Prediksi Final Liga Champions 2013 Bayern vs Dortmund

Dua tim asal Jerman yang juga menjadi rival di kompetisi domestik, Bayern Munich dan Borussia Dortmund akhirnya berhasil lolos ke final Liga Champions. Sebuah sejarah berhasil mereka torehkan karena ini merupakan final antar 2 klub Jerman atau All German Final pertama di Liga Champions. Keduanya berhasil lolos ke final setelah mengalahkan lawan-lawan mereka. Dalam Road to Final Liga Champions, Bayern dan Dortmund sempat mengalahkan lawan-lawan tangguh seperti Barcelona, Madrid atau Juventus.


Formasi, Statistik dan Prediksi Lengkap Final Liga Champions 2013 Bayern vs Dortmund

Mungkin di antara kedua tim Bayern Munich lebih menjadi favorit. Namun tentunya Dortmund tidak boleh dipandang sebelah mata. Lalu siapakah di antara kedua tim yang lebih unggul jika dibandingkan formasi dan materi pemainnya?

Berikut ulasan selengkapnya tentang perbandingan kekuatan, strategi, statistik serta prediksi Bayern vs Dortmund :


Bayern Munchen


Background

Musim ini bisa dibilang musim terbaik Bayern Munchen dalam beberapa tahun terakhir. Musim lalu Bayern gagal membawa satu gelar pun dan hanya menjadi runner up di tiga kompetisi yang diikuti. Musim ini Bayern siap membalas kegagalan itu dengan berpeluang besar meraih treble winners. Setelah memastikan gelar Bundesliga dan hampir pasti juara di DFB Pokal, satu-satunya hambatan Bayern adalah di Liga Champions, karena Dortmund bukanlah lawan yang mudah. 

Namun tentu Bayern termotivasi untuk meraih Liga Champions kali ini. Hal ini dikarenakan Bayern telah 2 kali masuk final dalam 3 tahun terakhir, namun selalu berujung dengan kekalahan. DI tahun 2010 Bayern dikalahkan Inter Milan 0-2 di final. Sedangkan di musim lalu, meski Bayern bermain di kandang sendiri, Bayern harus mengakui keunggulan Chelsea lewat drama adu penalti. Musim ini jadi final ketiga dalam 4 tahun terakhir dan tentunya punggawa Bayern tak mau kalah lagi. Bayern yang kini sudah meraih 4 trofi Liga Champions akan mati-matian untuk meraih gelar Liga Champions kelimanya. Apalagi trofi Liga Champions akan jadi kado perpisahan yang manis bagi pelatih Jupp Heynckes yang memutuskan mundur dari kursi pelatih Bayern dan akan digantikan oleh mantan pemain Barcelona, Pep Guardiola musim depan.

Bayern di Liga Champions :
Posisi Tertinggi : Juara 4x (1972, 1973, 1974, 2001)
Posisi 3 Musim Terakhir :
2012 - Runner Up (vs Chelsea)
2011 - Babak 16 Besar (vs Inter Milan)
2010 - Runner Up (vs Inter Milan)

Formasi dan Pemain

Musim ini Bayern konsisten menggunakan formasi 4-2-3-1. Formasi ini terbilang efektif dengan mengandalkan serangan sayap yang biasa ditempati duet Ribery di kiri dan Robben di kanan. Namun kunci permainan Bayern ada pada dua holding midfield yang biasa ditempati oleh Bastian Schweinsteiger dan Javi Martinez. Keduanya berperan penting sebagai pengatur tempo dan pengalir bola.

Untuk daerah pertahanan, Bayern juga menjadi salah satu yang terbaik di Eropa. Posisi penjaga gawang jelas diserahkan kepada Manuel Neuer. Sedangkan posisi dua bek sayap akan diiisi oleh Philipp Lahm di kanan dan David Alaba di kiri. Dua bek center biasa diisi oleh duet Dante dan Jerome Boateng, dikarenakan cedera yang dialami oleh bek Holger Badstuber. Sementara bek-bek macam Daniel Van Buyten, Rafinha atau Diego Contento akan menjadi pelapis.

Di area tengah, Bastian Schweinsteiger dan Javi Martinez pastinya akan tetap menjadi andalan..Sementara posisi tiga gelandang serang akan diisi oleh Franck Ribery di kiri, Arjen Robben di kanan, dan Thomas Mueller di tengah yang juga bertindak sebagai second striker. Hal ini membuat absennya Toni Kroos karena cedera jadi tak begitu terasa. Sementara untuk pelapis, masih ada pemain sekelas Xherdan Shaqiri, Luiz Gustavo dan Anatholy Tymoschuk di bench.

Posisi ujung tombak sering menjadi dilema bagi Jupp Heynckes. Hingga musim lalu, Mario Gomez masih menjadi andalan utama lini depan Die Roten. Namun cederanya Gomez membuat Heynckes memasang striker baru Mario Mandzukic dan hasilnya pun luar biasa. Mandzukic menjadi andalan di awal musim dan menjadi salah satu kandidat top skor liga. Alhasil setelah Gomez berangsur pulih, Heynckes bingung menentukan stiker utama. Keduanya pun lebih sering dirotasi. Karena itulah, baik Mandzukic maupun Mario Gomez mempunyai peluang yang sama untuk dimainkan sebagai starter. Selain itu, Thomas Mueller juga dipasang sebagai penyerang. Terbukti Mueller sangat tajam musim ini dengan menjadi top skor klub di semua ajang. Bayern juga masih memiliki sosok Claudio Pizarro yang digunakan sebagai super sub.

Statistik Bayern Musim Ini

Bundesliga : Juara
DFB Pokal : Final (vs Stuttgart)
Liga Champions : Final (vs Dortmund)

Kemenangan Terbesar :
9-2 Hamburg SV
6-1 Stuttgart, 6-1 Bremen, 6-1 Lille, 6-1 Wolfsburg, 6-1 Hannover
5-0 Dusseldorf, 5-0 Hannover
4-0 Barcelona, 4-0 Schalke

Kekalahan Terbesar :
1-3 BATE Borisov
0-2 Arsenal

Top Skor : 
Thomas Mueller (21)
Mario Mandzukic (19)
Mario Gomez (16)
Claudio Pizarro (12)
Arjen Robben (11)

Top Skor di Bundesliga :
Mario Mandzukic (15)
Thomas Mueller (12)
Mario Gomez (11)
Franck Ribery (8)
Bastian Schweinsteiger (7)

Top Assist :
Franck Ribery (18)
Philipp Lahm (14)
Bastian Schweinsteiger (12)
Thomas Mueller (11)
Xherdan Shaqiri (9)



Borussia Dortmund


Formasi, Statistik dan Prediksi Lengkap Final Liga Champions 2013 Bayern vs Dortmund

Background

Tidak seperti Bayern, Borussia Dortmund bukan termasuk klub elit Eropa. Posisinya di Liga Champions musim ini hanyalah sebagai tim kuda hitam. Bahkan dalam urutan koefisien UEFA di awal musim, Dortmund hanya menempati urutan ke-31 dari 32 kontestan Liga Champions. Maka dari itu, kelolosan Dortmund ke final kali ini adalah suatu kejutan tersendiri. Meski begitu, Dortmund juga mempunyai sejarah manis di Liga Champions. Dortmund pernah sekali juara pada tahun 1996-1997 setelah mengalahkan Juventus 1-0 di final. 

Kali ini Borussia Dortmund mengincar gelar keduanya setelah sekian lama 'tertidur' di kompetisi Eropa. Gelar Liga Champions nantinya tentu akan menaikkan pamor dan reputasi Dortmund di kalangan raksasa-raksasa Eropa lainnya. Apalagi Dortmund gagal mempertahankan gelar Bundesliga dan DFB Pokal yang diraihnya tahun lalu, setelah kalah bersaing dengan Bayern Munchen. Praktis hanya trofi Liga Champions sajalah yang tersisa untuk bisa diraih ini. Keberhasilan Dortmund juga akan berpengaruh pada beberapa pemain bintangnya yang sudah banyak diincar oleh klub-klub besar Eropa lainnya.


Dortmund di Liga Champions :
Posisi Tertinggi : Juara 1x (1997)
Posisi 3 Musim Terakhir :
2012 - Babak Penyisihan
2011 - Tidak Lolos
2010 - Tidak Lolos

Formasi dan Pemain

Sama seperti Bayern, Dortmund juga gemar memainkan pola 4-2-3-1. Pelatih Juergen Klopp hampir selalu menggunakan formasi ini sepanjang musim. Pola ini mengedepankan tiga attacking midfield yang ada untuk membongkar pertahanan lawan. Sementara posisi target man yang biasa ditempati Robert Lewandowski berfungsi untuk menyelesaikan serangan atau pun membuka ruang bagi pemain tengah yang akan masuk ke kotak penalti lawan.

Barisan pertahanan Dortmund memiliki susunan pemain nyaris sama di berbagai ajang musim ini. Posisi kiper mutlak jadi milik Roman Weidenfeller. Sementara kuartet lini belakang diisi oleh Lukasz Piszscek (bek kanan), Mats Hummels dan Neven Subotic (bek tengah), serta Marcel Schmelzer (bek kiri). Kunci dalam pertahanan berada pada Mats Hummels yang tampil konsisten sepanjang musim. Di bench juga masih ada pemain seperti Felipe Santana dan Patrick Owomoyela yang berfungsi sebagai pelapis.

Lini tengah menjadi sumber utama kekuatan Dortmund. Pelatih Klopp biasa memainkan duo Jerman, Sven Bender dan Ilkay Gundogan sebagai holding midfield tim yang berfungsi untuk menyalurkan bola dan mengatur tempo permainan. Sementara itu untuk posisi tiga attacking midfield, Dortmund punya pemain-pemain dengan mobilitas dan kreativitas yang tinggi, yaitu Marco Reus (sayap kiri), Jakub 'Kuba' Blaszscykowski (sayap kanan), serta Mario Gotze (playmaker tengah). Ketiga pemain ini memiliki peranan penting pada tiap gol yang dicetak oleh Dortmund musim ini, baik lewat gol maupun assist. Selain itu, juga masih ada pemain-pemain seperti Kevin Grosskreutz, Nuri Sahin, atau Sebastian Kehl sebagai pelapis dari gelandang-gelandang utama Dortmund.

Sementara di lini depan, Dortmund musim ini sangat mengandalkan peran penyerang asal Polandia, siapa lagi kalau bukan Robert Lewandowski. Ia hampir selalu jadi starter di tiap pertandingan penting Dortmund musim ini. Tak heran jika Lewandowski menjadi top skor Dortmund dan bahkan top skor di Bundesliga. Biasanya jika Lewandowski absen, maka pelatih Juergen Klopp akan memasang Marco Reus sebagai striker atau menurunkan penyerang cadangan, Julian Schieber.

Statistik Dortmund Musim Ini

Bundesliga : Runner Up
DFB Pokal : Perempat Final (0-1 Bayern)
Liga Champions : Final (vs Bayern)

Kemenangan Terbesar :
6-1 Greuther Furth
5-0 M'Gladbach, 5-0 Hannover
5-1 Bremen, 5-1 Freiburg
4-1 Real Madrid, 4-1 Ajax

Kekalahan Terbesar :
1-4 Hamburg SV
0-2 Real Madrid

Top Skor : 
Robert Lewandowski (33)
Marco Reus (18)
Mario Gotze (16)
Jakub Blaszscykowski (13)
Julian Schieber (5)

Top Skor di Bundesliga :
Robert Lewandowski (22)
Marco Reus (14)
Jakub Blaszscykowski (11)
Mario Gotze (10)
Ilkay Gundogan (4)

Top Assist :
Mario Gotze (19)
Marco Reus (12)
Lukasz Piszscek (10)
Jakub Blaszscykowski (9)
Robert Lewandowski (8)


Prediksi Pertandingan Bayern vs Dortmund

Formasi, Statistik dan Prediksi Lengkap Final Liga Champions 2013 Bayern vs Dortmund

Di atas kertas, Bayern Munchen jelas lebih diunggulkan dibandingkan dengan calon lawannya, Borussia Dortmund. Bayern terkenal dengan serangan sporadisnya yang mengandalkan serangan dari sisi sayap lewat Robben dan Lahm (kanan) serta Ribery dan Alaba (kiri). Kedua full back Dortmund harus bersiaga untuk tidak gampang ikut membantu serangan seperti biasanya karena itu bisa meninggalkan celah kosong di lini sayap. Namun justru inilah yang bisa menjadi peluang Dortmund untuk memenangkan pertandingan. Agresifnya dua bek sayap Bayern, yaitu Lahm dan Alaba dalam membantu serangan harus bisa dimanfaatkan oleh Dortmund untuk melakukan serangan balik. Trio Reus-Gotze-Blaszscykowski harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apa pun untuk membangun serangan dari serangan balik. Umpan-umpan cepat dari lini pertahanan ke pada tiga pemain ini akan menjadi kunci serangan Dortmund. Dan tentunya, Lewandowski masih akan menjadi tumpuan di lini depan untuk mencetak gol.

Meski begitu Bayern tetaplah tim yang kuat. Lini pertahanan mereka tentu juga tidak bisa semudah itu ditembus, mengingat Bayern adalah tim dengan kebobolan tersedikit di Eropa. Lini tengah Bayern yang diisi Schwensteiger dan Javi Martinez bisa bertindak sebagai pemain pertama yang merusak serangan lawan, selain sebagai penyeimbang tim. Ketajaman striker Bayern, baik itu Mandzukic maupun Mario Gomez juga patut diwaspadai oleh duet bek Dortmund. Keduanya memiliki positioning dan finishing yang baik, selain akurasi sundulan yang di atas rata-rata. Maka dari itu, secara overall Bayern masih lebih difavoritkan di laga ini meski Dortmund masih memiliki potensi untuk membuat kejutan.

5 Pertemuan Terakhir :
(Bundesliga) Dortmund 1-1 Bayern
(DFB Pokal) Bayern 1-0 Dortmund
(Bundesliga) Bayern 1-1 Dortmund
(DFB Pokal) Dortmund 5-2 Bayern
(Bundesliga) Dortmund 1-0 Bayern

Prediksi Bayern vs Dortmund : 55%-45%
Prediksi Skor : Bayern 2-1 Dortmund



(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon