Koneksi Internet di Indonesia Terburuk Se-ASEAN, Inilah Penyebabnya

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah user pengguna internet terbesar di dunia. Kita bisa melihat jika internet menjadi kebutuhan tiap penduduk di Indonesia, terutama di era digital seperti sekarang. Namun banyaknya pengguna internet di Indonesia tidak diimbangi dengan kecepatan koneksi internet yang memuaskan. Bahkan di antara negara-negara ASEAN atau Asia Tenggara, Indonesia adalah negara dengan koneksi internet terburuk dan terlemot.

(baca juga negara anggota ASEAN)

Baru-baru ini, situs Akamai merilis data kecepatan koneksi internet di seluruh dunia. Dari data tersebut, Indonesia adalah negara dengan koneksi internet terburuk. Peringkat pertama negara dengan koneksi tercepat di ASEAN adalah Singapura dengan kecepatan koneksi internet rata-rata 5,127 Kbps.


1. Singapura (5,127 Kbps)
2. Thailand (3,376 Kbps)
3. Malaysia (2,173 Kbps)
4. Myanmar (1,944 Kbps)
5. Vietnam (1,594 Kbps)
6. Kamboja (1,376 Kbps)
7. Filipina (1,201 Kbps)
8. Brunei Darussalam (1,188 Kbps)
9. Laos (1,097 Kbps)
10. Indonesia (770 Kbps)



Dari data di atas, memang memprihatinkan melihat Indonesia masih berada di bawah negara Laos atau Brunei Darussalam soal kecepatan koneksi internet. Sebenarnya apa penyebab lemotnya koneksi internet di Indonesia?

Menurut beberapa pakar telematika, kurangnya sejumlah infrastruktur jaringan di Indonesia sangat mempengaruhi kualitas jaringan internet di Indonesia. Banyak infrastruktur yang masih belum dioptimalkan dengan baik dan maksimal. 

Infrastruktur-infrastruktur ini hanya terfokus di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta atau kota-kota besar lainnya. Sementara beberapa kota di pelosok Indonesia lainnya justru masih belum terjangkau oleh koneksi internet. Hal ini tentu harus segera dibehai demi memperbaiki koneksi internet di Indonesia yang buruk. Sekian berita teknologi terbaru kali ini.


(zakipedia)

1 komentar:

  1. Kita hanya bisa mimpi kecepatan internet di negara afrika (mis. sierra leone, ethiopia, rwanda, burundi, dll) yang jauh lebih baik daripada Indonesia.

    BalasHapus

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan