10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Selama tahun 2013, ada banyak berita-berita yang menghiasi headline surat kabar dan media massa di Indonesia. Bahkan ada beberapa berita yang unik dan heboh yang kemudian terus bermunculan tiap waktu. Mulai dari kasus korupsi yang tidak kunjung usai permasalahannya, kasus perseteruan antar dua pihak, kasus kecelakaan yang hampir tiap hari terjadi, meninggalnya tokoh publik figure dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, berita-berita yang ada itu memunculkan tokoh-tokoh dan publik figure yang menjadi terkenal, baik karena prestasi maupun karena kontroversi. Mereka-mereka ini kemudian layak disebut sebagai newsmaker yang selalu menghiasi headline surat kabar dan media massa di Indonesia.

Sebelumnya, telah dibahas mengenai list 10 orang paling terkenal di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Lalu siapa sajakah tokoh-tokoh dan publik figure yang layak masuk dalam list tersebut di tahun 2013? Berikut akan kami tampilkan list 10 orang terpopuler yang paling terkenal dan sering masuk berita di media massa Indonesia, baik surat kabar maupun berita di TV dan internet sepanjang tahun 2013.

10 Orang Terpopuler di Indonesia Tahun 2013 versi Zakipedia :


1. Farhat Abbas 

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Siapa lagi orang yang selalu berada di setiap kasus dan masalah yang ada di Indonesia jika bukan Farhat Abbas? Pengacara konrtoversial ini selalu ditemui di nyaris semua kasus heboh yang ada di Indonesia. Farhat yang mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden ini pernah berkata rasis pada wakil gubernur DKI, Ahok dan kepada Anton Medan. Ia juga sempat mencela Rhoma Irama yang ingin maju sebagai capres. Farhat juga ambil bagian dalam kasus perseteruan Eyang Subur dan Adi bing Slamet, meski hanya sesaat. Yang terbaru, Farhat terlibat perseteruan dengan anak-anak Ahmad Dhani, Al dan El, setelah ia terang-terangan menghina Dhani. Jika sudah begini, rasanya tidak ada yang bisa menghetikan Farhat Abbas dari yang namanya kontroversi.


2. Eyang Subur & Arya Wiguna

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Perseteruan Eyang Subur dan Arya Wiguna menjadi perseteruan yang 'melegenda' di tahun 2013. Diawali oleh pernyataan Adi bing Slamet yang membuka kedok Eyang Subur yang dianggapnya sesat. Satu per satu mantan murid Subur pun mulai mendukung Adi, termasuk Arya Wiguna. Namun aksi marah-marah Arya justru menjadi fenomena tersendiri. Arya Wiguna pun menjadi populer berkat banyaknya video plesetan tentang dirinya yang sedang emosi. Arya pun sempat menjadi artis dadakan. Dan hingga kini, perseteruannya dengan Eyang Subur seakan hilang ditelan Bumi.


3. Vicky Prasetyo

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Beginilah jadinya jika seseorang menjadi sok kebarat-baratan. Vicky Prasetyo sempat menjadi bahan cercaan di media sosial setelah gaya bahasa sok intelek yang ia katakan saat wawancara mengundang perhatian masyarakat. Vicky Prasetyo yang merupakan tunangan penyanyi dangdut, Zaskia Gotik akhirnya didakwa atas kasus penipuan. Namun gaya bahasa sok intelek nya seperti 'statusisasi', 'kemakmuran hati', '29 my age', 'labil ekonomi' dan lain-lain menjadi makin populer, terutama di situs media sosial.


4. Susilo Bambang Yudhoyono

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Presiden Indonesia ada di peringkat berikutnya. Sebagai presiden, tentu tidak ada yang tidak mengenal SBY alias Susilo Bambang Yudhoyono. Ia selalu menjadi sorotan saat terjadi suatu permasalahan. Namun satu hal yang paling menyita perhatian masyarakat bukan mengenai masalah dan kebijakan yang dihadapi, tetapi mengenai eksistensi SBY di media sosial Twitter. SBY memutuskan untuk membuat akun twitter resmi nya. Hal ini disambut antusias oleh masyarakat. Akun twitter SBY mendapat followers lebih dari 1 juta hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu. Meski begitu banyak yang mengkritik tindakan SBY ini.


5. Ahmad Dhani + Al, El, Dul

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Sepanjang tahun 2013, Ahmad Dhani dan ketiga anaknya banyak menjadi headline media-media di Indonesia, bukan hanya karena prestasi namun juga karena kontroversi dan kasus yang melanda. Ahmad Dhani sempat melambung setelah menjadi juri di acara bakat X-Factor. Ia menjadi salah satu ikon dalam acara tersebut. Namun masalah menerpanya ketika anak sulungnya, Dul atau biasa disebut dengan inisial AQJ terlibat kecelakaan di jalan tol setelah mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Banyak yang mencela Dhani yang dinilai tidak becus mendidik anaknya yang dibiarkan menyetir mobil sendiri meskii masih berusia 13 tahun. Dua anak Dhani lain, Al dan El juga terlibat perseteruan dengan pengacara kontroversial, Farhat Abbas yang mengejek Dhani yang dinilai tidak becus sebagai Ayah. Bahkan Al dan El sempat mengajak Farhat untuk adu tinju.


6. Ustadz Jeffri (alm)

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Tahun 2013 diwarnai dengan berita duka setelah kematian Ustadz Jeffri Al-Bukhori. Ustadz gaul yang biasa disapa Uje ini meninggal di usia 40 tahun. Uje wafat setelah mengalami kecelakaan tunggal usai motor gede yang dikendarainya menabrak pohon di pinggir jalan. Kematian Uje menimbulkan pemberitaan yang besar. Makamnya pun banyak dikunjungi oleh warga dari seluruh penjuru Indonesia. Hal ini tentu menggambarkan kesedihan masyarakat atas meninggalnya Ustadz Jeffri.


7. Ahmad Fathonah

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Nama Ahmad Fathonah melambung ke permukaan setelah ia ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus korupsi daging sapi impor. Tidak hanya itu, Fathonah juga dikaitkan dengan wanita-wanita cantik, seperti Maharani, artis Ayu Azharai dan Vitalia Sesha. Nama Vitalia Sesha juga menjadi populer gara-gara kasus ini. Keduanya sempat menghiasi headline media-media di Indonesia selama beberapa bulan.


8. Jokowi

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Mungkin tidak sepopuler pada awal kepemimpinannya sebagai gubernur DKI Jakarta tahun 2012 lalu. Namun tentu nama Jokowi alias Joko Widodo tetap menjadi salah satu yang paling terkenal sepanjang tahun 2013. Beberapa berita yang terkait dengannya adalah rencana pembangunan proyek Deep Tunnel, rencana sistem penggunaan nomor plat ganjil-genap, masalah banjir yang melanda Jakarta, masalah pemukiman liar dan PKL yang ada di Jakarta, dan lain-lain.


9. Habib Rizieq

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

FPI alias Front Pembela Islam menjadi salah satu ormas Islam yang paling banyak disorot sepanjang tahun 2013. Banyak pihak yang menganggap FPI terlalu sering melakukan tindakan kekerasan. Habib Rizieq selaku ketua FPI tentu menjadi sorotan. Banyak kalangan yang menuntut dibubarkannya FPI. Meski begitu, hingga kini FPI di bawah pimpinan Habib Rizieq tetap berdiri sebagai salah organisasi massa Islam terbesar di Indonesia.


10. Fatin Shidqia Lubis

10 Orang Terpopuler dan Paling Terkenal di Indonesia 2013

Tak banyak yang menduga jika kini namanya menjadi terkenal. Fatin Shidqia Lubis sendiri merupakan juara kompetisi ajang menyanyi, X-Factor Indonesia generasi pertama. Ia berhasil mengalahkan saingannya, Novita Dewi dalam babak grand final. Fatin berhasil menjadi juara berkat karakter uniknya yang tidak dimiliki peserta lain. Ia pun siap untuk bersaing dalam industri dunia tarik suara di Indonesia.


Dan berikut nama-nama populer lainnya yang tidak masuk 10 besar :

Roy Suryo, diangkat sebagai menteri olahraga pada Januari 2013
Aburizal Bakrie, calon presiden RI dari partai Golkar
Raffi Ahmad, artis yang terlibat masalah narkoba dan sempat ditahan BNN
Evan Dimas, kapten timnas Indonesia yang sukses juara Piala AFF U-19
Luthfi Hasan, mantan ketua PKS dan tersangka kasus korupsi
Tasripin, bocah 12 tahun asal Banyumas yang menghidupi tiga adiknya
Rasyid Rajasa, anak dari Hatta Rajasa, terlibat kasus penabrakan
Taufik Kiemas (alm), politisi PDI yang meninggal dunia di tahun 2013
Karni Ilyas, host acara Indonesia Lawyers Club
Muhammad Nuh, menteri pendidikan yang disorot karena kekacauan pelaksanaan UN
Caesar, artis yang menjadi terkenal berkat goyangan Ceasar


Itu tadi informasi sekilas mengenai daftar orang Indonesia paling terkenal sepanjang tahun versi Zakipedia. Kesepuluh orang itu memang kerap menjadi headline berita-berita di Indonesia sepanjang tahun 2013. Namun tidak semua kepopulerannya karena hal yang positif, karena ada juga yang terkenal karena hal-hal negatif. Kita lihat saja sepak terjang para tokoh terkenal dan publik figure ini di tahun 2014.


(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan