10 Bek/Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Tags

Dalam permainan sepakbola, tugas seorang bek atau defender adalah sebagai pemain bertahan. Namun dalam prakteknya, tak jarang ada bek juga yang mampu untuk mencetak gol, baik itu melalui proses set pieces, seperti tendangan pojok atau tendangan bebas, atau bisa juga melalui proses overlapping ke daerah pertahanan lawan.

Di liga-liga Eropa musim 2012-2013, ada beberapa defender yang cukup subur dan produktif. Klub Chelsea menjadi tim dengan bek tersubur, karena ada 4 bek Chelsea yang memiliki koleksi gol lebih dari 5 gol. Selain itu juga ada beberapa pemain bertahan lain yang juga mampu mencetak gol lebih dari 5 gol.




1. Branislav Ivanovic (Chelsea) 

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Pemain bertahan Chelsea ini memang dikenal cukup produktif menjebol gawang lawan. Branislav Ivanovic total telah mengoleksi 7 gol bagi Chelsea sepanjang musim 2012-2013. Gol-gol bek asal Serbia kerap lahir dari umpan situasi bola mati tidak langsung yang kemudian ia manfaatkan menjadi gol. Ivanovic juga mencetak gol penentu kemenangan dalam final Europa League melawan Benfica. 


2. Jan Vertonghen (Tottenham) 


10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Sebagai seorang defender, Jan Vertonghen termasuk cukup produktif dalam urusan mencetak gol. Selama musim 2012-2013, Vertonghen telah mencetak 7 gol bersama Tottenham Hotspur di mana 5 gol di antaranya ia cetak di Liga Inggris. Vertonghen memang dikenal ahli dalam bola-bola udara. Ia biasa memanfaatkan kemampuannya itu untuk mencetak gol dari situasi set pieces. 

3. Leighton Baines (Everton) 

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Bek kiri asal Everton, Leighton Baines juga telah mencetak 7 gol. Berbeda dengan Vertonghen, koleksi 7 gol Leighton Baines musim ini kebanyakan datang dari situasi bola mati langsung. Baines memang dipercaya Everton sebagai eksekutor tendangan penalti dan tendangan bebas karena kemampuan akurasi yang di atas rata-rata. 

4. David Luiz (Chelsea) 

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Defender Chelsea yang juga bisa dimainkan sebagai holding midfielder. David Luiz juga dikenal sebagai pemain yang cukup produktif. Ia juga telah mencetak 7 gol, di mana separuhnya ia cetak melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Produktifnya David Luiz tak lepas dari kebiasaannya melakukan overlapping ke pertahanan lawan. 

5. Gonzalo Rodriguez (Fiorentina) 

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Defender Fiorentina yang dibeli dari Villarreal di awal musim, Gonzalo Rodriguez menjadi andalan di lini belakang Fiorentina. Ia juga kerap mencetak gol-gol penting yang berujung kemenangan bagi La Viola. Gonzalo Rodriguez telah mencetak 6 gol di mana separuh dari koleksi golnya ia cetak melalui eksekusi tendangan penalti. 

6. Adriano Correira (Barcelona) 

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Adriano Correira merupakan pemain Barcelona yang serbabisa. Ia bisa ditempatkan sebagai winger kanan, winger kiri, sayap kanan, sayap kiri, bek kanan, bek kiri, serta bek tengah. Namun kebanyakan ia diposisikan sebagai bek kanan dan bek kiri. Meskipun berposisi sebagai bek, namun naluri menyerangnya sangat tinggi. Adriano mampu mencetak 6 gol di Liga Spanyol musim 2012-2013. Cukup banyak untuk ukuran pemain bertahan. 

7. John Terry (Chelsea)

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Kapten Chelsea yang satu ini memang terkenal sebagai defender yang produktif. John Terry dikenal berkat kemampuan heading yang sangat bagus. Hal ini ia gunakan sebagai senjata utama untuk mencetak gol dari situasi tendangan pojok atau tendangan bebas tidak langsung. Total Terry telah mencetak 6 gol bagi Chelsea. 

8. Gary Cahill (Chelsea) 

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Chelsea memang dikenal memiliki bek-bek yang produktif mencetak gol. Setelah David Luiz, Ivanovic, dan Terry, kini ada nama Gary Cahill. Cahill telah mencetak 6 gol pada musim 2012-2013 lalu. Hal ini semakin membuktikan jika ketajaman defender-defender Chelsea tidak kalah oleh para gelandang dan strikernya. 

9. Naldo (Wolfsburg)

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Mantan pemain Werder Bremen, Naldo termasuk dalam kategori bek yang sering mencetak gol musim 2012-2013 lalu. Bek yang kini membela Wolfsburg ini telah mengoleksi 6 gol bagi klubnya. Tak jarang Naldo mencetak gol-gol penentu kemenangan bagi Wolfsburg. Karena itulah, Naldo selalu menjadi andalan di tiap pertandingannya. 

10. David Alaba (Bayern)

10 Bek atau Defender dengan Koleksi Gol Terbanyak di Eropa

Salah satu talenta muda terbaik saat ini. David Alaba yang berposisi sebagai bek kiri selalu menunjukkan permainan yang apik di tiap laganya. Selain penampilannya yang konsisten, Alaba juga telah mencetak 6 gol sepanjang musim 2012-2013 lalu. Tak heran jika pemain asal Austria ini selalu menjadi starter bagi Bayern Munchen sepanjang musim.


Itulah daftar 10 bek tersubur dan terproduktif yang memiliki koleksi gol terbanyak di liga-liga di Eropa. Meskipun hanya berposisi sebagai pemain belakang, namun pemain-pemain tersebut memiliki insting mencetak gol yang tinggi dan tidak kalah oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang atau penyerang. Sekian berita bola terbaru kali ini.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon