Review ¡Uno!, Album Band Punk Rock Green Day

Tags

Setelah sempat cukup lama vakum, Green Day akhirnya kembali menggebrak pasar musik dunia dengan album terbarunya, berjudul ¡Uno!. Album ¡Uno! ini sendiri merupakan rangkaian dari album trilogy yang akan dirilis Green Day. Setelah ¡Uno!, Green Day akan merilis album ¡Dos! dan ¡Tre! sebagai bagian dan rangkaian dari album trilogy ¡Uno! ¡Dos! ¡Tre!. Album ¡Uno! telah dirilis pada 25 September 2012, sedangkan album ¡Dos! dirilis 13 November 2012 serta ¡Tre! pada 15 Januari 2013. Kali ini akan diulas tentang album ¡Uno!. 

¡Uno! berisikan 12 lagu dengan total durasi selama 41 menit 44 detik. Single pertama yang berjudul Oh Love telah dirilis sejak 16 Juni 2012 lalu dan langsung menempati urutan pertama US Rock Songs chart. Single kedua Kill The DJ dirilis pada 14 Agustus 2012 dan single ketiga Let Yourself Go dirilis pada 5 September 2012.

(baca juga 10 lagu terbaik Green Day)

uno

Kedua belas lagu yang ada di album ini diciptakan sendiri oleh sang vokalis Green Day, Billy Joe Armstrong. Secara keseluruhan, ¡Uno! masih menampilkan musik-musik khas Green Day yang bergenre pop-rock. Musik khas Green Day yang nge-pop terdengar jelas pada lagu-lagu seperti Oh Love, Stay The Night, Sweet 16, atau Fell For You. Selain itu juga ada beberapa lagu yang nge-beat dengan alunan drum yang nyata yang terdengar jelas pada lagu Troublemaker dan Nuclear Family.

Green Day juga tak lupa menyertakan lagu-lagu dengan genre rock, seperti Let Yourself Go atau Loss of Control. Kedua lagu ini menampilkan suara-suara dan teriakan rock dari vokalis Green Day, Billy Joe Armstrong. Beberapa lagu lain juga banyak dipengaruhi oleh musisi lain. Lagu Angel Blue sedikit terinfluensi oleh lagu The Clash berjudul I Fought The Law yang juga sempat dibawakan oleh Green Day. 

Sementara lagu Kill The DJ sedikit mirip dentuman gitar khas Franz Ferdinand. Kill The DJ sendiri memiliki unsur musik yang tidak pernah dimainkan oleh Green Day sebelumnya. Oleh karena itu lagu ini menjadi sangat menarik untuk didengar. Carpe Diem mungkin menjadi lagu tema dari keseluruhan album ¡Uno!. Lagu ini memiliki makna yang paling nyata di dalam lirik-liriknya. Carpe Diem menjadi salah satu lagu dengan lirik-lirik yang kuat. Berikut tracklist lagu dalam album ini.


1. "Nuclear Family"   3:03
2. "Stay the Night"   4:36
3. "Carpe Diem"   3:25
4. "Let Yourself Go”   2:57
5. "Kill The DJ”   3:41
6. "Fell for You"   3:08
7. "Loss of Control"   3:07
8. "Troublemaker"   2:45
9. "Angel Blue"   2:46
10. "Sweet 16"   3:03
11. "Rusty James"   4:09
12. “Oh Love"   5:03



(zakipedia)

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon