15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Perkembangan musik di Indonesia kini semakin meluas. Banyak bermunculan penyanyi-penyanyi atau band-band pendatang baru yang makin meramaikan industri musik di Indonesia. Namun masih ada beberapa nama-nama lama yang masih tetap eksis dalam belantika musik di Indonesia. Mereka terus berkarya dalam proses pembuatan single atau pun album yang akan dipasarkan ke masyarakat. Dalam sejarah musik Indonesia, ada beberapa musisi yang mampu menggebrak musik Indonesia lewat penjualan album terbaik yang fenomenal dan luar biasa. 

Beberapa di antaranya bahkan mampu menjual album hingga mencapai jutaan dan masuk dalam kategori Album Terlaris dan Tersukses di Indonesia, sehingga album-album tersebut tidak hanya terjual di negara Indonesia saja, namun juga sampai ke luar negeri atau bisa dikatakan sukses Go Internasional.

15 Album Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa



1. Peterpan - Bintang Di Surga (2004) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Peterpan adalah salah satu band terbaik dan terbesar di Indonesia. Band yang kini berganti nama menjadi Noah ini pernah dan masih mencatat rekor penjualan album terlaris di Indonesia pada tahun 2004 lalu. Saat itu, album Peterpan berjudul Bintang Di Surga terjual lebih dari 3 juta copy, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Band yang beranggotakan Ariel, Uki, Reza, Lukman dan David ini berhasil menjual album sebanyak itu di tengah pembajakan lagu yang saat itu sangat marak. Album Bintang Di Surga sendiri berisi hits-hits andalan Peterpan seperti Ada Apa Denganmu, Mungkin Nanti, Kukatakan dengan Indah, Khayalan Tingkat Tinggi dan masih banyak lagi. 



2. Jamrud - Ningrat (2000) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Album Jamrud yang berjudul Ningrat yang dikeluarkan pada tahun 2000 lalu ini mencatat hasil penjualan yang besar, yaitu lebih dari 2 juta copy. Sebagai grup band yang beraliran rock, penjualan album Ningrat dari Jamrud ini bahkan melampaui band-band rock legendaris yang lebih dulu eksis di Indonesia seperti God Bless atau Rollies. Album Ningrat ini sendiri menjadi titik balik kepopuleran Jamrud dengan hits-hits andalan seperti Surti Tejo, Ningrat, Berakit-Rakit, dan lain-lain. 


3. Padi - Sesuatu yang Tertunda (2001) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Album kedua dari Padi ini menjadi salah satu album yang membesarkan nama Padi. Album Sesuatu yang Tertunda ini mampu terjual hingga di kisaran 2 juta keping. Band yang beranggotakan Fadli, Piyu dan Yoyo ini mengandalkan hits-hits seperti Kasih Tak Sampai atau Semua Tak Sama di album yang dirilis pada tahun 2001 ini. 


4. Dewa 19 - Bintang Lima (2000) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Album ini merupakan album pertama Dewa 19 dengan vokalis baru mereka, Once. Meski begitu, nyatanya album Bintang Lima menuai kesuksesan besar dan menjadi album tersukses dari band yang digawangi oleh Ahmad Dhani ini. Bintang Lima dari Dewa 19 terjual nyaris menembus 2 juta keping. Hits-hits andalan dari album ini antara lain seperti Roman Picisan, Separuh Nafas, Risalah Hati, Cemburu dan lain-lain. 


5. Sheila On 7 - Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000)

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Album kedua dari Sheila on 7 yang diberi judul Kisah Klasik untuk Masa Depan pada tahun 2000 ini akhirnya menuai kesuksesan aygn sangat besar. Album ini terjual hingga 1,8 juta copy dan meraih 11 kali penghargaan platinum. Kesuksesan album ini tersebar hingga ke Malaysia. Hits-hits andalan dari album ini antara lain seperti Sahabat Sejati, Bila Kau Tak di Sampingku dan tentu saja hits andalan Sephia. 


6. Radja - Langkah Baru (2005) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Tahun 2005 merupakan awal dan juga puncak kepopuleran dari band Radja. Band beranggotakan Moldy, Ian kasela, Seno dan Indra ini mampu menggebrak pasar musik Indonesia dengan album Langkah Baru yang langsung laris di pasaran. Album ini menjadi album terlaris dan tersukses di tahun itu. Lagu-lagu andalan dari album ini yaitu Manusia Biasa, Jujur, Tulus dan lain-lain.


7. Sheila On 7 - 07 Des (2002) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa


Setelah sukses menggebrak dengan album pertama dan lebih sukses lagi dengan album kedua, Sheila On 7 kembali lagi dengan album ketiga bertitel 07 Des pada tahun 2002. Meski kalah sukses dari album kedua, namun secara overall album ini juga sukses besar dan terjual 1,3 keping di seluruh Indonesia. Kesuksesan album ini cukup tak terduga, karena hanya satu hits saja yang menonjol dari album ini, yaitu Seberapa Pantas. 


8. Haddad Alwi - Cinta Rasul 1 (2000) 


15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Bisa dibilang menjadi album religi tersukses di Indonesia. Album Cintra Rasul 1 pada tahun 2000 mencapai kesuksesan luar biasa dan musiknya mudah diterima oleh masyarakat. Di album ini Haddad Alwi menyanyikan beberapa lagu religi ciptaannya dengan berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi lain, namun yang paling terkenal adalah duetnya dengan Sulis. Haddad Alwi selaku sang penyanyi mengaku tidak menduga atas pencapaian tersebut. Ia mengaku tidak pernah berpikir tentang kesuksesan album tersebut.


9. Dewa 19 - Cintailah Cinta (2002) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Pada tahun 2002, Dewa 19 merilis album bertitel Cintailah Cinta. Dengan hits-hits andalan seperti Pupus, Kosong, Arjuna, atau Mistikus Cinta, album ini kemudian menjadi sangat sukses dan terjual hingga lebih dari 1,2 juta copy. Album ini sendiri mengusung tema klasik dengan musik-musik khas zaman 60’an 


10. Peterpan - Alexandria (2005) 

15 Album Musik Indonesia Terlaris dan Tersukses Sepanjang Masa

Inilah album soundtrack tersukses di Indonesia. Dengan total penjualan mencapai 1 juta copy, album Alexandria ini mengalahkan album soundtrack lainnya. Album ini dijadikan sebagai soundtrack dari film dengan judul yang sama pada tahun 2005. Di album ini, Peterpan kembali memunculkan lagu-lagu dengan musik khas mereka yang sukses di pasar musik Indonesia, seperti Tak Bisakah, Jauh Mimpiku, langit Tak mendengar dan hits lainnya. 


11. Sheila On 7 - Sheila On 7 (1997) 

12. Jamrud - Sidney 090102 (2002) 

13. Samsons - Naluri Lelaki (2006) 

14. Ungu - Melayang (2005) 


15. Padi - Lain Dunia (1999)



Itulah info daftar 15 15 album terbaik Indonesia yang paling sukses dan laris sepanjang masa. Album-album musik tersebut memang bisa disebut sangat sukses karena mampu terjual hingga lebih dari jutaan copy. Album-album tersebut mampu terjual banyak tentunya karena memang kualitas musik yang bagus dari musisi serta musik yang dapat diterima dengan mudah di masyarakat Indonesia. Sekian info musik.


(zakipedia) 

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan