11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Liga Champions adalah kompetisi antar klub paling bergengsi di Eropa. Kompetisi ini mempertemukan klub-klub terbaik dari seluruh Eropa. Tak heran jika banyak pemain ingin tampil di Liga Champions dan memenangi trofi ini. Karena gengsinya yang besar, banyak pemain merasa gugup dan nervous dalam musim pertamanya bermain di Liga Champions sehingga penampilan terbaiknya tidak bisa sepenuhnya keluar. 

Namun juga ada beberapa pemain debutan yang langsung mencuri perhatian di musim pertamanya di Liga Champions. Salah satunya adalah Isco yang berhasil membawa Malaga hingga babak perempat final Liga Champions. Selain itu juga ada pemain-pemain debutan lain yang menampilkan penampilan bagus di Liga Champions musim ini.

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Berikut 11 pemain debutan terbaik Liga Champions 2012-2013 di tiap-tiap posisinya dengan melihat kontribusi pemain tersebut bagi timnya :


Goalkeeper

1. Willy Caballero (Malaga)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Malaga menjadi salah satu kuda hitam di Liga Champions musim ini dan salah satu kunci kesuksesannya adalah adanya Willy Caballero di bawah mistar gawang Malaga. Caballero mampu menunjukkan penampilan cemerlang dengan hanya kebobolan 5 gol sebelum laga perempat final. Penampilan terbaik Caballero ditunjukkan pada laga perempat final leg pertama melawan Borussia Dortmund di mana ia terpilih sebagai man of the match setelah melakukan 6 kali penyelamatan gemilang.

Cadangan :
Salvatore Sirigu (PSG)
Frasas Forster (Glasgow Celtic)


Defender

2. Stephan Lichtsteiner (Juventus)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Setelah gagal menembus Liga Champions di dua klub terdahulunya, Lille dan Lazio, kini Stephan Lichtsteiner akhirnya merasakan atmosfer Liga Champions bersama Juventus. Musim pertamanya di kompetisi berjalan dengan baik. Ia membantu Juventus melangkah hingga perempat final. Sebagai wing back kanan, akselerasinya dari sisi sayap kerap merepotkan barisan pertahanan lawan.

3. Dante (Bayern Munich)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Dante merupakan rekrutan anyar Bayern Munich dari klub Moenchengladbach. Ia kerap menjadi starter di tim inti setelah bek-bek andalan seperti Badstuber atau Jerome Boateng sering dilanda cedera. Dante pun membuktikannya dengan penampilan apiknya di lini pertahanan The Bavatians. Pemain berambut gondrong ini menjadi tembok kokoh untuk melapis gawang Bayern yang dijaga Manuel Neuer dan membantu Bayern untuk lolos hingga ke babak Final.

4. Leonardo Bonucci (Juventus)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Salah satu bek dengan penampilan paling konsisten di Liga Champions musim ini. Bersama Buffon dan Pirlo, Leonardo Bonucci menjadi salah satu pemain yang merasakan tiap menit bermain di Liga Champions tanpa digantikan sekalipun. Bonucci membuktikannya dengan tampil bagus dan disiplin menjaga daerah pertahanan Juventus meski musim ini merupakan musim pertamanya di Liga Champions.

Cadangan :
Christopher Jallet (PSG)
Weligton Silva (Malaga)
Kwadwo Asamoah (Juventus)
Emanuel Izaguirre (Celtic)


Midfielder

5. Blaise Matuidi (PSG)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Mengejutkan melihat penampilan Blaise Matuidi musim ini bersama PSG. Ia menjelma sebagai gelandang jangkar terbaik di Prancis. Penampilan apiknya membuat satu tempat di timnas Prancis menjadi miliknya. Di Liga Champions, Matuidi juga menunjukkan permainan yang bagus meski baru musim pertamanya. Ia mencetak 2 gol saat melawan Dinamo Kyiv dan Barcelona. Untuk yang terakhir, Matuidi menjadi pahlawan yang menghindarkan PSG dari kekalahan atas Barcelona berkat golnya di injury time, meski akhirnya gagal membawa PSG lolos dari perempat final.

6. Arturo Vidal (Juventus)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Pemain debutan asal Juventus lainnya. Arturo Vidal akhirnya merasakan tampil di Liga Champions musim ini setelah gagal mewujudkannya di Bayer Leverkusen. Dan penampilannya menjadikannya salah satu gelandang terbaik di Liga Champions musim ini. Torehan 3 gol dan 1 assist plus determinasi tinggi bagi Juventus di tiap laganya sepanjang turnamen menjadi bukti penampilan apiknya.

7. Oscar (Chelsea)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Sebuah ironi melihat Chelsea yang merupakan juara bertahan Liga Champions langsung gugur di fase grup. Namun satu nama yang patut dikedepankan dari Chelsea adalah Oscar. Di pertandingan pertamanya di Liga Champions, Oscar mencuri perhatian dunia berkat 2 gol fantastis dari luar kotak penalti dalam tempo 3 menit ke gawang salah satu kiper terbaik dunia, Buffon. Setelah itu Oscar terus mencetak gol bagi Chelsea. Total 5 gol dari hanya 6 pertandingan menjadikannya top skor klub di Eropa. Sayang, terhentinya Chelsea di fase grup juga sekaligus menghentikan langkah Oscar untuk mencetak lebih banyak gol.

8. Isco (Malaga)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Layak mendapat label pemain debutan terbaik Liga Champions musim ini dan menjadi salah satu kandidat pemain terbaik Liga Champions musim ini. Fransisco Roman Alcorcon Fernandez atau biasa disebut Isco telah membuktikan kapasitasnya di Liga Champions dengan torehan 3 gol dan 4 assistnya plus membawa Malaga yang sama sekali tidak diperhitungkan hingga babak perempat final. Meski masih muda, namun Isco mampu menunjukkan permainan yang berkelas dengan kualitas tingkat tinggi.

Cadangan :
Vitor Wanyama (Celtic)
Marco Verratti (PSG)
Selcuk Inan (Galatasaray)
Eliseu (Malaga)


Forward

9. Burak Yilmaz (Galatasaray)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Dengan torehan 8 gol, Burak Yilmaz menjadi salah satu kandidat top skorer sebelum langkah Galatasaray terhenti di perempat final oleh Real Madrid. Yilmaz memang menjadi kunci sentral bagi Galatasaray karena torehan 8 golnya mencapai 80% dari keseluruhan jumlah gol bagi Galatasaray sendiri. Yilmaz juga menorehkan sejarah sebagai pemain Turki pertama yang mencetak hatrick dan mencetak lebih dari 5 gol dalam satu musim kompetisi Liga Champions.

10. Marco Reus (Dortmund)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Musim lalu Marco Reus masih memperkuat Moenchengladbach. Namun musim ini, Reus telah bergabung bersama Dortmund dan membawa Die Borussian melaju hingga babak Final di Liga Champions. Bersama Mario Gotze, Reus menjadi kunci Dortmund dalam membangun tiap serangan. Penampilan apik Reus dan Dortmund mampu menaklukkan tim sehebat Real Madrid atau Manchester City sekalipun.

11. Fabio Quagliarella (Juventus)

11 Pemain Debutan Terbaik di Liga Champions 2012-2013

Menarik jika melihat Fabio Quagliarella yang malang melintang bersama Udinese, Napoli hingga Juventus baru merasakan Liga Champions pada musim ini. Namun Quagliarella tak perlu gugup di Liga Champions pertamanya. Diawali gol cantik ke gawang Chelsea, total Quagliarella telah membukukan 4 gol dan 1 assist dan turut membawa Juventus melangkah hingga perempat final.

Cadangan :
Olivier Giroud (Arsenal)
Mario Mandzukic (Bayern Munich)
Alessandro Matri (Juventus)
Javier Pastore (PSG)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3 maka akan terlihat seperti ini :


Caballero


Lichtsteiner - Dante - Bonucci

Oscar - Vidal - Matuidi - Isco

Quagliarella - Yilmaz - Reus


Itulah 11 pemain debutan terbaik di Liga Champions musim 2012-2013. Pemain-pemain debutan tersebut mampu menampilkan penampilan memukau dalam musim pertamanya di Liga Champions yang merupakan kompetisi paling bergengsi di Eropa. Sekian berita sepakbola Eropa.

Punya pendapat lain? Silahkan tulis di komentar ...




(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan