Inilah Contoh Kasus Pelanggaran HAM Internasional Terbesar

Hak Asasi Manusia atau HAM, merupakan hak yang bersifat asasi. Artinya hak asasi manusia merupakan hak-hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya yang tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya. Jadi, hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki manusia sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan. Tiap manusia berhak memiliki HAM dan harus dihormati oleh orang orang lain.

Namun dalam sejarah peradaban manusia telah banyak peristiwa dan penindasan terhadap manusia, baik yang terjadi di wilayah publik maupun pada wilayah domestik, yang di dalamnya terjadi tindakan pelanggaran HAM. Sebagai contoh, Indonesia yang pernah dijajah oleh bangsa Belanda dan Jepang. Pelanggaran HAM lumrah terjadi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Oleh karena itu, muncullah bentuk-bentuk perlawanan untuk melindungi HAM dengan melakukan perlawanan terhadap para penguasa dan diktator yang menindas.

(baca juga contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia)

Inilah Kasus-Kasus Pelanggaran HAM Internasional Terbesar

Pada dasarnya, selain penjajahan, kasus-kasus terjadinya pelanggaran HAM sangat marak terjadi dan telah berlangsung sejak lama. Akan tetapi, perhatian dunia internasional yang diwakili oleh PBB tampak baru meningkat setelah meletusnya Perang Dunia ke II yang telah menewaskan banyak umat manusia. Berikut beberapa contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia terbesar dan terberat yang paling parah di dunia dari tahun ke tahun.



1. Tahun 1924 di Italia 

Benito Mussolini dikenal sebagai seorang diktator yang kejam di Italia. Ia telah mendirikan sekaligus memimpin faham fasisme di Italia. Mussolini memerintah pada tahun 1924-1943 dengan sangat otoriter. Lawan-lawan politik yang tidak segaris dan setuju dengan pemikirannya langsung ditangkap dan dibunuh. Mussolini juga menduduki negara asing, seperti Etiophia dan Albania. Ia juga salah seorang pencetus Perang Dunia II dan berkoalisi dengan Adolf Hitler dari Jerman untuk melawan sekutu.


2. Tahun 1933 di Jerman 

Inilah Kasus-Kasus Pelanggaran HAM Internasional Terparah

Bicara tentang pelanggaran HAM di Jerman, maka tak akan bisa lepas dari sosok bernama Adolf Hitler. Hitler yang merupakan pimpinan Nazi berhasil memenangkan pemilu melalui Partai Buruh Jerman Sosialis memimpin Jerman dengan sangat otoriter. Banyak kejahatan kemanusiaan pada waktu itu yang ia lakukan. Misalnya dengan penangkapan secara massal terhadap lawan-lawan politik yang menentangnya dan pembasmian terhadap orang-orang yahudi. Hitler juga memimpin Jerman untuk menduduki negara Cekoslovakia dan Austria.  Ia juga menjadi pemicu utama tejadinya Perang Dunia II.


3. Tahun 1960 di Republik Afrika Selatan 

Ketika rezim apartheid yang didominasi oleh orang-orang kulit putih berhasil menguasai pemerintahan yang ada di Afrika Selatan, mereka melakukan kebijakan yang merugikan warga kulit hitam. Hal ini terjadi pada tahun 1960. Orang-orang kulit putih yang menguasai Afrika Selatan melakukan tindakan yang semena-mena terhadap warga kulit hitam. Diantara peristiwa yang memakan korban adalah terbunuhnya 77 orang dari kalangan sipil pada peristiwa Sharpeville. Demikian juga pada tahun 1976 terjadi peristiwa berdarah yang menewaskan banyak warga sipil, terutama murid-murid sekolah. 


4. Tahun 1979 di Uni Soviet 

Negara Uni Soviet yang sekarang telah pecah menjadi negara Rusia, telah melakukan penyerangan yang berkepanjangan di negara Afganistan yang telah berlangsung sejak tahun 1979 hingga 1990-an. Sejumlah pasukan perang sebanyak 85 ribu tentara didatangkan langsung dari Uni Soviet untuk bertempur di Afganistan. Hal ini membuat banyak korban jiwa yang berjatuhan di Afganistan, baik korban militer maupun warga sipil. 


5. Tahun 1992-1995 di Serbia dan Bosnia

Pada periode tahun 1992-1995 terjadi perang sipil di negara Bosnia-Herzegovina yang dipimpin oleh Radofan Karadzic. Dalam perang di Bosnia tersebut, terjadi pembunuhan massal yang dilakukan terhadap terhadap 8000 warga muslim Bosnia di Srebenica. Srebenica adalah daerah kantong bagi penduduk-penduduk Muslim yang tinggal di Bosnia. Dalam perang tersebut Radofan Karadzic bertekad untuk melakukan pembersihan etnis kepada warga non Serbia. 


Itulah daftar contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di dunia. Contoh kasus kasus pelanggaran HAM tersebut merupakan beberapa kasus terbesar dan terparah sepanjang sejarah. Tentunya sebagai manusia kita harus bisa melakukan upaya penegakan HAM di Indonesia dan dunia.


(zakipedia)

Mokhammad Zakky

4 komentar

sadis bgt kasus pelanggaran ham nya ...

Kunjungi www.blog-bysomeone.blogspot.com ya gann...


EmoticonEmoticon