11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Ditulis :
Bundesliga atau Liga Jerman kini menjadi salah satu liga elit di Eropa. Keberhasilan menempatkan dua wakilnya, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di Final Liga Champions merupakan yang pertama bagi wakil Jerman. Hal ini membuat Bundesliga kembali diperhitungkan sebagai salah satu Liga Terbaik di Eropa.

Di kompetisi domestik sendiri, Bayern Muenchen berhasil keluar sebagai juara 6 pekan sebelum Bundesliga resmi berakhir. Bayern berhasil memutus rekor Dortmund yang juara dalam dua musim terakhir. Dortmund harus puas finish di posisi kedua, disusul oleh Bayer Leverkusen di posisi ketiga dan Schalke 04 di peringkat empat untuk melengkapi jatah Jerman ke Liga Champions musim depan.

Selama pergelaran Bundesliga musim 2012-2013, ada banyak pemain yang bersinar yang sebagian besar masih didominasi oleh pemain-pemain dari Bayern Muenchen ataupun Dortmund, meski ada beberapa pemain dari tim-tim lainnya.

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013


Berikut 11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013 dari setiap posisinya  beserta pemain cadangannya yang disusun dengan formasi 3-5-2 versi Zakipedia :

Goalkeeper

1. Manuel Neuer (Bayern)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Posisi Kiper Terbaik Bundesliga tak salah jika disematkan kepada Manuel Neuer. Kiper nomor satu Bayern Muenchen ini tampil apik sepanjang musim 2012-2013 dan mencatat rekor kebobolan tersedikit dalam satu musim Bundesliga. Meski begitu Neuer sempat mengaku bosan bermain karena hanya sedikit serangan dari tim lawan yang diterima. Solidnya pertahanan Bayern membuat jarang ada serangan ke gawang Neuer. Meski begitu, label kiper terbaik Bundesliga masih layak disematkan padanya.

Cadangan :
Rene Adler (Hamburg)
Marc Andre Ter-Stiegen (M'Gladbach)


Defender

2. Daniel Carvajal (Leverkusen)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Menjadi salah satu bek kanan terbaik di Bundesliga saat ini, bahkan menggungguli kapten Jerman, Philipp Lahm dalam daftar ini. Daniel Carvajal yang merupakan lulusan Castilla, akademi junior Real Madrid kini sukses menjadi andalan di Leverkusen. Carvajal menjadi kunci solidnya lini kanan pertahanan Leverkusen. Karena kepiawaiannya, Real Madrid sempat berpikir untuk menariknya kembali sebagai suksesor Alvaro Arbeloa yang penampilannya mulai menurun.

3. Dante (Bayern)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Bisa dibilang sebagai central defender terbaik Bundesliga musim 2012-2013. Penampilan konsisten eks pemain Moenchengladbach ini membuat ia mendapat satu tim utama di lini pertahanan Bayern. Di saat bek-bek tengah Bayern seperti Holger Badstuber, Jerome Boateng atau Daniel Van Buyten bergantian menderita cedera, Dante tetap konsisten dan tetap stabil sebagai starter di sepanjang musim. Ia menjadi bagian penting kesuksesan The Bavarians musim ini.

4. David Alaba (Bayern)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Usianya masih sangat muda, namun David Alaba kini masuk jajaran elit sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia. Bersama Bayern, Alaba nyaris meraih segalanya. Kemampuannya yang apik dalam bertahan dan terutama dalam menyerang membuat Alaba nyaris tak tergantikan di tim. Pemain asal Austria ini sendiri juga bisa difungsikan sebagai midfielder. Kemampuan crossing dan tusukannya dari sayap menjadi senjata andalannya. Tak heran jika Alaba banyak diincar klub besar lainnya.

Cadangan :
Philipp Lahm (Bayern)
Lukasz Piszscek (Dortmund)
Mats Hummels (Dortmund)
Benedikt Howedes (Schalke)
Timm Klose (Nuernberg)
Joel Matip (Schalke)


Midfielder

5. Bastian Schwensteiger (Bayern)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Posisinya tak tergantikan, baik di Bayern Muenchen maupun di timnas Jerman. Peran Bastian Schwensteiger memang sangat krusial. Ia bertugas sebagai penyeimbang tim, penyalur lini belakang dan lini serang, pembagi bola, perusak serangan lawan, penendang set pieces, pengatur tempo dan lain-lain. Bisa dibayangkan jika Schweni tak main, maka serasa ada yang kurang dalam permainan Bayern.

6. Julian Draxler (Schalke)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Salah satu wonderkid paling diincar di musim panas ini. Setelah kepergian Lewis Holtby ke Tottenham, praktis Julian Draxler menjadi andalan di lini tengah Schalke 04. Kemampuan dan kecepatan Draxler kerap menjadi kunci penyerangan Schalke. Penampilan apiknya di klub membuat pelatih Jerman, Joachim Low mulai meliriknya untuk mengisi satu tempat di lini tengah Jerman. Terbukti, Draxler menjadi pemain termuda Jerman yang ikut dalam skuad Piala Eropa 2012 lalu saat ia berusia 18 tahun.

7. Franck Ribery (Bayern)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Secara keseluruhan, Franck Ribery layak dilabeli Pemain Terbaik Bundesliga 2012-2013. Ia menjadi tumpuan di hampir setiap serangan yang dilakukan Bayern Muenchen. Koleksi 10 gol dan 14 assist juga sudah menjadi bukti kapasitasnya. Dribble cepat, tusukan dari sayap, umpan daerah berbahaya, atau shooting dari sudut sempit menjadi trade mark andalan pemain yang memiliki bekas luka di dahinya ini.

8. Thomas Mueller (Bayern)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Salah satu pemain paling konsisten di sepanjang musim, baik di Bundesliga maupun di Liga Champions. Thomas Mueller juga menjadi pencetak gol terbanyak bagi Bayern di semua ajang dengan total 22 gol, meskipun ia sering diposisikan sebagai winger. Mueller menunjukkan kebangkitan dengan performa yang stabil. Ia pun menjadi bagian penting Bayern di musim ini dalam ambisi meraih treble winners.

9. Mario Gotze (Dortmund)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Motor serangan Dortmund yang satu ini memang sangat fenomenal. Mario Gotze menjadi kunci dari tiap serangan Die Borussian. Kecepatan dan kelihaiannya dalam melakukan dribble ditambah visi bermain yang apik membuat peran Gotze sangat krusial. Mencetak 16 gol dan 19 assist membuat Mario Gotze menjadi salah satu komoditi panas dalam bursa transfer. Namun secara mengejutkan Gotze justru akan resmi berkostum Bayern Muenchen musim depan yang merupakan saingan utama Dortmund.

Cadangan :
Ilkay Gundogan (Dortmund)
Juan Arango (M'Gladbach)
Rafael Van Der Vaart (Hamburg)
Toni Kroos (Bayern)
Andrea Schurrle (Leverkusen)
Jakub Blaszscykowski (Dortmund)
Diego Ribas (Wolfsburg)
Aaron Hunt (Bremen)
Alexander Meier (Frankfurt)


Forward

10. Robert Lewandowski (Dortmund)

11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Pemain yang satu memiliki insting mencetak gol bak predator. Robert Lewandowski memang memiliki kemampuan bak predator jika sudah berada di kotak penalti lawan. Lewandowski yang meraih penghargaan Player of The Season musim lalu mencapai puncak performa tahun ini dengan membawa Dortmund melangkah jauh hingga ke final Liga Champions. Dan torehan quatrick alias 4 gol ke gawang Real Madrid di semifinal menjadi aksi terbaiknya musim ini.

11. Stefan Kiessling (Leverkusen)


11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013

Bomber andalan Bayer Leverkusen ini mampu menunjukkan penampilan apik di sepanjang musim 2012-2013 untuk membawa timnya berada di posisi ketiga. Stefan Kiessling menjadi tumpuan utama Leverkusen untuk menjebol gawang lawan. Ia telah mencetak 25 gol di Bundesliga 2012-2013. Hal itu cukup untuk membuatnya menjadi top skor Liga Jerman dan hanya unggul 1 gol dari pesaingnya, Robert Lewandowski.

Cadangan :
Mario Mandzukic (Bayern)
Marco Reus (Dortmund)
Heung Son-Min (Hamburg)
Adam Szalai (Mainz)
Vedad Ibisevic (Stuttgart)
Mame Biram Diouf (Hannover)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-5-2 atau 3-4-1-2, maka akan terlihat seperti ini :

Neuer

Carvajal - Dante - Alaba

Thoams Mueller - Draxler - Schwensteiger - Ribery

Gotze

Lewandowski - Kiessling


Itulah 11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013 yang mampu untuk menampilkan permainan cemerlang sepanjang musim dan mampu membantu performa tim berkat gol-gol dan assist atau lewat kontribusi lainnya.

Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar ...


(zakipedia)


Mokhammad ZakkyAbout Author : Mokhammad Zakky

Terima kasih Anda telah membaca : 11 Pemain Terbaik Bundesliga Jerman Musim 2012-2013. Kami selaku admin memohon dengan kerendahan hati untuk menyertakan link sumber di bawah ini jika Anda berminat memposting ulang artikel ini di blog Anda. semoga info yang Anda dapatkan bermanfaat.

DMCA.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar