Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas

Banyak orang yang berpendapat bahwa pendidikan adalah hal utama yang paling penting. Hal ini yang kemudian banyak orang yang menempuh pendidikan setinggi mungkin, termasuk menempuh perguruan tinggi. Namun tidak semudah itu untuk bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Terdapat persaingan yang ketat di antara siswa lulusan SMA sebelum masuk dalam universitas yang diinginkan. Sepert diketahui, terdapat beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) dan universitas terbaik di Indonesia yang banyak diincar oleh calon mahasiswa, di antaranya seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Selain itu juga banyak perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta yang juga cukup populer. Para calon mahasiswa berlomba-lomba mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN agar bisa diterima di kampus idaman masing-masing.

Namun bukan hanya soal universitas pilihan, hal lain yang bisa membuat bingung para siswa adalah jurusan yang dituju, Biasanya siswa akan meneruskan sesuai bidang di SMA, yaitu IPA atau IPS. Namun tak sedikit yang kemudian berganti bidang saat memasuki masa kuliah. Terdapat banyak jurusan di tiap universitas yang bisa dipilih. Tentu satu kampus memiliki jurusan yang tidak sama dengan kampus lain, dengan nilai akreditasi dan kualitas yang juga berbeda. Tiap jurusan juga memiliki passing grade yang berbeda, yaitu minat calon mahasiswa, sehingga ada jurusan yang begitu diminati, namun ada juga yang kurang diminati. Berikut lima jurusan kuliah yang paling menjadi favorit dan banyak dituju oleh pelajar yang mendaftar masuk PTN.


Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas


Kedokteran

Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas


Mungkin semua akan sepakat jika jurusan kedokteran menjadi yang paling favorit dibandingkan jurusan-jurusan lainnya yang ada. Program studi ini menjadi yang paling ketat hingga sangat sulit untuk diterima di jurusan ini, baik itu dokter umum, dokter gigi atau dokter hewan. Selain karena profesi dokter yang cukup menjanjikan, dokter juga menyajikan kesan penampilan keren bagi para mahasiswanya. Tentu dibutuhkan usaha ekstra untuk bisa masuk fakultas kedokteran.

Ilmu Komputer


Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas

Di era teknologi modern yang berkembang dengan sangat pesat ini, peran dari mahasiswa lulusan ilmu komputer begitu krusial. Tak heran jika banyak yang mengincar jurusan di bidang IT, baik itu Teknik Informatika, Teknik Komputer Jaringan dan sebagainya. Jurusan di bidang IT juga menjadi yang paling kompetitif tiap tahun di seleksi SBMPTN. Tentu bagi yang ingin masuk prodi ini harus siap belajar coding untuk mengembangkan software developer dan sebagainya.

Manajemen

Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas

Menjadi entrepreneur tentu menjadi dambaan tiap lulusan sarjana. Hal ini yang kemudian mengakibatkan banyak yang mengincar jurusan manajemen atau bisnis. Dengan masuk jurusan ini, maka akan bertambah ilmu seputar kewirausahaan hingga bukan tak mungkin, setelah lulus bisa jadi pengusaha yang sukses.

Ekonomi

Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas

Ekonomi menjadi salah satu bidang vital bagi pertumbuhan negara Indonesia. Lulusan ekonomi pun cukup banyak diminati seiring dengan pentingnya bidang tersebut. Pekerjaan yang ditawarkan setelah wisuda pun cukup bervariasi. Pilihan prodi yang ada antara lain ilmu ekonomi, akuntansi, ekonomi syariah dan sebagainya.

Hukum

Daftar 5 Jurusan Kuliah Favorit Universitas

Jurusan hukum menjadi jurusan lain yang cukup diminati. Fakultas hukum banyak digemari karena prospek cerah dari para lulusannya yang bisa menjadi pengacara, kuasa hukum, jaksa, konsultan dan lain-lain. Tentu dibutuhkan usaha keras agar bisa diterima di jurusan hukum. Satu aspek lain yang harus dimiliki oleh anak hukum adalah kejujuran.


Jurusan kuliah favorit lain : 
  • Teknik Mesin
  • Ilmu Komunikasi
  • Teknik Sipil
  • Statistika
  • Psikologi


Itulah informasi list 5 jurusan kuliah favorit di berbagai universitas negeri atau swasta di Indonesia update terbaru. Tentunya dalam memilih jurusan dibutuhkan beberapa bahan pertimbangan utama, mulai dari minat bakat, passion, daya tampung jurusan, akreditasi dan sebagainya. Semoga info terbaru tersebut bisa menjadi referensi.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon