15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Free kick atau tendangan bebas adalah salah satu kesempatan untuk mencetak gol dalam sepakbola. Dari sebuah situasi bola mati free kick, kerap terjadi gol-gol indah yang spekakuler dan fenomenal. Beberapa tim memiliki pemain-pemain khusus yang disiapkan menjadi eksekutor tendangan bebas. Pemain-pemain spesialis tendangan bebas ini tentu kerap melakukan latihan untuk menyempurnakan teknik dalam mengambil tendangan dari luar kotak 12 meter ini.

Beberapa pemain terkenal seperti David Beckham telah dikenal berkat kemampuannya dalam mengambil tendangan bebas. Dari negeri Italia, Andrea Pirlo juga menjadikan free kick sebagai trademark utamanya dalam mencetak gol. Namun Beckham dan Pirlo tidak sendiri karena masih banyak pemain lain yang ahli dalam melakukan tendangan bebas. Lalu siapa saja mereka? Berikut 15 pemain spesialis tendangan bebas dalam kurun 20 tahun terakhir :

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas


1. Juninho Pernambucano (Brasil)


15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Juninho Pernambucano adalah salah satu pemain dengan kemampuan tendangan bebas terbaik yang pernah ada di dunia sepakbola. Mantan pemain timnas Brazil ini mencapai puncak karirnya di klub Prancis, Olympique Lyon di mana ia berhasil membawa Lyon menjuarai Liga Prancis selama 7 tahun berturut-turut. Juninho berperan besar dengan mencetak banyak gol lewat tendangan bebas. Kiper sekelas Iker Casillas dan Victor Valdez pernah dibuat tak berkutik lewat eksekusinya. Golnya ke gawang Barcelona di Liga Champions 2008 disebut-sebut sebagai eksekusi terbaiknya.

2. David Beckham (Inggris)


15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Pemain yang satu ini sudah mencapai tingkat kepopuleran yang luar biasa. David Beckham dikenal publik dunia sebagai selebriti lapangan hijau. Salah satu senjata terbesar Beckham adalah kemampuannya dalam melakukan tendangan bebas. Mulai dari Manchester United, Real Madrid, AC Milan, LA Galaxy hingga timnas Inggris telah merasakan servis free kicknya. Eksekusi tendangan bebasnya ke gawang Yunani di kualifikasi Piala Dunia 2002 sering disebut sebagai eksekusi terbaiknya dalam melakukan free kick.

3. Roberto Carlos (Brasil)

Pemain ini merupakan salah satu bek kiri terbaik yang pernah ada. Semasa aktif bermain, Roberto Carlos dikenal berkat tendangan gledeknya yang biasa ia peragakan saat mengambil eksekusi tendangan bebas. Ia juga kerap memeragakan banana shot dari situasi free kick di mana ia memelintir bola untuk mengubah arah bola yang kerap mengelabui kiper lawan. Eksekusi terbaiknya dan mungkin eksekusi tendangan bebas terbaik yang pernah ada adalah saat Roberto Carlos mencetak gol spektakuler ke gawang Prancis pada 1998. Saat itu bola yang tampaknya mengarah keluar lapangan tiba-tiba berbelok secara drastis dan masuk ke gawang Fabian Barthez yang hanya terpaku melihat gawangnya dijebol.


4. Alessandro Del Piero (Italia)

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Alessandro Del Piero sudah bisa disebut sebagai legenda Juventus dan Italia. Salah satu keahlian terbesarnya adalah saat melakukan tendangan bebas. Banyak gol yang ia cetak lewat situasi free kick. Tendangan bebas terbaik Del Piero mungkin saat ia menjebol gawang AS Roma beberapa tahun yang lalu di mana tendangan keras terarahnya mampu memukau penonton yang melihatnya.


5. Sinisa Mihajlovic (Serbia)

Legenda Serbia ini kini menjabat sebagai pelatih. Semasa masih aktif sebagai pemain, Sinisa Mihajlovic berposisi sebagai pemain belakang. Meski begitu ia sering mencetak gol. Hal ini tak lepas dari kemampuannya dalam melakukan tendangan bebas. Ia kerap mencetak gol-gol krusial dari situasi free kick. Bahkan dalam suatu pertandingan, Mihajlovic pernah mencetak hatrick alias tiga gol yang kesemuanya dicetak melalui free kick.

6. Andrea Pirlo (Italia)

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Salah satu playmaker terbaik yang ada dunia. Dikenal lewat kemampuannya membangun serangan sebagai playmaker. Kemampuan lain Andrea Pirlo adalah lewat situasi set piece terutama tendangan bebas. Sejak masih bermain bersama AC Milan hingga di Juventus dan timnas Italia, Pirlo selalu menjadi eksekutor tendangan bebas. Ia menjawabnya dengan gol-gol indah dari situasi free kick.


7. Cristiano Ronaldo (Portugal)

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Cristiano Ronaldo merupakan pemain yang komplit. Free kick merupakan salah satu keahliannya. Dalam melakukan tendangan bebas, Cristiano Ronaldo memilki trade mark tersendiri. Trade mark ini ia bangun di Manchester United dan makin berkembang di Real Madrid. Ia melakukan tendangan bebas yang khas yang membuat arah bola susah ditebak kiper lawan. Dan jika pada akhirnya kiper bisa menebak arah bola, tetap saja sulit untuk menghalau bola tendangan Ronaldo yang sangat kencang. Free kick Ronaldo ke gawang Portsmouth saat masih membela Manchester United bisa dibilang sebagai karya terbaiknya dalam urusan tendangan bebas.

8. Ronaldinho (Brasil)

Maestro dribble sepakbola yang juga sangat ahli dalam melakukan eksekusi bola mati. Ronaldinho yang mencapai puncak karir bersama Barcelona kerap mencetak gol fantastis dari situasi free kick. Meski begitu gol pertamanya yang mengguncang dunia terjadi di Piala Dunia 2002 setelah tendangan bebasnya dari sudut sempit dan jauh secara tidak sengaja menjebol gawang Inggris yang dijaga David Seaman.

9. Wesley Sneijder (Belanda)

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Bisa dibilang eksekutor tendangan bebas terbaik di Belanda. Wesley Sneijder sudah menunjukkan keahliannya melaukan free kick semasa masih bersama Ajax hingga saat berkostum Inter Milan di mana ia banyak meraih kesuksesan. Sneijder yang kini bermain di Galatasaray kerap mencetak gol-gol penting berkat keahliannya melakukan eksekusi tendangan bebas ini.

10. Shunsuke Nakamura (Jepang)

Pemain asal Jepang ini memang bisa dibilang sebagai maestro free kick dari Asia. Shunsuke Nakamura kerap meneror gawang lawang lewat eksekusi tendangan bebasnya yang mematikan. Eksekusi terbaiknya adalah saat ia membobol gawang klub sekelas Manchester United semasa Nakamura masih memperkuat Glasgow Celtic di Liga Champions.

11. Rogerio Ceni (Brasil)

Tidak salah jika seorang kiper masuk dalam daftar ini. Rogerio Ceni memang berposisi sebagai penjaga gawang, namun ia tetap konsisten mencetak gol tiap musimnya bersama klubnya, Sao Paolo melalui tendangan penalti dan tendangan bebas. Total ia telah mencetak lebih dari 70 gol. Kemampuannya dalam melakukan free kick memang spesial. Tak salah jika ia dinobatkan sebagai kiper tersubur di dunia mengalahkan Jose Chilavert dari Paraguay yang memiliki kemampuan yang sama dalam melakukan tendangan bebas.

12. Fransesco Totti (Italia)

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Fransesco Totti juga dikenal berkat kepiawaiannya dalam melakukan tendangan bebas. Ia selalu menjadi pilihan pertama di AS Roma dalam melakukan eksekusi bola mati. Totti membalas kepercayaan tersebut dengan mencetak gol-gol penting. Totti juga rutin mencetak minimal 10 gol tiap musimnya bagi AS Roma.

13. Darijo Srna (Kroasia)

Kapten timnas Kroasia, Darijo Srna juga ahli dalam urusan melakukan tendangan bebas. Menghabiskan sebagian besar karirnya di Shakhtar Donestk, Srna kerap mencetak gol indah lewat eksekusi tendangan bebasnya yang memang spesial. Ia juga kerap mempersembahkan gol bagi timnas Kroasia.

14. Christian Chivu (Rumania)

Bek yang pernah memperkuat Ajax, AS Roma dan Inter Milan ini memang sering menjadi eksekutor free kick di tiap tim yang dibelanya. Christian Chivu memang memiliki kemampuan tendangan bebas di atas rata-rata. Kemampuan kaki kirinya kerap menghasilkan gol-gol dari situasi bola mati.

15. Frank Lampard (Inggris)

15 Pemain Spesialis Tendangan Bebas Terbaik

Tendangan bebas merupakan salah satu keahlian Frank Lampard. Bersama Chelsea, Lampard telah mencetak banyak gol yang beberapa di antaranya ia cetak lewat tendangan bebas. Lampard terkenal lewat tendangan bebas kerasnya yang kerap menembus pagar betis yang dibangun lawan.


Itulah info bola terbaru mengenai 15 pemain spesialis tendangan bebas (free kick) terbaik. Pemain-pemain tersebut selalu menjadi eksekutor tendangan bebas di timnya berkat kemampuannya mencetak gol lewat situasi bola mati. Di era modern, nama nama seperti Hakan Calhanoglu (Turki), Miralem Pjanic (Bosnia-Herzegovina), Lionel Messi (Argentina), Sebastian Larsson (Swedia) atau Francesco Lodi (Italia) juga memiliki kemampuan serupa. Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar.


(zakipedia)

1 komentar:

  1. Lionel Messi(FCB), C. Erikssen(Spurs), Gignac(Marseille) ...?????

    BalasHapus

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan