Daftar Juara Piala Dunia Antar Klub dari Tahun ke Tahun

Piala Dunia Antar Klub merupakan sebuah kompetisi internasional antar klub klub juara di tiap tiap federasi di dunia. Ajang ini memiliki nama resmi FIFA Club World Cup dan digelar oleh FIFA tiap tahunnya selaku badan sepakbola tertinggi di dunia. Pertama digelar di tahun 2000, kompetisi ini kemudian baru digelar kembali di tahun 2005 dan sejak itu terus bergulir tiap tahun. Kompetisi ini diselenggarakan meneruskan turnamen sebelumnya yaitu Intercontinental Cup (disebut juga sebagai Toyota Cup) yang mempertemukan juara Eropa dan Amerika Selatan untuk memperebutkan gelar juara.

Club World Cup diikuti oleh tujuh tim tiap tahunnya, yaitu perwakilan dari Eropa (juara UEFA Champions League), Amerika Selatan (juara Copa Libertadores), Asia (juara AFC Champions League), Amerika Utara dan Tengah (juara CONCACAF Champions League), Afrika (juara CAF Champions League), Oceania (juara OFC Champions League) dan perwakilan dari tuan rumah. Sejauh ini negara yang paling sering menjadi tuan rumah adalah Jepang, sedangkan Brasil, Maroko dan UAE juga pernah menjadi host. Dengan sistem format kompetisi, dua tim juara dari Eropa dan Amerika Selatan akan langsung lolos ke babak semi final.


Meski namanya Piala Dunia Antar Klub, namun gengsi dari kompetisi ini tidak terlalu besar bagi tim tim Eropa. Faktanya tim tim asal benua biru memang mendominasi turnamen dengan 9 kali menjadi juara, sedangkan sisanya dimenangkan oleh perwakilan CONMEBOL. Selain dua federasi tersebut, belum pernah ada yang pernah juara dari benua lain. Berikut daftar juara Piala Dunia Antarklub lengkap dari tahun ke tahun.

Daftar Juara Piala Dunia Antar Klub dari Tahun ke Tahun

Daftar Juara Piala Dunia Antar Klub


Tahun - Juara

2000 Corinthians (Brasil/Amerika Selatan)
2005 Sao Paulo (Brasil/Amerika Selatan)
2006 Internacional (Brasil/Amerika Selatan)
2007 AC Milan (Italia/Eropa)
2008 Man United (Inggris/Eropa)
2009 Barcelona (Spanyol/Eropa)
2010 Inter Milan (Italia/Eropa)
2011 Barcelona (Spanyol/Eropa)
2012 Corinthians (Brasil/Amerika Selatan)
2013 Bayern Munchen (Jerman/Eropa)
2014 Real Madrid (Spanyol/Eropa)
2015 Barcelona (Spanyol/Eropa)
2016 Real Madrid (Spanyol/Eropa)
2017 


Itulah informasi daftar juara Piala Dunia Antar Klub lengkap terbaru dari tahun ke tahun. Barcelona menjadi kolektor trofi terbanyak dengan total tiga gelar juara, diikuti oleh Corinthians dan Real Madrid dengan dua gelar. Selain tim-tim dari Eropa dan Amerika Selatan, hanya ada tiga tim saja yang pernah masuk final, dua dari Afrika (TP Mazembe dan Raja Casablanca) dan satu dari Asia (Kashima Antlers).


(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan