Profil dan Sejarah Boyband One Direction

One Direction adalah salah satu dari grup penyanyi pria asal Inggris-Irlandia yang terbentuk di kota London, Inggris pada tahu 2010. Para personil One Direction terdiri dari Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson. One Direction berawal dari ajang pencarian bakat, The X Factor dimana mereka menjadi juara ketiga pada The X Factor musim ke-7 pada tahun 2010 lalu. Setelah sukses di Inggris, One Direction kemudian mampu menembus pasar Amerika dan dunia setelah dikontrak oleh label rekaman asal Amerika, Columbia Records pada tahun 2011. 

Profil One Direction


Pada awal The X Factor 2010, Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson mengikuti audisi dalam kategori penyanyi solo. Namun mereka semua gagal. Setelah mendapat saran dari juri, akhirnya mereka bergabung membentuk sebuah boy band dan kembali ikut audisi dalam kategori penyanyi grup. Mereka pun menamakan dirinya One Direction atas saran Harry Styles. Ia beranggapan bahwa nama One Direction akan terlihat hebat dan juga keren di telinga penonton saat dibacakan oleh sang pembawa acara dari The X Factor, Petrus Dickson.

Profil dan Sejarah Boyband One Direction

One Direction akhirnya menjadi juara ketiga di The X Factor di bawah Rebecca Ferguson yang menjadi juara dua dan Matt Cardle yang menjadi juara satu. Namun setelah kompetisi, popularitas One Direction justru makin meningkat ke seantero Inggris. 

One Direction lalu merekam album pertamanya berjudul Up All Night. Di album ini, One Direction berkolaborasi dengan musisi-musisi seperti Savan Kotecha, Rami Yacoub, RedOne, Ed Sheeran, Kelly Clarkson, Tom Fletcher, Steve Mac, Toby Gad dan Carl Falk. Single pertama mereka, What Makes You Beautiful yang dirilis September 2011, berhasil bertengger di posisi pertama UK Single Chart dan dinobatkan sebagai single yang paling banyak direquest oleh Sony Music Entertainment.

Profil dan Sejarah Boyband One Direction

Dalam suatu acara pada Maret 2012, One Direction yang mengunjungi Manhattan di Amerika menimbulkan kerumunan penggemar yang sangat banyak. Kepopuleran One Direction pun seakan tiba-tiba meledak, padahal saat itu One Direction belum memiliki single yang hits di Amerika. Kepopuleran One Direction memicu kebangkitan boy band Eropa dan menimbulkan fenomena Invasi Britania yang baru di Amerika.

Album Up All Night di Amerika baru dirilis pada Maret 2012 dan langsung menduduki posisi pertama di Billboard 200. Setelah itu, One Direction merilis single kedua mereka, One Thing. Sebelumnya, One Direction mengadakan tur konser Inggris yang bertajuk Up All Night Tour. Hasil rekaman selama tur, Up All Night : The Live Tour dirilis pada Mei 2012 dalam bentuk DVD dan mencetak rekor kedua dalam penjualan dalam 5 tahun terakhir, hanya kalah oleh musisi asal Inggris juga, Adele.

Album kedua One Direction, Take Me Home dirilis pada November 2012. One Direction juga akan menggelar tur konser dunia di 101 kota yang tersebar di Inggris, Irlandia, Amerika Utara, Australia, dan Asia. Mereka pun konsisten merilis album dan single single terbaru dalam waktu beberapa tahun ke depan, meski kemudian salah satu personil mereka Zayn Malik keluar dari grup ini untuk bersolo karir.
Kesuksesan One Direction yang menembus pasar Amerika dan langsung menembus posisi teratas tangga Billboard 200, menjadi artis Inggris pertama yang melakukannya sekaligus memecahkan rekor Bruce Springsteen dan Adele, juga dua band legendaris Inggris, The Beatles dan The Rolling Stones. Kehadiran mereka juga menjadi pembawa kembali zaman keemasan boy band saat Backstreet Boys, NSYNC, atau Westlife masih berjaya.

Kesuksesan One Direction juga tidak lepas dari peran situs jejaring sosial yang ada di internet. One Direction kerap bersosialisasi dengan para penggemarnya yang ada di dunia maya. Sampai saat ini, One Direction telah memiliki 12 juta followers Twitter, 4 juta penyuka di Facebook, serta lebih dari 200 juta penonton di YouTube.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon