Tips dan Trik Dalam Menghadapi UNAS

Bagi sebagian besar siswa, Ujian Nasional atau UNAS adalah suatu momok yang sangat menakutkan. Hasil UNAS sangat menentukan kelulusan siswa ke jenjang berikutnya. Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan memang telah menetapkan UNAS sebagai standar kelulusan siswa ke tahap yang lebih tinggi, baik bagi siswa di SD, SMP, atau SMA sederajat. Artinya, hasil belajar selama beberapa tahun hanya akan ditentukan dalam beberapa hari saja saat UNAS berlangsung. 

Hal ini tentu membuat cemas dan takut para siswa yang merasa tidak yakin bisa mengerjakan soal-soal UNAS. Namun tidak perlu terlalu cemas karena tentu ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan sebelum menghadapi soal-soal UNAS.


Tips dan Trik Dalam Menghadapi UNAS


Rajin Belajar

Tentu syarat utama untuk bisa lulus UNAS adalah belajar. Cobalah untuk belajar dari jauh-jauh hari, dan jangan terlalu memforsir dan memaksakan diri dengan belajar terlalu intensif beberapa hari sebelum UNAS. Pelajarilah bab-bab yang akan keluar di UNAS nanti. Kita juga tidak harus mengikuti les-les yang mengharuskan kita membayar mahal, cukup untuk belajar dengan rutin dan tekun.

Berlatih Mengerjakan Soal-Soal

Cobalah untuk berlatih mengerjakan soal-soal try out atau soal-soal UNAS dari tahun-tahun sebelumnya. Usahakan pertama kali untuk mengerjakannya tanpa melihat buku catatan atau bertanya pada seseorang. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan asli diri sendiri. Jika pun memang ada yang soal-soal yang tidak bisa dijawab, tanyakan jawaban yang benar pada gurumu sebagai bahan evaluasi.

Persiapkan Alat Tulis

Soal-soal UNAS yang akan dikerjakan akan diperiksa oleh mesin komputer. Untuk itu, semua siswa diharuskan untuk menggunakan pensil 2B untuk mengerjakan soal-soal UNAS. Maka dari itu, persiapkan alat-alat tulis yang diperlukan untuk menghadapi UNAS. Upayakan untuk membawa minimal 2 atau 3 pensil 2B sebagai cadangan jika ada kendala pada pensil kita. Jangan lupa untuk membawa penghapus yang bersih, penggaris berlubang untuk memudahkan mengisi bulatan di lembar jawaban, rautan pensil atau silet, dan yang terakhir alas papan kayu untuk lembar jawaban.

Time Management

Saat UNAS, manajemen waktu sangatlah penting. Waktu yang diberikan hanya 120 menit atau 2 jam untuk mengerjakan satu mata pelajaran. Cobalah untuk mengisi soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Untuk soal-soal yang sulit, pastikan untuk memilih satu jawaban darurat yang bisa digunakan jika memang sudah blank. Jangan gunakan metode asal tebak jika memang tidak bisa menjawab soal. Cobalah untuk memilih jawaban yang kira-kira paling logis, masuk akal dan mendekati maksud dari soal.

Jaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh menjelang berlangsungnya UNAS adalah salah satu faktor yang juga cukup penting. Tekanan berat yang didapat menjelang berlangsungnya UNAS tentu akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Maka dari itu, ada baiknya jika kita terus menjaga kesehatan tubuh kita agar siap 100% saat menghadapi UNAS.

Rajin Berdo'a 

Tidak hanya belajar, tentu kita juga harus berdo'a untuk meminta kelulusan kepada Tuhan. Bagi umat Islam, jangan lupa untuk terus berdo'a setelah shalat 5 waktu atau saat waktu-waktu yang lainnya. Jika kita rajin berdo'a setiap harinya, tentu jalan kita akan dimudahkan untuk mengerjakan soal-soal UNAS.

Mohon Restu Orang Tua

Jangan lupa juga untuk meminta doa restu dari orang tua saat akan menjelang Ujian Nasional atau UNAS. Mintalah doa restu orang tua agar bisa mengerjakan soal-soal UNAS dengan lancar karena doa orang tua kepada anaknya biasanya lebih ampuh.


Itulah beberapa info mengenai tips trik untuk kita sebelum menghadapi Ujian Nasional. Yang pasti jika kita terus berusaha, belajar dan disertai dengan berdo'a, kita tentu akan bisa mengerjakan soal-soal UNAS dengan lancar dan tanpa halangan. Semoga info tips trik tersebut bisa bermanfaat.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon