11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Selama tahun 2012, dunia sepakbola dihebohkan dengan banyak pemain-pemain hebat yang bermunculan. Mungkin dua yang paling menonjol adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Bersama dengan Andres Iniesta, ketiganya kemudian menjadi kandidat peraih penghargaan Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia 2012 ini. Selain itu juga ada Andrea Pirlo yang tampil bagus di Piala Eropa 2012 lalu atau Xavi Hernandez sebagai nyawa lini tengah Barcelona selain Iniesta.

Berikut ini akan kami tampilkan daftar 11 pemain sepakbola terbaik dunia sepanjang tahun 2012 versi Zakipedia. Kesebelas pemain ini diambil tiap-tiap posisi dengan menggunakan formasi 3-4-3 dan mencantumkan pemain pelapisnya yang juga tampil bagus dan konsisten bagi klub mereka sepanjang tahun. Berikut list selengkapnya.. 

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012


11 Pemain Terbaik Dunia 2012


Goalkeeper

1. Iker Casillas (Real Madrid/Spanyol)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Tak bisa dipungkiri jika Iker Casillas adalah penjaga gawang terbaik dunia selama 2012. Casillas membantu Real Madrid menjuarai Liga Spanyol 2011-2012 sekaligus mengakhiri dominasi Barcelona selama 3 tahun. Ia juga menjadi kapten saat timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa 2012 lalu setelah mengalahkan Italia 4-0 di final.

Cadangan : 
Gianluigi Buffon (Juventus/Italia)
Pietr Cech (Chelsea/Rep.Ceko)


Defender

2. Sergio Ramos (Real Madrid/Spanyol)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Sergio Ramos menjadi salah satu kunci pertahanan Real Madrid. Ia sigap jika dipasang sebagai bek tengah, serta kuat jika dipasang sebagai bek kanan. Kemampuannya berduel di bola-bola udara menjadi nilai plus Ramos. Ramos turut mengantar Madrid juara Liga Spanyol 2011-2012 dan juga bersama Spanyol saat juara Piala Eropa 2012.


3. Gerard Pique (Barcelona/Spanyol)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Gerard Pique menjadi sosok sentral di lini pertahanan Barcelona dan timnas Spanyol. Di saat kapten Barcelona, Carles Puyol kerap dilanda cedera panjang, Pique kokoh berdiri sebagai tembok pertahanan Barcelona. Kekasih Shakira ini juga menjadi andalan lini belakang tim Matador saat menjuarai Piala Eropa 2012.


4. Vincent Kompany (Man City/Belgia)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Vincent Kompany menjadi kapten Manchester City saat menjuarai Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 44 tahun terakhir meruntuhkan dominasi rivalnya, Manchester United. Kompany tampil solid di lini belakang The Citizen. Ia juga kerap mencetak gol melalui bola-bola udara. Kemampuannya itu membuatnya dianugerahi Pemain Terbaik Liga Inggris musim 2011-2012 lalu.

Cadangan :
Mats Hummels (Dortmund/Jerman)
Pepe (Real Madrid/Portugal)
Andrea Barzagli (Juventus/Italia)
Philipp Lahm (Bayern/Jerman)
Jordi Alba (Barcelona/Spanyol)


Midfielder

5. Andrea Pirlo (Juventus/Italia)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Andrea Pirlo yang sudah menginjak 33 tahun secara mengejutkan kembali menemukan performa terbaiknya pada musim 2011-2012 lalu. Pirlo total mencetak 15 assist dan memimpin skuad Juventus meraih gelar scudetto Liga Italia tanpa terkalahkan. Andrea Pirlo juga tampil brillian di Piala Eropa 2012. Ia mencetak 1 gol dan 3 assist untuk mengantar Italia ke final. Pirlo juga sempat mencuri perhatian dunia dengan gol tendangan penalti chip Panenka saat mengalahkan Inggris di perempat final.


6. Xavi Hernandez (Barcelona/Spanyol)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Kemampuan Xavi Hernandez sebagai midfielder sudah tidak bisa diragukan lagi. Meski bukan merupakan tahun terbaiknya, namun pada tahun 2012 ini, Xavi tetap tampil mengesankan. Kemampuan Xavi dalam melakukan passing akurat menjadi salah satu nilai plus dari pemain jebolan La Masia ini. Duetnya bersama Iniesta menjadi nyawa di lini tengah Barcelona dan Spanyol. Xavi meraih gelar Coppa del Rey dan Piala Eropa selama tahun 2012.


7. Andres Iniesta (Barcelona/Spanyol)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Pada Agustus lalu, secara mengejutkan Andres Iniesta dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2012 oleh UEFA menyingkirkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Memang Iniesta tampil mengesankan selama 2012. Selain performa apiknya bersama Barcelona, Iniesta juga tampil fenomenal bersama timnas Spanyol saat juara Piala Eropa 2012. Iniesta terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Eropa 2012 berkat aksi gemilangnya selama turnamen.


8. Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Cristiano Ronaldo memang hanya berposisi asli sebagai winger midfielder (gelandang sayap). Namun kemampuan mencetak golnya tidak kalah dari seorang striker. Soal skill, Ronaldo sudah tidak perlu diragukan lagi. Bersama Lionel Messi, Ronaldo disebut-sebut sebagai pemain terbaik dunia di era modern ini. Ia menjadi andalan di Real Madrid dan Portugal. CR7 meraih gelar Liga Spanyol 2012 lalu bersama Madrid dan menjadi kandidat kuat peraih Ballon d'Or.

Cadangan : 
Xabi Alonso (Real Madrid/Spanyol), 
Yaya Toure (Man City/Pantai Gading), 
Claudio Marchisio (Juventus/Italia), 
Juan Mata (Chelsea/Spanyol), 
Mesut Ozil (Real Madrid/Jerman)


Forward

9. Lionel Messi (Barcelona/Argentina)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Soal kemampuan, Lionel Messi mungkin tidak ada duanya. Ia adalah pemain sepakbola terbaik dunia saat ini. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, selama 2012, Messi hanya meraih gelar Coppa del Rey bersama Barcelona. Namun soal gelar dan rekor pribadi, Messi juaranya. Ia mencetak 50 gol di Liga Spanyol musim lalu. Ini membuat Messi meraih gelar top skorer Liga Spanyol dan Golden Boot Eropa dengan rekor gol terbanyak. Messi juga sukses melampaui rekor Pele dan Gerd Mueller soal urusan gol dalam 1 tahun di mana Messi sudah mencetak lebih dari 85 gol selama 2012.


10. Zlatan Ibrahimovic (AC Milan/Swedia)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Zlatan Ibrahimovic adalah sensasi di dunia sepakbola. Meski kerap gonta-ganti klub, tak bisa dipungkiri jika Ibra adalah pemain kelas dunia. Setelah meraih gelar top skorer Liga Italia bersama AC Milan, Ibrahimovic pindah ke klub kaya Prancis, PSG. Di PSG, Ibracadabra memimpin perburuan top skorer. Ia juga dikenang berkat gol salto fantastisnya ke gawang Inggris saat timnas Swedia bermain seri 4-4 di mana semua gol Swedia dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic.


11. Robin Van Persie (Man United/Belanda)

11 Pemain Sepakbola Terbaik Dunia 2012

Sukses menjadi top skorer Liga Inggris 2011-2012, Robin Van Persie lalu pindah dari Arsenal ke Manchester United. Van Persie pindah karena Arsenal tak kunjung memberinya gelar, meski itu berarti ia harus pindah ke rival Arsenal, Manchester United. Sempat dicerca di awal karirnya bersama MU, Van Persie justru terus tampil gemilang. Ia mampu mencetak gelontoran gol di tiap pertandingan dan membawa Man United terus berada di jalur juara hingga paruh musim.

Cadangan : 
Radamel Falcao (Atletico/Kolombia), 
Edinson Cavani (Napoli/Uruguay), 
Robert Lewandowski (Dortmund/Polandia), 
Sergio Aguero (Man City/Argentina)
Neymar (Santos/Brazil)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3 maka akan terlihat seperti ini :

 Casillas

Ramos - Pique - Kompany

Iniesta - Xavi - Pirlo - C.Ronaldo

Messi - Ibrahimovic - Van Persie



(baca juga 10 pemain muda terbaik tahun 2012)


Itulah info daftar 11 pemain terbaik dunia sepanjang tahun 2012 versi Zakipedia. Kesebelas pemain tersebut memang menunjukkan performa yang luar biasa selama tahun 2012 lalu. Mereka banyak berkontribusi bagi klub dan timnasnya sehingga tak salah jika mereka layak masuk daftar tersebut. Layak ditunggu seperti apa kontribusi mereka bagi tim di tahun 2013 dan tahun-tahun mendatang.

Punya pendapat lain? Silahkan tulis di komentar ...


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon