5 Kelebihan Cristiano Ronaldo Dibandingkan Lionel Messi

Saat ini nama Lionel Messi memang sering disebut-sebut sebagai pemain sepakbola terbaik dunia. Bahkan oleh beberapa kalangan menyebutnya sebagai pemain sepakbola terbaik sepanjang massa. Messi dinilai lebih unggul dibandingkan rivalnya dari Portugal, Cristiano Ronaldo. Memang bukan hal yang baru lagi jika Messi dan Ronaldo kerap dibandingkan-bandingkan. Perseteruan keduanya makin memuncak setelah membela dua klub rival yang berseberangan, yaitu Real Madrid dan Barcelona yang sering bentrok dalam duel bertajuk duel El Clasico.

Messi memang lebih unggul dari Ronaldo jika melihat jumlah gelar dan penghargaan. Messi sudah berhasil meraih trofi Ballon d'Or sebanyak 5 kali, 4 di antaranya diraih secara berturut-turut yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011, dan 2012. Sementara Cristiano Ronaldo meraih empat trofi yaitu pada tahun 2008, 2013, 2014 dan 2016. Sementara untuk gelar klub, Lionel Messi dengan Barcelona lebih banyak meraih gelar dibandingkan Cristiano Ronaldo dengan Real Madrid.

(baca juga daftar pemenang Ballon d'Or)


5 Kelebihan Cristiano Ronaldo Dibandingkan Lionel Messi

Namun bukan berarti Cristiano Ronaldo tidak bisa lebih unggul dari Messi. Tentu tiap pemain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tidak dimiliki oleh pemain lain. Setidaknya ada beberapa aspek yang bisa menjadikan Ronaldo bisa menjadi lebih baik dan unggul jika dibandingkan dengan Messi. Berikut ini beberapa keunggulan Ronaldo dibandingkan dengan Messi.

5 Kelebihan Cristiano Ronaldo dari Lionel Messi


1. Bola-Bola Udara

Postur tubuh yang hanya 170 cm membuat Lionel Messi kerap kesulitan dalam bola-bola udara dan hal ini memang menjadi kelemahan terbesar Messi. Sementara Cristiano Ronaldo dengan postur tubuh tinggi menjulang membuatnya sangat piawai dalam duel bola-bola udara. Salah satu buktinya adalah gol sundulan fantastis ke gawang Manchester United di leg pertama Liga Champions 2012-2013 di mana ia melakukan lompatan tinggi spektakuler layaknya seorang pemain basket profesional di NBA.

2. Tendangan Bebas dan Tendangan Jarak Jauh

Salah satu senjata andalan Ronaldo adalah lewat tendangan bebas dan tendangan jarak jauh. Sejak di Manchester United, Ronaldo memang kerap mencetak gol lewat tendangan dari luar kotak penalti. Belakangan Messi memang juga sering mencetak gol lewat free kick dan tendangan luar kotak penalti. Namun untuk level intensitas dan keahlian, Ronaldo memang lebih unggul dari Messi dalam hal yang satu ini.

3. Body Balance

Kembali ke urusan postur tubuh, Lionel Messi yang memang bertubuh mungil membuatnya kalah dalam urusan body balance jika dibandingkan Cristiano Ronaldo. Dengan postur tubuh yang gagah, Ronaldo sering unggul dalam masalah body balance dengan pemain-pemain bertahan lawan.

4. Kekuatan Kedua Kaki

Cristiano Ronaldo memang merupakan pemain yang sangat komplit. Buktinya ia bisa mencetak gol lewat kedua kakinya yang sama kuatnya. Baik kaki kanan maupun kaki kiri Ronaldo sangat mematikan. Sementara Messi kerap hanya mengandalkan kaki terkuatnya, yaitu kaki kiri. Ia kerap kesulitan jika mengharuskan menendang dengan kaki kanan yang merupakan kaki lemahnya.

5. Sukses di Dua Liga

Ronaldo telah sukses dalam dua liga yaitu Liga Inggris bersama Manchester United dan Liga Spanyol bersama Real Madrid. Ronaldo juga berhasil meraih gelar top skorer dan Golden Boot Eropa di kedua liga tersebut. Itu berarti adaptasi Ronaldo sudah teruji di mana ia bisa menaklukan dua liga yang disebut sebagai liga terbaik di Eropa. Sementara Messi sejak junior hingga sekarang hanya bermain bersama Barcelona di Liga Spanyol. Itu berarti kemampuan Messi masih berlum teruji di liga lain seperti Liga Inggris.


Itulah info bola terbaru mengenai lima kelebihan Cristiano Ronaldo dibandingkan dengan Lionel Messi. Yang pasti baik Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Soal siapa yang terbaik di antara mereka berdua, tergantung sudut perspektif dari penilainya yang pasti berbeda-beda,


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon