Manfaat Tumbuhan Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lidah Buaya merupakan jenis tumbuhan yang sudah tidak asing lagi. Lidah buaya memiliki nama latin Aloe Vera. Awalnya lidah buaya adalah sejenis tanaman liar. Namun kini lidah buaya sering dijadikan sebagai tanaman hias yang dipajang di pot. Selain itu, ternyata tanaman lidah buaya memiliki banyak fungsi dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh serta bagi kecantikan.

Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Lidah Buaya bagi Kesehatan dan Kecantikan

Karena banyaknya manfaat dan khasiat yang dimilikinya, lidah buaya kini menjadi salah satu tumbuhan herbal yang banyak dipelihara dan juga dibudidayakan. Banyak juga produk-produk kesehatan atau kecantikan yang menggunakan sari lidah buaya dalam kandungannya. Kandungan lidah buaya memang sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan.



1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Tanaman lidah buaya memiliki manfaat yang banyak sekali. Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan dalam tubuh. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi pada lambung, usus, serta mampu menegangkan esofagus dan mengatasi refluks asam

2. Mengurangi Kadar Gula bagi Penderita Diabetes

Lidah buaya juga sangat berguna bagi para penderita diabetes. Cukup dengan mengkonsumsi setengah sendok jus lidah buaya yang rutin diminum selama 2 minggu, maka akan dapat menurunkan kadar gula dari penderita diabetes tersebut. Terbukti hal ini bisa menurunkan kadar gula hingga 45%.

3. Menetralisirkan Racun

Lidah buaya bisa berfungsi untuk proses detoksifikasi, yaitu sebagai penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, lidah buaya yang sudah dijadikan jus juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang membantu tubuh dalam mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh serta mampu mengurangi stress.

4. Mengobati Kencing Manis

Penyakit kencing manis dapat diobati dengan tumbuhan lidah buaya. Caranya yaitu siapkan satu batang lidah buaya yang durinya sudah dibuang. Kemudian cuci sampai bersih dan potong. Rebus dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Lalu sehari minum tiga kali setengah gelas sehabis makan.

5. Merawat Kulit

Tumbuhan lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat kulit. Banyak manfaat yang dihasilkan lidah buaya yang berfungsi untuk perawatan kulit. Lidah buaya bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Lidah buaya juga dapat berfungsi untuk meremajakan kulit dan mengurangi peradangan. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Lidah buaya mengandung kandungan anti oksidan yang tinggi. Hal ini menyebabkan lidah buaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Lidah buaya juga bisa berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga stamina.

7. Menghilangkan Ketombe pada Rambut

Salah satu khasiat lidah buaya adalah untuk mengatasi gangguan ketombe di rambut. Lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dengan cara mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala. Tunggu selama 1 jam, lalu bilas dan keramas hingga bersih. Hal ini sudah terbukti sejak zaman dulu. Lidah buaya juga berfungsi untuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan dini pada rambut.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat tumbuhan lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan banyaknya khasiat yang dimiliki oleh lidah buaya, tak heran jika banyak orang yang mulai membudidayakannya. Kini, kita bisa mudah menjumpai tanaman aloe vera alias lidah buaya di lingkungan sekitar kita. Sekian info tips kesehatan.


(zakipedia)

mokhammad zakky

1 komentar so far

bisanya di pake buat rambut, biar sehat rambutnya


EmoticonEmoticon