10 Tim dengan Rekor Tak Terkalahkan Terbanyak

Pada musim 2011-2012, muncul satu klub yang menyita perhatian karena rekor tak terkalahkan dalam satu musim. Klub tersebut adalah Juventus. Klub asal Italia ini berhasil mengamankan scudetto dengan rekor tak terkalahkan dan berlanjut hingga 10 pekan di musim berikutnya. Total Juventus meraih rekor 49 kali pertandingaan unbeaten alias tak terkalahkan secara berurutan. Rekornya akhirnya terhenti di tangan rivalnya, Inter Milan saat Juventus kalah dengan skor 1-3 di kandang sendiri.

10 Tim dengan Rekor Tak Terkalahkan Terbanyak

Namun rekor Juventus ini bukanlah yang terbaik. Ada beberapa klub lain dengan rekor tidak terkalahkan yang lebih banyak. AC Milan adalah salah satunya saat mencatat 58 kali pertandingan tidak terkalahkan di era 90-an lalu. Sedangkan Arsenal mencatat rekor sama dengan Juventus yaitu 49 pertandingan. Berikut kami tampilkan daftar klub klub sepakbola dengan rekor tak terkalahkan terbanyak di liga domestik sepanjang sejarah.


1. Steaua Bucharest (Rumania - 104 Pertandingan)

10 Tim dengan Rekor Tak Terkalahkan Terbanyak

Klub asal Rumania, Steaua Bucharest menjadi pemegang rekor tak terkalahkan terbanyak di liga domestik sepanjang sejarah sepakbola. Steaua total mencatat 104 laga tak terkalahkan dalam periode 1986 hingga 1989. Itu berarti hampir 3 tahun, Steaua memang berada di puncak keemasan dalam periode tersebut. Steaua juga meraih gelar Liga Champions dan meski Liga Rumania tidak terlalu kompetitif, namun prestasi Steaua patut diacungi jempol. Steaua tidak pernah tersentuh kekalahan. Rekornya dihentikan oleh rival sekota sendiri. Dinamo Bucharest dengan skor cukup telak 0-3 pada September 1989.

2. Glasgow Celtic (Skotlandia - 62 Pertandingan)

Berikutnya ada klub Skotlandia, Glasgow Celtic yang mencatat 62 pertandingan tak terkalahkan di liga domestik. Rekor ini sudah lama tercipta, hampir seabad yang lalu, tepatnya pada 1915 hingga 1917. Prestasi Celtic ini memang bisa dimaklumi mengingat tingkat kompetisi liga Skotlandia yang tidak kompetitif karena sering hanya melibatkan Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers dalam perebutan juara. 

3. Boca Juniors (Argentina - 59 Pertandingan)

Raksasa Argentina Boca Juniors, menorehkan rekor tak terkalahkan dalam Liga Argentina, namun saat masih di kompetisi amatir. Rekor yang mereka buat terjadi pada periode tahun 1924-27 ketika kompetisi Liga Argentina masih berstatus amatir. Rekor ini dimulai dari akhir Maret 1924 sampai Juni 1927 ketika mereka kalah dari Lanus dengan skor 2-1.

4. AC Milan (Italia - 58 Pertandingan)

10 Tim dengan Rekor Tak Terkalahkan Terbanyak

Jika dibandingkan dengan Steaua, Celtic atau Boca Juniors, prestasi AC Milan bisa dibilang lebih hebat. Milan memang mencatat 58 pertandingan unbeaten di liga Italia pada periode 1991 hingga 1993. Namun tingkat kompetitif Liga Italia jauh di atas Liga Rumania atau Skotlandia apalagi liga amatir Argentina. Di awal periode 90an, Liga Italia memang menjadi liga tersengit di dunia dengan klub-klub besar seperti Juventus dan Inter Milan di puncak keemasan serta tim-tim kuda hitam yang melejit seperti Napoli, Parma, Lazio, AS Roma, atau Fiorentina. AC Milan yang ditangani Fabio Capello saat itu berjuluk The Dream Team dengan 3 scudetto dan 1 Liga Champions. Rekornya terhenti di tangan Parma pada Maret 1993 dengan skor 0-1.

5. Benfica (Portugal - 56 Pertandingan)

Benfica merupakan klub yang memegang rekor unbeaten atau tak terkalahkan sepanjang sejarah Liga Portugal dengan 56 pertandingan. Tren positif Benfica ini dimulai sejak bulan Oktober 1976 dan berhenti di akhir tahun 1978. Rekornya terhenti setelah Benfica dikalahkan oleh rival abadinya sendiri, FC Porto.

6. Penarol (Uruguay - 56 Pertandingan)

Penarol berhasil mengukir rekor tak terkalahkan dalam sejarah Liga Uruguay selama 56 pertandingan, sama dengan Benfica. Rekor Penarol ini dimulai sejak September 1966 sampai September 1969. Rekor klub yang berjuluk 'Carboneros' atau Si Penambang Batu Bara ini terhenti setelah kalah dari Liverpool Montevideo dengan skor 2-0.

7. FC Porto (Portugal - 55 Pertandingan)

Rekor tak terkalahkan berikutnya dipegang oleh FC Porto dengan 55 pertandingan. Rekor ini dimulai pada bulan Maret 2010 hingga 2011 dengan dilatih 3 pelatih berbeda secara bergantian. Rekor dimulai ketika tim masih dilatih oleh Jesualdo Ferreira. Tren kemenangan kemudian dilanjutkan oleh pelatih muda, Andre Villas-Boas yang berhasil mengantar Porto meraih quintuple winners atau 5 gelar juara. Rekor terhenti saat Porto sudah ditangani pelatih baru, Vitor Pereira di tangan Gil Vicente dengan skor 3-1.

8. Ajax Amsterdam (Belanda - 52 Pertandingan)

Tahun 1994-96 adalah masa keemasan yang pernah dimiliki oleh raksasa Belanda ini. Torehan 52 partai tak terkalahakan di kancah Eredivisie adalah salah satu bukti kekuatan Ajax Amsterdam. Rekor Die Amsterdamers terhenti di tangan Willem II Tilburg pada tanggal 14 Januari 1996 dengan skor 1-0.

9. Juventus (Italia - 49 Pertandingan)

Musim 2011-2012 lalu menjadi musim yang indah bagi Juventus. Dengan dukungan Antonio Conte sebagai pelatih baru dan dibangunnya Stadion Juventus Stadium sebagai markas baru, Juventus meraih scudetto pertamanya sejak kasus Calciopoli pada 2006 lalu. Juara makin lengkap setelah Juventus mencatat rekor tak terkalahkan yang berlanjut hingga musim berikutnya. Rekor Juve sendiri terhenti di tangan Inter Milan dengan skor 1-3 pada November 2012 lalu, Total Juventus mencatat 49 pertandingan tak terkalahkan di liga domestik secara berturut-turut.

10. Arsenal (Inggris - 49 Pertandingan)


10 Tim dengan Rekor Tak Terkalahkan Terbanyak

Arsenal meraih trofi EPL 2003/04 dengan rekor tak terkalahkan selama satu musim. The Gunners memulai rekor tak terkalahkannya di dua partai penutupan musim 2002/03 sampai pekan ke-9 di musim 2004/05 sebelum akhirnya kalah dari Manchester United di pekan ke-10 musim 2004-2005. Tragisnya, gelar juara itu menjadi gelar liga terakhir yang diraih Arsenal. Selanjutnya Arsenal dilanda paceklik gelar juara yang bertahan hingga sekarang.


Itulah info daftar 10 tim dengan rekor tak terkalahkan terbanyak dalam liga lokal sepanjang sejarah. Tim-tim besar seperti AC Milan, Juventus atau Arsenal pernah mencatatkan rekor tak terkalahkan lebih dari 45 pertandingan di liga domestik masing-masing. Sekian info bola terbaru kali ini.


(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan