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam. Sebelumnya, Amerika selalu dipimpin oleh presiden dari kalangan kulit putih. Hal ini tentu menjadi hal yang positif untuk memerangi rasisme perbedaan kulit yang kerap melanda kawasan Amerika dan Eropa. Jokowi juga memiliki kulit yang gelap. Hal ini dikarenakan Jokowi yang asli kelahiran Jawa yang rata-rata memiliki kulit sawo matang dan cenderung gelap.

4. Memiliki Wibawa dan Kharisma

Tidak bisa disangkal jika Obama dan Jokowi memiliki wibawa dan kharisma tersendiri. Dimanapun mereka berada, mereka pasti selalu dihormati karena wibawa yang mereka miliki. Hal ini terwujud jelas dari tingkah laku mereka, seperti cara mereka berjalan atau berbicara. Mereka juga dicintai masyarakatnya karena kharismanya yang besar.

5. Murah Senyum

Saat ini, jarang sekali kita menemukan seorang pemimpin yang murah senyum. Lihat saja, Presiden Indonesia, SBY, yang kerap terlihat cemberut dan merengut di tiap kesempatan yang ada. Namun hal ini tidak berlaku bagi Obama dan Jokowi. Obama kerap terlihat menebar senyum di tiap kesempatan, baik saat kampanye maupun saat berpidato. Jokowi juga tidak mau kalah. Ia kerap terlihat tersenyum, tidak hanya saat masa kampanye, namun juga saat ia menjadi gubernur. Jokowi juga sering menebar senyum saat ia diwawancarai oleh wartawan.

6. Disukai Masyarakat

Gaya kepemimpinan Obama dan Jokowi yang serius tapi santai membuat mereka disukai oleh masyarakat. Hal ini sampai membuat Obama terpilih dua kali secara beruntun menjadi Presiden Amerika. Bukti bahwa Obama disukai masyarakat Amerika. Sedangkan Jokowi juga sangat disukai masyarakat. Ia memiliki banyak pendukung, baik di Jakarta, maupun di daerah asalnya, Solo.

7. Menghadapi Tantangan yang Besar

Baik Jokowi maupun Obama dihadapkan pada tantangan yang besar, yaitu menyelesaikan masalah-masalah yang ada di wilayah yang mereka pimpin. Obama misalnya, harus meyelesaikan masalah kesehatan yang minim di Amerika. Selain itu, Obama juga harus membenahi hubungan luar negeri dengan negara-negara Eropa maupun negara-negara Islam yang sempat merenggang. Sedangkan Jokowi juga dipusingkan oleh segudang masalah di Jakarta. Mulai dari banjir yang kerap melanda Jakarta, sistem transportasi yang tidak nyaman, kemacetan luar biasa yang melanda, tingkat kriminalitas yang tinggi, pelayanan daerah yang tidak memadai, dan lain-lain.


7 Persamaan Antara Barack Obama dan Jokowi

Itulah info tentang persamaan dan kemiripan antara Barack Obama dan Jokowi. Keduanya memang memiliki beberapa kemiripan dan kesamaan, baik secara fisik maupun kebiasaan mereka berdua. Dan semoga saja, baik Barack Obama maupun Jokowi dapat memimpin wilayah yang mereka pimpin tersebut dengan baik. Sekian info unik terbaru.


(zakipedia)

1 komentar:

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan