Cara dan Tips Begadang yang Sehat

Begadang adalah kegiatan tidak tidur pada malam hari untuk melakukan suatu aktivitas tertentu. Begadang bisa diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya seperti menonton pertandingan sepakbola, mengerjakan tugas-tugas atau hanya sekedar bermain kartu bersama teman. Begadang sering dilakukan oleh remaja dan juga orang dewasa, meski sebenarnya begadang bukan hal yang baik. Begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan karena dengan begadang akan merusak pola tidur kita. 

Jika kita tidak tidur sampai larut malam, maka kita juga akan telat bangun. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas kita di pagi hari. Begadang membuat kita akan mengantuk saat sedang bekerja di kantor atau saat sedang sekolah. Bahkan dalam salah satu lagunya, penyanyi dangdut Rhoma Irama juga mengatakan jika begadang dapat merusak badan kita. Untuk menghindari semua resiko saat begadang itu, ada baiknya kita melakukan beberapa tips begadang sehat.


Cara dan Tips Begadang yang Sehat

Tips Begadang yang Sehat


1. Tidurlah Saat Siang Hari

Sebelum begadang pada malam hari, ada baiknya kita tidur dulu pada siang harinya. Hal ini berfungsi untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit. Selain itu tidur siang juga berfungsi untuk mengganti waktu tidur pada malam hari yang kita gunakan untuk begadang.

2. Jangan Biarkan Perut Keroncongan

Saat begadang, perut kita akan mudah keroncongan alias kelaparan. Untuk itu kita harus tetap rajin mengkonsumsi makanan saat begadang. Perbanyak karbohidrat untuk mengisi tenaga kita agar siap dalam begadang.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat. Usahakan untuk meminum air putih secukupnya saat sedang menjalani aktivitas begadang. Air putih memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

4. Lakukan Stretching atau Pemanasan

Sebelum begadang, upayakan untuk melakukan stretching atau olahraga kecil. Hal ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum begadang karena saat begadang, biasanya kita akan jarang menggerakkan tubuh kita yang lelah. Stretching bisa berupa meregangkan tangan, meregangkan kaki, dan lari-lari kecil.

5. Pebanyak Konsumsi Vitamin C

Cobalah untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung vitamin C sebelum begadang. Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tubuh kita karena banyak mengandung anti-oksidan di dalamnya.

6. Jangan Terlalu Sering Begadang

Yang terakhir, kita tidak boleh terlalu sering melakukan begadang. Meski banyak melakukan tips begadang sehat di atas, namun jika begadang dilakukan hampir setiap hari, maka kesehatan kita bisa terganggu secara drastis. Usahakan untuk melakukan begadang maksimal 2-3 kali dalam seminggu.


Itulah beberapa tips begadang yang sehat. Begadang memang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Ada baiknya kita melakukan tips-tips di atas untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan pada tubuh kita. Sekian info tips trik terbaru.


(zakipedia)

mokhammad zakky

1 komentar so far

thanks infonya gan... saya juga sering begadang krn banyak tugas


EmoticonEmoticon