Profil Lengkap dan Biografi Gareth Bale Terbaru

Tags

Gareth Frank Bale atau biasa disebut Gareth Bale, merupakan pemain serbabisa asal Wales, yang bermain bersama klub Real Madrid. Sebelumnya ia bermain bersama dengan Tottenham Hotspur di Liga Inggris. Ia dilahirkan pada 16 Juli 1989 di Cariff, Wales. Bale menjadi andalan baik saat masih di Tottenham maupun di Real Madrid karena kemampuan dan kecepatannya yang di atas rata-rata. Ia pun sering mencetak gol-gol penting yang membawa kemenangan bagi timnya, baik tendangan jarak jauh maupun lewat gol sundulan kepala yang menjadi andalannya.

Profil Lengkap dan Biografi Gareth Bale Terbaru

Gareth Bale memulai karir sepakbolanya di klub Southampton. Ia berposisi sebagi bek kiri. Pada tahun 2006, ia memulai debut di Southampton di usia 16 tahun 275 hari di Divisi Championship Inggris. Bale menjadi pemain termuda kedua yang bermain bersama Southampton, setelah Theo Walcott. Ia bahkan terpilih sebagai pemain muda terbaik turnamen di akhir musim.

Pada tahun 2007, Bale direkrut ke klub Premier League, Tottenham Hotspur dan mengenakan kostum nomor 3. Ia dibeli dengan harga total 10 juta pounds, cukup mahal untuk ukuran pemain muda. Ia pun menjawab kepercayaan yang telah diberikan. Di musim-musim awal, penampilan Bale masih belum menonjol. Bahkan sempat beberapa kali posisinya sebagai bek kiri. digantikan oleh Benoit Assou-Ekotto.

Pada musim 2009-2010, penampilan Bale mulai mencuri perhatian dunia. Ia mencetak dua gol krusial penentu kemenangan Tottenham atas dua tim besar, Arsenal dan Chelsea. Di akhir musim, Bale mampu membawa Tottenham finish di posisi 3 dan meraih tiket Liga Champions pertama sejak format baru.

Musim berikutnya, performa Bale kian matang. Ia bahkan mampu mengantar Tottenham hingga masuk perempat final Liga Champions sebelum dikalahkan Real Madrid. Sebelumnya, Tottenham mampu mengalahkan dua klub Italia, Inter Milan dan AC Milan. Bale juga mampu mencetak hattrick pertamanya setelah mencetak 3 gol solo run berkelas saat dikalahkan Inter Milan 3-4 di penyisihan grup, meskipun ia hanya berposisi sebagai bek sayap. Ia bahkan dianugrahi penghargaan PFA Player of The Year, yaitu penghargaan bagi pemain terbaik di Liga Inggris pada musim 2010-2011.

Pada musim 2012-2013, Bale mendapat kostum baru bernomor 11 dan juga peran baru di tim. Ia diposisikan sebagai sayap kiri atau winger karena kemampuannya dalam melakukan penetrasi ke pertahanan lawan. Hal ini membuat keran gol Bale makin bertambah, apalagi ditambah dengan kemampuannya mencetak gol lewat tendangan bebas. Ia bahkan menjadi top skorer klub, dan menjadi salah satu pesaing top skorer di Liga Inggris.

Penampilan impresifnya membuat banyak klub besar ingin merekrutnya. Tercatat klub-klub seperti Barcelona, Chelsea, hingga Real Madrid berhasrat untuk mendatangkan Gareth Bale. Bale pun akhirnya pindah ke Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer dunia yang sebelumnya dipegang oleh winger asal Portugal, Cristiano Ronaldo yang akhirnya menjadi rekan setimnya.

Di Real Madrid, Bale sukses menjadi salah satu pemain terbaik dunia. Ia pun beberapa kali masuk dalam 10 besar nominasi Ballon d'Or atau Best Player in Europe. Bale juga sukses mempersembahkan dua gelar Liga Champions bagi Real Madrid, dan belum termasuk gelar juara lain seperti Piala Super Eropa atau Piala Dunia Antar Klub.

(baca juga daftar juara Piala Dunia Antar Klub)

Gaya Bermain Gareth Bale

Pada awal karirnya, Bale sering disamakan dengan legenda Manchester United, Ryan Giggs. Alasannya tentu karena keduanya sama-sama berasal dari negara Wales. Selain itu posisi mereka juga sama, yaitu berposisi di sektor sayap. Oleh karena itu, banyak media-media yang kerap membandingan Gareth Bale dan Ryan Giggs.

Namun pada 2013 ini, mulai banyak yang membandingkan Gareth Bale dengan Cristiano Ronaldo asal Real Madrid. Selain sama-sama berposisi sebagaii winger, keduanya sama-sama memiliki kecepatan dan tendangan akurat dari luar penalti. Keduanya juga sangat tajam dalam urusan mencetak gol. Selain itu, baik Ronaldo atau Bale juga menjadi andalan utama di timnya masing-masing dan menjadi top skorer klub.

Profil Lengkap dan Biografi Gareth Bale

Biodata Gareth Bale

Nama Lengkap : Gareth Frank Bale
Tempat Lahir : Cardiff, Wales
Tanggal Lahir : 16 Juli 1989
Tinggi Badan : 186 cm
Kebangsaan : Wales
Klub : Real Madrid
Nomor Punggung : 11
Posisi : Winger, Penyerang

Karir Klub Bale

2006-2007 - Southampton
2007-2013 - Tottenham Hotspur
2013-sekarang - Real Madrid

Penghargaan Bale

PFA Player of the Year (2011, 2013)
PFA Young Player of the Year (2011)
UEFA Team of the Year (2011, 2013)
Wales Player of the Year (2010, 2011, 2013, 2014, 2015, 2016)
Football League Young Player of the Year (2007)
Premier League PFA Team of the Year (2011, 2012, 2013)
Champions League Squad of the Season (2016)

Gareth Bale di Timnas Wales

Gareth Bale juga tampil impresif bersama timnas Wales. Ia telah mencetak lebih dari 25 gol dari caps lebih dari 65 caps. Bale pun menjadi salah satu pemain kunci dari Wales. Ia berperan penting membawa Wales lolos ke EURO 2016 di Prancis hingga sukses mencapai babak semifinal sebelum dikalahkan oleh Portugal dimana Gareth Bale berhasil mencetak total 3 gol sepanjang turnamen.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon