Profil dan Biografi Stephan El Shaarawy Terbaru

Stephan El Shaarawy adalah salah satu striker muda asal Italia yang bermain pernah bersama AC Milan. Ia adalah pemain yang berdarah campuran Italia-Mesir. Meski berusia masih muda, namun ia memiliki potensi sebagai pemain besar dan hebat. Karena masih memiliki darah Mesir, para fans pun menjulukinya Il Faraone atau The Pharaoh dan Little Pharaoh yang berarti Firaun Kecil. Kini ia bermain bersama klub Serie A, AS Roma. Berikut info profil dan biografi lengkap dari El Shaarawy.


Stephan El Shaarawy memulai karir juniornya bersama Legino, lalu pindah ke tim junior Genoa. Ia menjadi pemain termuda keempat yang pernah bermain di kasta tertinggi Liga Italia setelah tampil 10 menit bersama Genoa pada tahun 2008 saat masih berusia 16 tahun. Setelah menembus tim senior Genoa, pada 2010-11, El Shaarawy lalu dipinjamkan ke klub Serie B, Padova.

Di Padova, Stephan El Shaarawy mulai bermain gemilang. Ia membawa Padova  yang tidak diunggulkan sebelumnya hingga ke babak play-off promosi sebelum dikalahkan Novara. El Sharaawy pun terpilih sebagai Serie B Best Player of The Year musim itu. Performa gemilangnya mengundang klub raksasa Italia, AC Milan untuk merekrutnya pada 2011. 

Profil Lengkap Stephan El Shaarawy

Ia memang hanya menjadi cadangan dari Zlatan Ibrahimovic, Alexander Pato, Robinho, atau Antonio Cassano. Namun saat striker utama AC Milan dilanda cedera, El Shaarawy yang diberi kepercayaan mampu menunjukkan kontribusi maksimal. Musim pertamanya, El Shaarawy mencetak 5 gol. Tidak terlalu buruk untuk pemain yang baru berumur 19 tahun yang bermain di klub sebesar AC Milan.

Awal musim 2012-13, Milan melepas Ibrahimovic, Cassano dan bek Thiago Silva serta beberapa pemain senior. Hal ini membuat Milan mengalami krisis. Performa Milan merosot tajam di liga dan sempat terlempar keluar 10 besar. Namun El Shaarawy tetap menunjukkan konsistensinya. Saat Pato dan Robinho cedera, ia mampu mencetak 8 gol dari 10 pertandingan awal. Koleksi golnya pun terus bertambah tiap pekannya. Ia pun menjadi salah satu kandidat kuat top skorer Liga Italia musim 2012/2013 ini.


Performanya menjadi bahan pembicaraan di seantero Eropa sebagai salah satu youngster yang diprediksi akan menjadi pemain hebat ke depannya. El Shaarawy juga menjadi pencetak gol termuda AC Milan di Liga Champions sepanjang sejarah setelah mencetak gol ke gawang Zenit dengan kemenangan 3-2.

Namun karirnya sempat menurun. Cedera berkepanjangan membuat ia jarang bermain. Ia sempat dipinjamkan ke AS Monaco. Mulai tahun 2016 ia pun bermain bersama AS Roma. Bersama Roma, El Shaarawy mulai menemukan performa terbaiknya kembali dengan mencetak 8 gol dari 16 pertandingan di sisa setengah musim bersama AS Roma di Serie A Liga Italia.

El Shaarawy juga diberi kepercayaan menjalani debut bersama timnas senior Italia oleh pelatih Italia, Cesare Prandelli pada Agustus 2012 melawan Inggris. Sebelumnya, El Shaarawy turut serta bersama timnas Italia U-17 pada U-21 Euro Cup 2009 dan juga U-21 World Cup 2009. El Shaarawy turut menjadi bagian skuad Azzuri dalam Piala Konfederasi 2013 dan Piala Eropa 2016.

Profil Lengkap Stephan El Shaarawy


Nama Lengkap : Stephan El Shaarawy
Julukan : Il Faraone (The Pharaoh), Little Pharaoh
Tempat Lahir : Savona, Italia
Tanggal Lahir : 27 Oktober 1992
Kebangsaan : Italia
Tinggi Badan : 178 cm
Posisi : Penyerang

Karir Junior:
2005-2006 : Legino
2006-2008 : Genoa

Karir Senior:
2008-2011 : Genoa 
2010-2011 : Padova (loan)
2011-2015 : AC Milan
2015-2016 : AS Monaco
2016-... : AS Roma

Penghargaan Tim :
Italian Supercup (2011)
Serie A Runner Up (2011-12)

Penghargaan Individu :
Serie B Best Player of The Year (2010-11)


(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan