11 Pemain Terbaik Liga Eropa Musim 2012-2013

Liga-liga di Eropa musim 2012-2013 telah berakhir dan telah memunculkan para pemenangnya. Manchester United berhasil menjuarai Liga Inggris, Barcelona menjadi juara di Liga Spanyol. Juventus berhasil mempertahankan gelar juara Liga Italia yang diraih musim lalu. Sementara itu, Bayern Munich sukses menguasai klasemen Liga Jerman sedangkan klub kaya Paris, PSG sukses merebut tahta juara Liga Prancis.

Sementara untuk kompetisi Liga Champions musim 2012-2013 mampu dikuasai oleh duo Jerman, Bayern Munchen dan Dortmund yang saling bertemu di final dengan Bayern akhirnya keluar sebagai juara. Sebelumnya, Chelsea juga sukses menjuarai Europa League. Dari sekian banyak kompetisi di seluruh Eropa musim 2012-2013 ada banyak talenta hebat yang mencuri perhatian sepanjang musim.


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Selain nama-nama 'langganan' seperti Messi, Ronaldo, atau Iniesta juga ada beberapa nama baru yang menyita perhatian sepanjang musim 2012-2013. Dan jika dibuat sebuah susunan tim, maka akan terbentuk 11 pemain terbaik dari seluruh liga-liga Eropa beserta juga susunan pemain cadangannya. Dari daftar yang disusun di bawah ini, beberapa pemain terbaik di tahun lalu seperti Iker Casillas, Xavi Hernandez atau Andrea Pirlo tidak masuk, bahkan untuk cadangan sekalipun karena penampilannya yang agak menurun.

Berikut 11 pemain terbaik di seluruh kompetisi Eropa musim 2012-2013 dari tiap tiap posisinya  beserta pemain cadangannya yang disusun dengan formasi 3-4-3 versi versi Zakipedia :


Goalkeeper

1. Manuel Neuer (Bayern / Jerman)

11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Predikat kiper terbaik sepanjang musim 2012-2013 layak disematkan kepada Manuel Neuer. Kiper andalan Bayern Munchen menjadikannya timnya sebagai tim dengan kebobolan tersedikit di Eropa. Neuer juga berperan besar dalam kejayaan Bayern musim 2012-2013, dalam meraih treble winners. Neuer dinilai lebih baik dibanding kiper-kiper hebat lain yang juga tampil apik seperti Buffon, Weidenfeller atau Courtois.

Cadangan :
Roman Weidenfeller (Dortmund / Jerman)
Gianluigi Buffon (Juventus / Italia)
Thibaut Courtois (Atletico / Belgia)


Defender

2. Thiago Silva (PSG / Brazil)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Bek asal Brazil ini masih menunjukkan kualitas permainan yang tinggi meski sudah hijrah dari AC Milan pada 2012 lalu. Thiago Silva yang kini berseragam PSG masih layak dikategorikan salah satu bek terbaik di dunia. Ia mampu membawa Le Parisien menjuarai Ligue 1 Prancis setelah terakhir meraihnya pada 1995 lalu. Thiago Silva juga tampil apik di kompetisi Eropa, Liga Champions. Ia mencetak 3 gol dan membawa PSG melaju hingga babak perempat final sebelum dihentikan oleh Barcelona.

3. Giorgio Chiellini (Juventus / Italia)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Salah satu pemain bertahan paling konsisten. Giorgio Chiellini selalu menjadi andalan mengawal lini belakang Juventus. Meski memiliki kelemahan soal kecepatan, namun kemampuan marking-nya nyaris sempurna. Chiellini bersama Barzagli dan Bonucci membentuk trio pertahanan Juventus yang solid. Tak heran jika Juventus, yang meraih scudetto musim ini, menjadi tim paling sedikit kebobolan kedua di Eropa.

4. David Alaba (Bayern / Austria)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Masih 20 tahun, namun pemain asal Austria ini telah menunjukkan grafik peningkatan performa yang sangat pesat. David Alaba kini menjadi salah satu dari sekian bek kiri terbaik di dunia. Alaba selalu konsisten menunjukkan penampilan cemerlang sepanjang musim. Ia menjadi salah satu dari 10 bek tersubur di Eropa dan membantu Bayern Munchen meraih kesuksesan besar sepanjang musim 2012-2013.

Cadangan :
Mats Hummels (Dortmund / Jerman)
Dante (Bayern / Brazil)
Sergio Ramos (Real Madrid / Spanyol)
Leonardo Bonucci (Juventus / Italia)
Jan Vertonghen (Tottenham / Belgia)
David Luiz (Chelsea / Brazil)
Lukasz Piszscek (Dortmund / Polandia)
Philipp Lahm (Bayern / Jerman)
Leighton Baines (Everton / Inggris)


Midfielder

5. Bastian Schweinsteiger (Bayern / Jerman)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Sepanjang musim 2012-2013, peran Bastian Schweinsteiger di lini tengah Bayern sangat krusial dan penting. Ia menjadi pengatur tempo dan serangan dari Bayern Munchen. Schweinsteiger yang biasa diduetkan dengan Javi Martinez mampu tampil gemilang sepanjang musim, baik di Liga Jerman, DFB Pokal maupun di Liga Champions. Torehan 9 gol dan 10 assist hanya sedikit dari kontribusi yang ia berikan bagi FC Hollywood dalam meraih treble winners musim 2012-2013.

6. Gareth Bale (Tottenham / Wales)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Musim 2012-2013 menjadi transformasi sempurna bagi Gareth Bale. Ia mampu total mencetak 27 gol di semua ajang. 9 gol di antaranya dicetak dari luar kotak penalti, terbanyak dari seluruh pemain di Liga Inggris. Bale yang memulai karir sebagai bek kiri kini berubah menjadi winger yang mematikan. Dengan koleksi golnya yang kini menyentuh angka puluhan, tak salah jika Bale menjadi tumpuan utama Tottenham dalam meraih poin.

7. Franck Ribery (Bayern / Prancis)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Franck Ribery memang dikenal sebagai pemain dengan skill yang mumpuni. Namun baru di musim 2012-2013, ia menunjukkan penampilan memukau yang sangat konsisten sepanjang musim. Torehan 11 gol dan 20 assist menunjukkan perannya yang krusial bagi Bayern Munich dalam meraih treble winners. Ia menjadi andalan di sisi sayap Bayern dan siap untuk mengacak-acak pertahanan lawan.

8. Mario Gotze (Dortmund / Jerman)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Penampilan apik yang ditunjukkan Dortmund musim ini tak bisa lepas dari peran playmaker andalannya, Mario Gotze. Bersama Reus dan Blaszscykowski, trio attacking midfield Dortmund ini menjadi poros penyerangan Dortmund. Ia mampu mencetak 10 gol dan 22 assist sepanjang musim 2012-2013. Musim depan, Mario Gotze akhirnya resmi bergabung ke klub rival, Bayern Munchen dengan nilai transfer 38 juta euro dan memecahkan rekor transfer pemain termahal Jerman.


Cadangan :
Michael Carrick (Man United / Inggris)
Arturo Vidal (Juventus / Chile)
Toni Kroos (Bayern / Jerman)
Andres Iniesta (Barcelona / Spanyol)
Claudio Marchisio (Juventus / Italia)
Eden Hazard (Chelsea / Belgia)
David Silva (Man City / Spanyol)
Juan Mata (Chelsea / Spanyol)
Marek Hamsik (Napoli / Slovakia)
Marco Reus (Dortmund / Jerman)
Isco (Malaga / Spanyol)


Forward

9. Lionel Messi (Barcelona / Argentina)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Masih disebut yang terbaik di dunia. Meski Barcelona gagal di Liga Champions dan dipermalukan Bayern Munchen 0-7, namun megabintang Lionel Messi masih layak disebut sebagai yang terbaik di dunia. Torehan 46 gol di La Liga dan 60 gol di semua ajang menjadi bukti. Bahkan pengaruh Lionel Messi kepada Barcelona makin besar. Banyak pihak yang berpendapat jika Barcelona kini sangat bergantung pada Messi.

10. Cristiano Ronaldo (Real Madrid / Portugal)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Mencetak total 54 gol di semua ajang pada musim 2012-2013 tentu menjadi bukti jika Cristiano Ronaldo layak untuk masuk dalam daftar ini. Seperti biasanya, Ronaldo masih menjadi tumpuan utama Real Madrid dalam menjebol gawang lawan, baik lewat set pieces, heading, long shoot atau proses lainnya. Kemampuan dan skill komplet Ronaldo tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia pun mampu mematahkan dominasi Lionel Messi yang menjadi top skor Liga Champions empat musim berturut-turut dengan menjadi top skor musim ini dengan torehan 12 gol.

11. Robert Lewandowski (Dortmund / Polandia)


11 Pemain Terbaik di Seluruh Liga-Liga Eropa Musim 2012-2013

Salah satu mesin gol tersubur musim 2012-2013. Robert Lewandowski pun mampu meningkatkan performanya menjadi penyerang kelas dunia. Pemain asal Polandia mampu membawa Borussia Dortmund hingga babak final Liga Champions, selain juga finish runner up di Liga Jerman. Koleksi empat gol alias quatrick ke gawang Real Madrid di babak semi final menjadi puncak performanya. Secara statistik Lewandowski sebenarnya kurang beruntung. Ia berpeluang menjadi top skor di dua ajang, namun keduanya pupus. Lewandowski kalah satu gol dari Kiessling yang menjadi top skor Bundesliga dan juga hanya kalah satu gol dari Ronaldo yang menjadi top skor Liga Champions.

Cadangan :
Edinson Cavani (Napoli / Uruguay)
Radamel Falcao (Atletico / Kolombia)
Stefan Kiessling (Leverkusen / Jerman)
Luis Suarez (Liverpool / Uruguay)
Robin Van Persie (Man United / Belanda)
Antonio Di Natale (Udinese / Italia)
Zlatan Ibrahimovic (PSG / Swedia)
Thomas Mueller (Bayern / Jerman)
Mario Mandzukic (Bayern / Kroasia)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3, maka akan terlihat seperti ini :


Neuer

Thiago Silva - Chiellini - Alaba

Ribery - Schweinsteiger - Gotze - Bale

Messi - Lewandowski - Ronaldo


Itulah info 11 pemain terbaik Eropa di liga liga Eropa musim 2012-2013 yang tentunya dapat terpilih dalam daftar ini karena mampu untuk menampilkan permainan cemerlang sepanjang musim 2012-2013 dan mampu membantu performa tim berkat gol-gol dan assist atau lewat kontribusi lainnya. Sekian berita bola kali ini.

Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar ...



(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon