11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Sejak 2008, dunia sepakbola dikuasai dan didominasi oleh Spanyol. Generasi emas Spanyol berhasil meraih tiga turnamen besar sekaligus, yaitu Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan yang terbaru Piala Eropa 2012. Banyak yang berpendapat bahwa generasi Spanyol saat ini adalah salah satu tim terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Namun jika diruntut ke belakang, ada beberapa pemain Spanyol yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan pemain-pemain Spanyol saat ini. 

Lalu siapa sajakah 11 pemain Spanyol yang pantas masuk dalam 11 pemain terbaik Spanyol sepanjang masa? Berikut akan kami tampilkan list 11 pemain terbaik yang pernah membela timnas Spanyol sepanjang sejarah. Daftar 11 pemain ini akan diambil dari tiap-tiap posisi dengan menggunakan formasi 3-4-3. Berikut list selengkapnya.


11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

1. Iker Casillas

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Massa

Tak salah jika Iker Casillas sebagai kiper terbaik Spanyol sepanjang masa. Saat ini Casillas masih tercatat sebagai pemegang caps terbanyak timnas Spanyol. Iker Casillas juga berperan sebagai kapten dalam kesuksesan Spanyol periode 2008-2012. Kiper andalan Real Madrid ini juga tercatat sebagai pemain paling banyak meraih kemenangan dalam pertandingan internasional bersama Spanyol. Dengan segala rekor dan prestasi itu, posisi Iker Casillas di bawah mistar tim ini tidak terbantahkan lagi.

(baca juga profil Iker Casillas)

Cadangan :
  • Andoni Zubizarreta
  • Santiago Canizares
  • Ricardo Zamora

Defender

2. Carles Puyol

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Bergabung di timnas Spanyol sejak sebelum tahun 2000-an, posisi Carles Puyol di lini pertahanan Spanyol seolah tak tergantikan selama bertahun-tahun. Puyol yang menghabiskan karirnya di Barcelona, menjadi sosok penting dalam transisi era kesuksesan tim Matador menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia sepakbola. Puyol juga menjabat sebagai wakil kapten dalam keberhasilan Spanyol memenangkan trofi Piala Eropa dan Piala Dunia. Golnya ke gawang Jerman di babak semifinal Piala Dunia 2010 menjadi gol vital yang membawa Spanyol juara Piala Dunia untuk pertama kali pada 2010 di Afrika Selatan lalu.

3. Fernando Hierro

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Massa

Legenda Real Madrid sempat menjabat kapten tim Matador dalam waktu yang cukup lama. Sebagai pemain belakang, Fernando Hierro terbilang komplit. Ia garang di lini pertahanan dalam membendung serangan lawan. Kelebihan lainnya adalah kemampuan Fernando Hierro dalam mencetak gol yang tinggi. Hierro sempat menjadi pencetak gol terbanyak Spanyol di Piala Dunia dengan 6 gol sebelum dipatahkan oleh David Villa. Ia juga kerap diberi kepercayaan sebagai algojo penalti dalam beberapa kesempatan.

4. Sergio Ramos

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Salah satu pemain yang turut andil  dalam kesuksesan Spanyol. Sergio Ramos bisa ditempatkan sebagai bek kanan ataupun bek tengah. Pada Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, Ramos ditempatkan sebagai wing back kanan. Ia bermain sangat brillian dan kerap membantu serangan Spanyol. Di Piala Eropa 2012, absennya Puyol membuat Sergio Ramos ditempatkan sebagai bek tengah. Tak menjadi masalah bagi Ramos karena ia bermain nyaris sempurna sebagai bek tengah. Ramos bahkan disebut-sebut sebagai bek terbaik dalam turnamen tersebut.

Cadangan :
  • Gerard Pique
  • Miguel Angel Nadal
  • Ivan Helguera
  • Michel Salgado
  • Joan Capdevilla
  • Jose Antonio Camacho
  • Jordi Alba

Midfielder

5. Josep Guardiola

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Saat ini sosoknya lebih dikenal sebagai pelatih berkharisma dengan kemampuan yang luar biasa berkat kesuksesannya bersama Barcelona. Namun sebelumnya, Josep Guardiola juga merupakan salah satu pemain yang menjadi andalan di timnas Spanyol. Guardiola memerankan tugas sebagai gelandang tengah dengan sangat baik. Pep Guardiola yang merupakan lulusan akademi La Masia milik Barcelona ini pantas disebut sebagai salah satu legenda timnas Spanyol.

6. Xabi Alonso

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Namanya memang tidak sepopuler Xavi Hernandez, David Villa atau Iker Casillas dalam keberhasilan Spanyol meraih Piala Eropa dan Piala Dunia. Namun peran Xabi Alonso sebagai penyeimbang tim tidak bisa dianggap remeh. Ia berjasa besar dalam meng-cover permainan tiki-taka Spanyol yang bergantung pada duet Xavi-Iniesta. Saat kehilangan bola, Xabi Alonso akan menjadi pemain pertama yang melakukan pressing sebelum masuk ke area pertahanan Spanyol

7. Xavi Hernandez

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Eropa 2008 merupakan salah satu kontribusi yang diberikan Xavi Hernandez bagi timnas Spanyol. Sosoknya nyaris tak tergantikan baik bagi timnas Spanyol maupun bagi klubnya, Barcelona. Duetnya bersama Andres Iniesta sangat ditakuti oleh lawan mana pun. Kemampuan passing yang akurat menjadi kelebihan utamanya, disamping skill-skill lain yang juga berada di atas rata-rata. Bisa dibilang, Xavi adalah gelandang terbaik Spanyol sepanjang masa.

8. Andres Iniesta

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Tanpa pemain yang satu ini, Spanyol mungkin tak akan bisa menjuarai Piala Dunia 2010. Gol penentu kemenangan di extra time dari Andres Iniesta di Final Piala Dunia 2010 saat menghadapi Belanda memastikan gelar Piala Dunia 2010 jatuh ke tangan Spanyol untuk pertama kalinya. Kontribusi yang tak kalah besar juga ia berikan saat Piala Eropa 2012, di mana Iniesta terpilih sebagai pemain terbaik turnamen. Overall, Iniesta bisa dibilang sebagai nyawa serangan Spanyol dalam periode 2005 hingga saat ini.

Cadangan :
  • Gaizka Mendieta
  • David Albelda
  • Jose Pirri
  • Manuel Sanchis
  • Fransisco Gento
  • Luis Enrique
  • David Silva
  • Cesc Fabregas

Forward

9. Raul Gonzalez

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Cemerlang bersama Real Madrid, karir Raul Gonzalez bersama timnas Spanyol justru tak terlalu gemilang. Hal ini terindikasi dari tidak adanya trofi yang bisa ia persembahkan untuk timnas Spanyol dalam periode 1997 hingga 2007. Namun salah jika tidak memasukkan nama Raul Gonzalez dalam daftar ini. Performanya sebagai penyerang La Furio Roja tidak perlu terbantahkan lagi. Legenda Real Madrid ini sempat menjadi top skorer Spanyol sepanjang masa sebelum dipecahkan oleh David Villa.

10. David Villa

11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Hingga kini, David Villa masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Spanyol. Dengan rekor tersebut, maka satu nama dalam list ini dipastikan menjadi miliknya. Ia juga menjadi top skorer dalam Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Kontribusi maksimal Villa membuat timnas Spanyol sangat bergantung pada ketajaman mantan pemain Valencia ini.

11. Alfredo Di Stefano


11 Pemain Terbaik Spanyol Sepanjang Masa

Tentu legenda Spanyol, Alfredo Di Stefano tidak bisa ditinggalkan dalam daftar ini meski ia pun juga pernah bermain bersama timnas Argentina. Meski banyak pemain-pemain hebat Spanyol di era modern, Di Stefano bisa dibilang tidak kalah hebat. Ia pernah meraih Ballon d'Or, sebuah pembuktian bahwa ia adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada. Meski tak mempersembahkan gelar bagi Spanyol, namun Di Stefano adalah salah satu yang terbaik di eranya.

Cadangan :
  • Emilio Butragueno
  • Fernando Morientes
  • Telmo Zarra
  • Luis Suarez Miramontes
  • Fernando Torres


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3, maka akan terlihat seperti ini :

Casillas

Ramos - Hierro - Puyol

Xavi - Guardiola - Xabi Alonso - Iniesta

Di Stefano - Raul - Villa


Itulah list 11 pemain terbaik Spanyol sepanjang masa versi Zakipedia Dengan semua kemampuan dan prestasi yang mereka miliki, mereka telah banyak berkontribusi terhadap kesuksesan dan kejayaan Spanyol. Dan nama mereka akan terus diingat sebagai legenda Spanyol. Sekian info bola kali ini.


(zakipedia)

2 komentar:

  1. Kok ad luiz suarez ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. luis suarez yang dimaksud di atas bukan luis suarez asal uruguay sekarang, tapi luis suarez miramontes, mantan pemain barcelona di era 1960-an, silahkan di checkn lagi :)

      Hapus

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan