Cara Mengatasi Kerusakan Komputer Akibat Bunyi Beep

Personal Computer (PC) atau Komputer termasuk salah satu alat yang sensitif. Sedikit saja kekeliruan maka akan berakibat dengan masalah kerusakan.  Untuk mengatasinya, kita harus mendeteksi kerusakan yang ada di komputer kita. Bila komputer tidak mau hidup ketika semua komponen sudah terpasang dengan baik, maka yang perlu diperhatikan adalah pedeteksian awal pada komputer. Biasanya masalah semacam ini ditandai dengan suara yang muncul secara terus menerus yang biasa disebut beep. Berikut kami tampilkan tips trik cara mengatasi kerusakan pada komputer kita yang awalnya diakibatkan oleh munculnya bunyi beep tersebut.

Cara Mengatasi Kerusakan Komputer Akibat Bunyi Beep


- Bila komputer dinyalakan tetapi ada suara beep antara 1 sampai 5 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Chip memory atau Chip DMA pada komputer kurang bagus atau Chip memory addressing yang kurang baik yang terletak pada mainboardnya. Jika ini terjadi salah satu cara untuk mengatasi adalah matikan komputer lalu betulkan posisi SDRAM atau DDRAM. Kemudian nyalakan kembali, bila kondisi tetap demikian kerusakan mungkin terjadi pada DMA. Untuk DMA posisinya telah menyatu atau tersolder dengan mainboardnya maka salah satu cara adalah menggantinya dengan yang lain. 

- Bila suara beep 6 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Jika suara beep pada komputer berbunyi 6 kali maka kemungkinan kerusakan pada keyboard controller di komputer. Keyboard controller tersebut kemungkinan rusak. Cara mengatasinya yaitu dengan menggantinya dengan keyboard yang baru 

- Bila suara beep 7 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Chip CPU tidak berfungsi dengan baik atau kadang-kadang mati. Sayangnya jika ini terjadi maka tidak ada cara untuk memperbaikinya karena hanya bisa diperbaiki oleh pabrik pembuatnya. Satu-satunya cara untuk mengatasinya  adalah dengan menggantinya dengan yang baru,

- Bila suara beep 8 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Posisi peletakan komponen video card kurang baik. Karena itu pastikan posisinya terletak dengan baik dengan cara mencabutnya dan memasangnya kembali dengan tepat, Jika posisinya sudah tepat namun tanda bunyi beep masih tetap berbunyi, maka terpaksa untuk menggantinya dengan yang baru. 

- Bila suara beep 9 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Kemungkinan terjadi kerusakan pada ROM BIOS-nya. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggantikannya dengan ROM BIOS yang baru atau dapat juga diganti dengan keseluruhan dari mainboard-nya. 

- Bila suara beep 10 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Terjadi kegagalan dalam pencatatan CMOS RAM, yaitu system tidak dapat melakukan pencatatan dengan benar, dan system tidak dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut, sehingga komputer akan mati atau shutdown. Langkah selanjutnya adalah mengganti mainboardnya dengan yang baru. 

- Bila suara beep 11 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : 

Kemungkinan terjadi kerusakan pada chache memory, yaitu kegagalan dalam melakukan Tes chace memory. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti chache memory tersebut dengan yang baru.


Itulah beberapa cara mengatasi kompute rusak yang diakibatkan timbulnya bunyi beep secara terus menerus. Semua antisipasi masalah kerusakan akibat suara beep di atas hanya berfungsi dan diaplikasikan pada komputer dengan mainboard yang dirancang dan dibuat oleh perusahaan American Megatrends Inc. Oleh karena itu untuk komputer dengan mainboard jenis yang lainnya, biasanya memiliki kode bunyi yang berbeda-beda sehingga memiliki cara penanganan yang berbeda-beda pula. Sekian info komputer kali ini.


(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan