Persaingan dan Perbandingan Liga Terbaik Eropa

Selama beberapa tahun terakhir, Liga Inggris memang sering disebut-sebut sebagai liga terbaik dunia. Namun perlahan tapi pasti Liga Spanyol mulai menggeser posisi tersebut setelah prestasi tim-tim asal Spanyol di kompetisi Eropa lebih baik dibandingkan tim-tim asal Inggris yang pada tahun 2013 ini tidak mengirimkan satu pun wakilnya di perempat final Liga Champions. Selain dua liga itu, juga ada Liga Italia dan Liga Jerman yang tentu tidak boleh dilupakan. Lalu manakan liga yang disebut sebagai Liga Terbaik Dunia di antara keempat liga top di Eropa itu? Berikut ulasan lengkapnya :


Persaingan dan Perbandingan Liga-Liga Top dan Terbaik di Eropa


Barclays Premier League (Liga Inggris)
Klub Favorit : Man United, Chelsea, Arsenal, Man City, Tottenham
Pemain Bintang : Van Persie, Aguero, Gareth Bale, Eden Hazard, Luis Suarez, Rooney

Liga Inggris atau Premier League mungkin masih layak disebut liga terbaik dunia. Liga ini dinilai memiliki nilai komersil dan tingkat kompetitif yang tinggi karena ada empat tim yang sering saling mengejar dalam perburuan titel juara yang disebut sebagai The Big Four, yaitu Manchester United, Chelsea, Arsenal dan Liverpool. Belakangan tim-tim seperti Manchester City, Tottenham atau Everton sudah mulai mengubah susunan tim-tim papan atas. Bahkan The Citizen berhasil meraih gelar juara tahun 2012 lalu. Namun banyaknya pemain asing di Liga Inggris menjadi suatu hal yang terkesan kontradiktif. Terkadang sebuah tim di Liga Inggris hanya memiliki sedikit pemain lokal. Bahkan pada dua tahun lalu, Arsenal pernah mencatat sejarah dengan memainkan 11 pemain starting eleven plus 3 pemain pengganti dengan 14 kewarganegaraan yang berbeda. Hal ini tentu menjadi sebuah ironi bagi Liga 'Inggris' yang tidak dipenuhi oleh pemain Inggris.


La Liga BBVA (Liga Spanyol)
Klub Favorit : Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Valencia, Malaga
Pemain Bintang : Messi, Cristiano Ronaldo, Iniesta, Xavi, Mesut Ozil, Radamel Falcao

Lain lagi dengan La Liga Spanyol yang dipenuhi pemain-pemain akademi lokal. Dua tim yang terkenal dengan pemain-pemain didikan akademinya adalah Barcelona dan Athletic Bilbao. Barcelona sudah mencuri perhatian dunia berkat akademi La Masia. Sementara Bilbao juga tidak kalah dengan memakai 100% pemain dari akademi klub. Selain itu Liga Spanyol juga dipenuhi pemain-pemain yang mengisi nominasi pemain terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir. Nama-nama seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Iker Casillas hingga Radamel Falcao semuanya merumput di sini. Namun Liga Spanyol memiliki tingkat kesenjangan prestasi yang sangat besar. Semua orang tahun jika perburuan gelar di Spanyol hanya melibatkan dua klub saja, yaitu Real Madrid dan Barcelona. Sementara tim-tim seperti Valencia, Atletico Madrid dan klub-klub lainnya hanya memperebutkan posisi tiga saja. Hal ini tentu tidak baik bagi sebuah kompetisi.


Serie A TIM (Liga Italia)
Klub Favorit :Juventus, AC Milan, Napoli, Inter Mian, Lazio
Pemain Bintang : Andrea Pirlo, Mario Balotelli, Cavani, Arturo Vidal, De Rossi, Jovetic

Bagaimana dengan Liga Italia? Sejak kasus Calciopoli pada 2006 melanda, prestasi klub-klub Liga Italia memang semakin menurun. Meski AC Milan (2007) dan Inter Milan (2010) masih bisa meraih trofi Liga Champions, namun tak dipungkiri jika Serie A mengalami penurunan. Imbasnya koefisien Eropa Serie A disalip oleh Bundesliga Jerman sehingga jatah tiket ke Liga Champions dari Liga Italia pun berkurang dari 4 menjadi hanya 3 saja. Faktor utama penurunan ini adalah masalah finansial yang melanda sebagian besar klub di Italia. Dalam 2 tahun terakhir, banyak bintang-bintang Serie A yang dijual dengan harga mahal untuk menutupi krisis keuangan klub di Italia. Beberapa contoh di antaranya adalah Alexis Sanchez (Udinese ke Barcelona), Samuel Eto'o (Inter Milan ke Anzhi), Javier Pastore (Palermo ke PSG), Fabio Borini (Roma ke Liverpool), Ezequiel Lavezzi (Napoli ke PSG) serta Zlatan Ibrahimovic & Thiago Silva (AC Milan ke PSG), Namun kebangkitan Juventus di kancah Eropa musim 2013 ini sempat menghidupkan kembali prestasi Serie A di kancah Eropa. Bukan tidak mungkin jika kebangkitan ini menular ke tim lain, liga Italia bisa kembali ke era kejayaan mereka di akhir 90-an.


Bundesliga 1 (Liga Jerman)
Klub Favorit : Bayern, Dortmund, Schalke, Leverkusen, Stuttgart
Pemain Bintang : Gotze, Schwensteiger, Ribery, Lewandowski, Marco Reus, Toni Kroos

Sementara grafik menaik justru ditunjukkan Liga Jerman atau biasa disebut Bundesliga seiring prestasi klub-klub mereka di kancah Eropa. Hal ini ditandai dengan keberhasilan Bayern mencapai dua final Liga Champions pada 2010 dan 2012 meski saat itu kalah dari Inter dan Chelsea. Selain itu juga ada kesuksesan Schalke hingga semifinal 2011. Yang terbaru, Jerman berhasil mengirimkan dua wakilnya di Semifinal 2013, yaitu Bayern dan Dortmund. Keuangan yang sehat klub-klub di Jerman menjadi faktor utama kebangkitan Bundesliga. Selain itu, animo penonton yang memadati stadion juga menjadi daya tarik lain. Bundesliga memang dinobatkan sebagai liga dengan jumlah penonton di stadion terbanyak di dunia. Di antara semua tim, Dortmund & Schalke menjadi tim dengan presentase terbanyak jumlah penonton yang datang ke stadion.


Liga-Liga Top Lainnya :

Ligue 1 Prancis
Klub Favorit : PSG, Lyon, Marseille, Bordeaux, Lille
Pemain Bintang : Ibrahimovic, Thiago Silva, Beckham, Lisandro Lopez, Valbuena, Lavezzi

Liga Sagres Portugal
Klub Favorit : FC Porto, Benfica, Sporting Lisbon, Braga
Pemain Bintang : James Rodriguez, Moutinho, Gaitan, Jackson Martinez, Oscar Cardozo

Eredivisie Belanda
Klub Favorit : Ajax, PSV, Feyenoord, Twente
Pemain Bintang : Christian Eriksen, Jeremain Lens, Siem De Jong, Strootman, Martins Indi

Premier League Rusia
Klub Favorit : CSKA Moskow, Rubin Kazan, Zenit, Anzhi
Pemain Bintang : Hulk, Samuel Eto'o, Alan Dzagoev, Honda, Willian, Lassana Diarra

Super League Turki
Klub Favorit : Galatasaray, Fenerbahce, Besiktas, Bursaspor
Pemain Bintang : Sneijder, Burak Yilmaz, Didier Drogba, Dirk Kuyt, Raul Meireles, Krasic



Dari empat liga top Eropa di atas memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Baik Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia maupun Liga Jerman memiliki daya tarik tersendiri. Dan tentunya penilaian tentang liga mana yang menjadi liga terbaik masih  patut untuk diperdebatkan dan akan lebih baik jika hal ini dikembalikan lagi  ke masing-masing penonton dengan sudut pandang yang lebih obyektif.





(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan