Final Liga Champions yang Mempertemukan 2 Klub Senegara

Pada awalnya untuk bisa ikut tampil di kompetisi Liga Champions, sebuah klub harus bisa menjadi juara di liga masing-masing. Ya, konsep awal Liga Champions memang hanya memperbolehkan sebuah negara untuk mengikutsertakan satu klubnya saja ke Liga Champions. Namun peraturan ini berubah sejak sekitar tahun 1996, di mana satu negara bisa mengikutsertakan dua hingga empat klubnya sekaligus ke Liga Champions, tergantung pada prestasi dan koefisien negara tersebut di mata UEFA.

Maka tak mengherankan jika ada sebuah Final Liga Champions yang mempertemukan dua klub dari satu negara yang sama. Tercatat dalam sejarah Liga Champions ada beberapa final yang mempertemukan dua klub dari satu negara yang sama. Dan kedua tim yang bertemu di final adalah rival di masing-masing liga domestik.

Berikut daftar pertandingan Final Liga Champions yang mempertemukan dua klub dari satu negara yang sama :


1. All Spanish Final (Real Madrid 3-0 Valencia)
Venue : Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis (2000)

Final Liga Champions pertama yang mempertemukan dua klub dari satu negara yang sama terjadi pada Liga putaran Champions tahun 1999-2000. Saat itu dua klub asal Spanyol, yaitu Real Madrid dan Valencia berhasil melaju ke final setelah mengalahkan lawan-lawannya. Duel dua wakil Spanyol ini terjadi di ranah Prancis, tepatnya di Stadion Parc des Princes. Real Madrid akhirnya berhasil keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 3-0. Gol-gol kemenangan El Real dicetak oleh Fernando Morientes, Steve McManaman, serta gol di penghujung laga dari Raul Gonzalez. Real Madrid yang saat itu dilatih oleh Vicente Del Bosque akhirnya berhasil menjadi juara Liga Champions untuk ke-8 kalinya, sebelum kembali menambah gelarnya menjadi sembilan dua tahun berselang.


2. All Italian Final (AC Milan 3-2 Juventus)
Venue : Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris (2003)

Daftar Final Liga Champions Antara 2 Klub Senegara

Stadion milik Manchester United, Old Trafford menjadi saksi pertemuan dua klub asal Italia yang telah menjadi rival selama bertahun-tahun, yaitu klub AC Milan dan Juventus di Final Liga Champions musim 2002-2003. Sebelumnya, AC Milan berhasil mengalahkan wakil Italia lainnya yang juga rival sekotanya, Inter Milan di Semi Final. Sedangkan Juventus berhasil menyingkirkan wakil Spanyol, Real Madrid. Di partai final, AC Milan akhirnya berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Juventus lewat babak adu penalti dengan skor 3-2. Sebelumnya, kedua tim hanya bisa bermain imbang dengan skor 0-0 di waktu normal ditambah dengan babak perpanjangan waktu. Kiper Milan, Nelson DIda dan penyerang Andriy Shevchenko menjadi pahlawan Milan dalam babak adu penalti. Dida sukses mementahkan 3 penendang Juventus, sedangkan Shevchenko berhasil mencetak gol penalti penentu kemenangan.


3. All England Final (Manchester United 7-6 Chelsea)
Venue : Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia (2008)

Daftar Final Liga Champions Antara 2 Klub Senegara

Inggris akhirnya kebagian 'jatah' untuk mengirimkan dua wakilnya sekaligus ke FInal Liga Champions. Hal ini terjadi pada musim 2007-2008, setelah dua klub yang menjadi rival di liga domestik, Manchester United dan Chelsea berhasil melaju ke final yang digelar di Stadion Luzhniki yang terletak di kota Moskow, Rusia. Pada saat itu, kedua tim hanya bisa bermain imbang 1-1 di waktu normal. Gol Cristiano Ronaldo dari pihak United berbalas oleh gol Frank Lampard untuk Chelsea. Babak adu penalti akhirnya menjadi penentuan. Kegagalan eksekusi Ronaldo sempat membuat Chelsea di atas angin. Namun sayang, peluang Chelsea untuk menjadi juara gagal setelah John Terry membuang-buang peluang juara. Kegagalan eksekusi Nicolas Anelka yang masih ditepis Edwin Van Der Sar akhirnya menetukan gelar Liga Champions ke-3 bagi United.


4. All German Final (Bayern vs Dortmund)
Venue : Stadion New Wembley, London, Inggris (2013)

Tahun 2013 ini menjadi tahun yang bersejarah bagi persepakbolaan Jerman. Bagaimana tidak, dua wakil Jerman yang tersisa di Liga Champions, Bayern Munich dan Borussia Dortmund berhasil melaju ke Final setelah berhasil mengalahkan dua klub asal Spanyol yang disebut-sebut sebagai klub terbaik di dunia saat ini, Barcelona dan Real Madrid. Ya, Bayern sukses mengalahkan Barcelona dengan agregat telak 7-0 setelah sebelumnya juga sukses menaklukkan Juventus dan Arsenal. Sedangkan Dortmund yang tidak diperhitungkan di Liga Champions musim ini berhasil melaju ke final setelah menundukkan Real Madrid di semi final serta beberapa tim kuda hitam seperti Malaga dan Shakhtar Donestk di babak sebelumnya. Pertemuan di final nanti akan seru karena kedua tim merupakan rival abadi di Bundesliga dan pertandingan keduanya sering dijuluki sebagai 'Del Klasikker'. Baik Bayern Muenchen maupun Dortmund akan saling jegal di Final Liga Champions 2013 ini yang akan digelar di Stadion New Wembley, Inggris.


(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan