11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Ditulis :
Barclays Premier League atau Liga Inggris musim 2012-2013 telah menetapkan tim Manchester United sebagai juara liga. Manchester United menjadi juara liga untuk yang ke-20 kalinya sekaligus mematahkan dominasi rival sekota, Manchester City yang harus puas berada di posisi kedua. Selama pergelaran musim ini, ada beberapa nama pemain yang menonjol berkat penampilan apik serta gelontora gol dan assist-nya.

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Nama yang paling menonjol mungkin winger Tottenham Hotspur, Gareth Bale yang berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, PFA Player of The Year dan PFA Young Player of The Year. Untuk kategori pemain terbaik tahun ini, Bale menyisihkan Luis Suarez dan Robin Van Persie. Sedangkan dalam kategori pemain muda terbaik tahun ini, Bale mengalahkan Christian Benteke serta Eden Hazard. Selain itu juga ada pemain-pemain lain yang pantas dilabeli yang terbaik di posisinya masing-masing di Liga Inggris musim ini.

Berikut 11 Pemain Terbaik Premier League Inggris Musim 2012-2013 dari setiap posisinya  beserta pemain cadangannya yang disusun dengan formasi 3-5-2 versi versi Zakipedia :


Goalkeeper

1. David De Gea (Manchester United)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Didatangkan sebagai suksesor Edwin Van Der Sar, awalnya banyak yang meragukan kapasitas David De Gea karena dinilai banyak melakukan blunder di awal kepindahannya dari Atletico Madrid ke Manchester United. Namun perlahan De Gea mampu membuktikan kemampuannya. Ia memiliki reflek yang cepat serta kemampuan dalam menghadang peluang one on one maupun tendangan-tendangan jarak jauh dari pemain lawan, meski De Gea dinilai memiliki kelemahan dalam menghadapi bola-bola crossing. PFA (Asosiasi Pemain Liga Inggris) menilai De Gea pantas menjadi Kiper Terbaik Liga Inggris musim ini dibanding dua kiper handal lainnya, Julio Cesar dan Asmir Begovic.

Cadangan :
Julio Cesar (QPR)
Asmir Begovic (Stoke City)


Defender

2. Pablo Zabaleta (Manchester City)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Pablo Zabaleta menjadi kapten Manchester City di saat kapten utama, Vincent Kompany absen. Kenyataanya, Zabaleta memang layak memegang jabatan itu. Bahkan banyak yang menilai jika Zabaleta adalah pemain terbaik Manchester City musim ini. Di saat bek kanan lain seperti Micah Richards atau Douglas Maicon sering dilanda cedera, Zabaleta justru makin menunjukkan penampilannya yang konsisten. Ia dinilai sebagai bek kanan terbaik Liga Inggris musim ini mengalahkan Rafael da Silva dari Manchester United.

3. Jan Vertonghen (Tottenham)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Pembelian efektif dan sukses dilakukan Tottenham Hotspur dengan merekrut talenta Belgia, Jan Vertonghen dari Ajax. Saat ini, Vertonghen pantas dilabeli sebagai bek tengah terbaik Liga Inggris musim 2012-2013.  Vertonghen juga sempat meraih penghargaan Player of The Month bulan Maret. Penampilannya konsisten, bisa ditempatkan di tengah dan kiri, ahli bola-bola udara serta termasuk bek yang subur. Ya, Vertonghen telah mencetak 7 gol dan 5 gol di antaranya dicetak di Liga Inggris dan termasuk dalam jajaran bek dengan koleksi gol terbanyak.

4. Leighton Baines (Everton)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Semakin meningkatnya performa Leighton Baines membuat pelatih timnas Inggris, Roy Hodgson harus berpikir ulang untuk memasang Baines 'hanya' sebagai pelapis Ashley Cole. Baines kini dinilai telah melampaui kemampuan Cole. Di Everton, Baines adalah pemain indispensiable alias tak tergantikan. Posisi bek kiri paten menjadi miliknya. Baines juga ditunjuk sebagai eksekutor dalam tendangan penalti dan tendangan bebas. Total Baines telah mengoleksi 7 gol musim ini.

Cadangan :
Rafael da Silva (Manchester United)
Phil Jagielka (Everton)
Ryan Shawcross (Stoke City)
David Luiz (Chelsea)
Patrice Evra (Manchester United)
Ben Davies (Swansea)


Midfielder

5. Michael Carrick (Manchester United)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

The Unsung Hero. Michael Carrick sering diberi julukan tersebut karena perannya yang sangat krusial di lini tengah Manchester United sering tidak terlihat karena tertutupi kehebatan barisan depan United yang diisi Van Persie, Rooney atau Chicharito. Carrick disebut sebagai pemain overrated terbaik alias pemain rata-rata terbaik. Kemampuannya dalam mengatur tempo, memberi umpan daerah serta melakukan deffend bisa dibilang yang terbaik di Liga Inggris musim ini. Jika yang dinilai adalah penampilan musim ini, maka Carrick bisa dibilang sudah melampaui dua pemain veteran, Gerrard dan Lampard. Carrick bersama Baines menjadi dua pemain asli Inggris yang masuk dalam daftar ini.

6. Marouane Fellaini (Everton)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Mencetak gol pembuka ke gawang Manchester United di pekan pertama, Marouane Fellaini terus mencuri perhatian publik Inggris. Mudah dikenali di lapangan berkat penampilan eksentriknya tak mempengaruhi penampilan Fellaini. Berbekal kemampuan heading dan jumping di atas rata-rata, Fellaini menjelma menjadi mesin gol Everton, meski hanya berposisi sebagai midfielder. Fellaini telah mencetak 12 gol, lebih banyak dari penyerang Everton semisal Anichebe (8) dan Jelavic (7). Ia juga sempat meraih penghargaan Player of The Month bulan November.

7. Juan Manuel Mata (Chelsea)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Sebagai playmaker, Juan Mata adalah ruh permainan Chelsea. Bahu membahu bersama Hazard dan Oscar, ia sangat lihai dan cermat dalam melihat celah sebelum mengirim umpan ke pemain lain yang akan mencetak gol. Tak heran jika Mata menjadi pemain dengan assist terbanyak di Liga Inggris dengan koleksi 20 assist musim ini plus torehan total 18 golnya di semua ajang. Mata yang sempat dilabeli Player of The Month bulan Oktober juga menjadi salah satu nominasi PFA Player of The Year meski akhirnya kalah oleh Gareth Bale.

8. Gareth Bale (Tottenham)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Musim yang sempurna bagi Gareth Bale saat ia menyapu bersih penghargaan PFA, yaitu PFA Player of The Year dan PFA Young Player of The Year. Bale pun bergabung dengan nama-nama seperti Thierry Henry, Cristiano Ronaldo atau Alan Shearer sebagai pemain yang pernah meraih penghargaan serupa dua kali atau lebih. Musim ini Bale memang fenomenal. Koleksi golnya bukan lagi belasan, namun puluhan. Ia mencetak total 27 gol dan 21 di antaranya dicetak di liga bersama Tottenham meski hanya berposisi sebagai pemain sayap kiri. Reformasi Bale yang awalnya hanya bek kiri menjadi salah seorang predator di depan gawang lawan memang sangat mencengangkan.



9. Michu (Swansea)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Didatangkan dari Rayo Vallecano dengan nilai transfer hanya 2 juta pounds namun berubah menjadi pemain tak tergantikan di klub. Swansea beruntung memiliki Miguel Perez alias Michu yang dinobatkan sebagai pembelian transfer terbaik musim ini. Ia sempat memimpin top skor di awal-awal liga meski akhirnya koleksi golnya sempat terhenti. Meski begitu, Michu mampu mengoleksi 19 gol di awal musimnya di Liga Inggris. Dan itu ia lakukan meski berposisi sebagai attacking midfielder. Michu juga mampu membawa Swansea meraih gelar Piala Liga Capital One, yang merupakan gelar juara yang pertama kalinya dalam sejarah klub Swansea City.

Cadangan :
Steven Gerrard (Liverpool)
Frank Lampard (Chelsea)
Yaya Toure (Manchester City)
Shaun Maloney (Wigan)
Jay Rodriguez (Southampton)
Santi Cazorla (Arsenal)
Eden Hazard (Chelsea)
David Silva (Manchester City)


Forward

10. Luis Suarez (Liverpool)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Menjadi runner up PFA Player of The Year meski banyak yang berpendapat Luis Suarez layak mendapat lebih. Musim 2012-2013 memang menjadi musim terbaik Luis Suarez di Liverpool. Ia menjadi pemain andalan di klub. Kemampuan dribble sempurna serta tusukan berbahaya ke pertahanan lawan menghasilkan 23 gol liga dari total 31 gol di semua ajang. Namun mimpinya untuk bisa menjadi top skor Liga Inggris harus kandas setelah Suarez harus menjalani masa hukuman 10 pertandingan di akhir-akhir kompetisi setelah terbukti melakukan aksi gigitan terhadap bek Chelsea, Branislav Ivanovic.

11. Robin Van Persie (Manchester United)

11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013

Delapan musim di Arsenal tanpa gelar juara liga berbalas delapan bulan di Manchester United dengan gelar juara Liga Inggris di tangan. Mimpi RVP untuk meraih gelar akhirnya terwujud di Old Trafford. Robin Van Persie juga sukses meraih gelar top skor Liga Inggris dua kali secara beruntun bersama dua klub berbeda. Kehadiran Van Persie di Theatre of Dream bahkan membuat nama Wayne Rooney perlahan tenggelam. Penampilan Van Persie musim ini memang sangat fenomenal. Van Persie yang menjadi Player of The Month bulan Desember memang sering mencetak gol-gol krusial dan penting bagi United.

Cadangan :
Christian Benteke (Aston Villa)
Romelu Lukaku (West Brom)
Ritchie Lambert (Southampton)
Demba Ba (Newcastle/Chelsea)
Theo Walcott (Arsenal)
Dimitar Berbatov (Fulham)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-5-2 atau 3-4-1-2, maka akan terlihat seperti ini :


De Gea

Zabaleta - Vertonghen - Baines

Mata - Carrick - Fellaini - Bale

Michu

Suarez - Van Persie


Itulah 11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013 yang terpilih dalam daftar ini karena mampu untuk menampilkan permainan cemerlang sepanjang musim dan mampu membantu performa tim berkat gol-gol dan assist atau lewat kontribusi lainnya.

Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar ...


(zakipedia)


Mokhammad ZakkyAbout Author : Mokhammad Zakky

Terima kasih Anda telah membaca : 11 Pemain Terbaik Liga Inggris Musim 2012-2013. Kami selaku admin memohon dengan kerendahan hati untuk menyertakan link sumber di bawah ini jika Anda berminat memposting ulang artikel ini di blog Anda. semoga info yang Anda dapatkan bermanfaat.

DMCA.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar