Cara dan Tips Memilih dan Membeli Laptop

Di zaman modern ini, Laptop sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari. Ada banyak merk laptop, seperti Toshiba, Acer, Asus, Lenovo, Dell dan lain-lain. Awalnya mungkin hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkan laptop untuk keperluan tugas kantor. Namun kini banyak kalangan yang juga memerlukan laptop, termasuk pelajar sekolah. Pelajar sering menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Kelebihannya, tentu saja laptop yang bisa dibawa ke mana saja. 

Namun untuk memilih dan membeli laptop banyak pertimbangan yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Beberapa yang harus diperhatikan adalah spesifikas, fitur, harga dan kondisi. Ada baiknya untuk menyimak hal-hal di bawah ini sebelum membeli laptop. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop agar pilihan kita bisa tepat dan tidak ada penyesalan.


1. Spesifikasi dan Fitur

Sebelum membeli laptop, ada baiknya untuk memperhatikan spesfikasi atau fitur-fitur yang ada pada laptop yang akan kita beli. Hal ini tentu untuk menunjang keperluan kita sehari-hari dengan laptop tersebut.

2. Harga

Harga juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop. Upayakan untuk membeli laptop dengan harga yang cukup terjangkau. Namun meskipun begitu, kita juga harus memperhatikan spesifikasi dan kualitas laptop tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran yang ada.

3. Tampilan dan Display

Tampilan outlook adalah hal pertama yang kita lihat saat akan membeli laptop. Pilihlah resolusi layar LCD yang sesuai dengan keinginan. Umumnya resolusi LCD berukuran 1366 x 768 pixel. Namun jika memang dirasa masih kurang, ada juga laptop yang memiliki resolusi yang lebih besar yang bisa mensupport banyak kelebihan lain.

4. Koneksi ke Internet

Koneksi ke internet menjadi hal penting lain yang dipertimbangkan saat akan membeli laptop. Usahakan untuk memilih laptop yang memiliki port internet serta mensupport fitur Wi-Fi. Hal ini tentu saja untuk menunjang konektivitas laptop kita dengan jaringan internet. Internet memang sangat dibutuhkan karena banyak tugas-tugas yang tidak bisa kita selesaikan kecuali dengan browsing di internet.

5. Daya Tahan Baterai

Sebelum membeli laptop, ada baiknya kita memperhatikan daya tahan baterai laptop yang akan kita beli. Tiap-tiap merk dan tipe memiliki daya tahan baterai yang berbeda. Pilihlah laptop dengan daya tahan baterai yang cukup lama yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan kita.

6. Hard Disk

Hard Disk berfungsi untuk menyimpan data-data yang ada di laptop. Kapasitas hard disk ada yang besar namun juga ada yang kecil. Usahakan untuk memilih laptop dengan kapasitas hard disk yang besar yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file-file musik, dokumen atau video-video kita. Jika memang kapasitas hard disk masih kurang, kita bisa menambahnya dengan menggunakan hard disk eksternal.

7. Garansi

Sebelum membeli laptop, perhatikan juga lisensi jaringan resmi laptop tersebut. Pastikan bahwa laptop anda bergaransi. Hal ini sangat penting karena kebanyakan pemilik laptop awal akan banyak melakukan kecerobohan meski sudah berhati-hati. Laptop bisa saja terjatuh dan rusak. Hal-hal yang tidak kita inginkan seperti itu dapat diatasi dengan garansi dari jaringan resmi laptop.


Itulah beberapa cara dan tips membeli laptop. Poin-poin di atas sangatlah penting dan harus diperhatikan sebelum membeli laptop yang baru, karena jika kita salah dalam memilih laptop, maka kita tidak bisa maksimal dalam melakukan kegiatan kita yang mengharuskan kita untuk menggunakan laptop. Sekian info tips dan trik terbaru.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon