Negara Paling Banyak Mendapat Sorotan Dunia Tahun 2012

Selama tahun 2012 hingga menjelang tahun 2013, banyak negara-negara yang menjadi sorotan dunia. Negara-negara ini mendapat sorotan dan perhatian karena beberapa alasan, biasanya karena konflik yang ada di negara itu atau karena ada event tertentu yang diselenggarakan di negara tersebut. Hasilnya, negara tersebut banyak menghiasi berita dan headline dari surat kabar dan media media internasional di seluruh dunia.

Kebanyakan di antaranya adalah negara-negara asal Timur Tengah yang memang sering dilanda perang dan konflik berkepanjangan. Pada tahun 2011 lalu, negara-negara yang kerap mendapat sorotan dunia internasional antara lain adalah Libya dan Mesir. Lalu negara mana saja yang menjadi sorotan dunia pada tahun 2012 ini?

Negara Paling Banyak Mendapat Sorotan Dunia di 2012

Berikut ini merupakan daftar 5 negara yang paling banyak disorot dunia internasional sepanjang tahun 2012 lalu versi Zakipedia:


1. Suriah (Syria)

Negara Paling Banyak Mendapat Sorotan Dunia di 2012

Pada tahun 2012 ini bisa dibilang Suriah adalah negara paling banyak disorot oleh dunia internasional. Pemberontakan di Suriah masih terus terjadi setelah dimulai pada tahun 2011 lalu. Para pengunjuk rasa menuntut agar Presiden Bashar Al-Assad mengundurkan diri. Oposis terus berupaya untuk menggulingkan pemerintahan Assad. Tentara-tentara diturunkan ke jalanan untuk meredam demonstrasi. Tak sedikit korban jiwa yang jatuh akibat upaya pemberontakan ini.


2. Palestina (Palestine)

Setelah sempat mereda, konflik antara Palestina dan Israel kembali memanas di akhir tahun 2012 ini. Israel kembali melancarkan rudal dan roketnya ke warga Palestina yang bermukin di Jalur Gaza. Hal ini kembali memunculkan simpati dan dukungan dari masyarakat dunia kepada warga Jalur Gaza. Namun Palestina akhirnya berhasil memperoleh pengakuan di PBB pada November lalu. Warga Palestina di Gaza pun merayakannya dengan bersuka ria.


3. Israel

Israel kembali melancarkan serangan ke warga Palestina di Jalur Gaza. Israel beranggapan bahwa alasan Israel menyerang Jalur Gaza karena pejuang Hamas asal Palestina terlebih dahulu memulai dengan menyerang permukiman Israel. Serangan Israel ke Palestina menewaskan puluhan warga Palestina yang beberapa di antaranya masih anak-anak. Banyak negara-negara lain yang mengecam dan mengutuk serangan Israel ini, termasuk Indonesia.


4. Amerika Serikat (United States of America)

Negara Paling Banyak Mendapat Sorotan Dunia di 2012

Sebagai negara adi kuasa dunia, Amerika Serikat selalu menjadi sorotan dunia internasional. Amerika sempat dikecam setelah mendukung tindakan Israel menyerang permukiman penduduk Palestina di jalur Gaza. Namun sorotan terbesar dunia terhadap Amerika di tahun 2012 ini adalah hasil pemilihan presiden Amerika Serikat pada 6 November lalu. Barack Obama kembali terpilih sebagai presiden Amerika Serikat. Obama menang tipis dari pesaingnya, Mitt Romney.

(baca juga daftar Presiden Amerika Serikat)


5. Inggris (England)

Pada Agustus lalu, semua mata dunia tertuju pada negara Inggris. Penyebabnya tak lain adalah penyelenggaraan pesta olahraga terbesar dunia yaitu Olimpiade 2012. Tahun 2012 ini, Olimpiade memang digelar di London, Inggris mulai 28 Juli hingga 13 Agustus. Dalam upacara pembukaan dan penutupan, panitia Olimpiade Inggris menyiapkan pesta yang meriah dan menghadirkan publik figur terkenal asal Inggris seperti David Beckham, Ratu Elizabeth, Rowan Atkinson (Mr.Bean), grup band Muse, hingga penyanti Adele. Inggris sendiri menduduki peringkat 3 klasemen akhir Olimpiade di bawah Amerika Serikat yang keluar sebagai juara dan China sebagai runner up.

Itulah 5 negara paling disorot dunia internasional selama tahun 2012. Negara-negara tersebut memang banyak disorot dan kerap dijadikan headline oleh media-media domestik dan internasional selama tahun 2012 ini.


(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan