Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Liga Inggris bisa dibilang sebagai salah satu liga terbaik dan terpopuler di dunia saat ini. Banyak terlahir pertandingan yang menghasilkan gol-gol berkelas di sini. Tak jarang gelandang atau bek mampu mencetak gol ke gawang lain, meski kebanyakan gol memang dicetak oleh penyerang. Penyerang-penyerang di liga Inggris berasal dari berbagai penjuru dunia. Alan Shearer, Michael Owen, atau Wayne Rooney adalah contoh penyerang asli Inggris, sedangkan beberapa penyerang dari luar Inggris antara lain seperti Thierry Henry, Ruud Van Nistelrooy, atau Dennis Bergkamp

(baca juga daftar juara Liga Inggris)

Namun, sebenarnya siapakah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Inggris? Beberapa pemain mampu mencetak gol di atas 100 selama bermain di Liga Inggris. Berikut akan kami tampilkan top skorer Liga Inggris sepanjang masa sejak Liga Inggris mulai menggunakan format Premier League pada tahun 1992 : 


1. Alan Shearer (Inggris - 260 gol)

Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Legenda Newcastle United, Alan Shearer berada di posisi teratas top skorer Liga Inggris sepanjang masa. Eks penyerang internasional Inggris ini telah mencetak total sebanyak 260 gol bersama dua klub yang dibelanya, Blackburn Rovers dan Newcastle United. Ia juga membantu Blackburn meraih trofi Liga Inggris pada tahun 1995. Sampai saat ini, belum ada satu pun pemain yang mendekati torehan golnya di Liga Inggris.

2. Wayne Rooney (Inggris - 195 gol)

Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Wayne Rooney saat ini masih aktif sebagai pemain di Manchester United. Rooney telah mencetak hampir 200 gol di Liga Inggris bersama Manchester United dan klub pertamanya, Everton. Hal ini tentu menjadi modal yang kuat bagi Rooney. Meski sulit, namun Rooney masih berpeluang untuk menggeser posisi Shearer di posisi puncak top skorer Liga Inggris sepanjang masa. 

3. Andy Cole (Inggris - 187 gol)

 
Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Penyerang Inggris yang satu ini mengalami masa keemasan di Manchester United dan menjadi bagian penting saat The Red Devils meraih treble winners pada 1999. Andy Cole total telah mencetak sebanyak 187 gol di Liga Inggris dan sukses bersama dua klub, yaitu Newcastle dan Manchester United. 

4. Frank Lampard (Inggris - 177 gol)

Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Menarik melihat Frank Lampard berada di posisi 5 besar dalam daftar top skor sepanjang masa Liga Inggris. Itu dikarenakan posisinya ini yang merupakan gelandang. Lampard memang terkenal sebagai gelandang yang subur. Ia konsisten mencetak 2 digit gol setiap musimnya dan kerap menjadi top skorer tim. Lampard masih berpotensi menambah jumlah golnya karena ia masih aktif bermain bersama Chelsea meski usianya sudah menginjak kepala tiga. Ia bahkan telah memecahkan rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub Chelsea yang dipegang oleh Bobby Tambling.

5. Thierry Henry (Prancis - 175 gol) 



Thierry Henry merupakan legenda Arsenal yang kini masih aktif bermain bersama New York Red Bulls di Liga Amerika. Total Henry telah mencetak sebanyak 174 gol bersama The Gunners. Ia merupakan pemain asing dengan koleksi gol terbanyak di Liga Inggris. Tak heran jika Henry yang asal Prancis pun digadang-gadang sebagai penyerang asing terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris. 

6. Robbie Fowler (Inggris - 163 gol)


Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Robbie Fowler telah mampu mencetak 163 gol sepanjang karirnya di Liga Inggris. Hal ini ia lakukan bersama Leeds, Manchester City, dan juga dalam dua periode bersama Liverpool yang menjadi klub tersukses yang pernah ia perkuat. Fowler memang dikenal sebagai penyerang yang sangat subur di klub manapun ia berada.

7. Jermaine Defoe (Inggris - 157 gol)


Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Jermaine Defoe merupakan pesepakbola yang malang melintang di beberapa klub Liga Primer Inggris dalam kurun waktu beberapa tahun. Defoe termasuk penyerang subur. Tercatat ia pernah membela West Ham, Tottenham, Portsmouth dan Sunderland dengan total gol lebihd ari 150 gol.

8.  Michael Owen (Inggris - 150 gol) 


Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Mantan anak emas Liverpool, Michael Owen total telah mencetak 150 gol dalam karirnya. Selain Liverpool, Owen juga pernah memperkuat Newcastle, Manchester United dan kini bermain di Stoke City di Liga Inggris. Owen sendiri mulai mencuri perhatian dunia berkat gol spektakulernya di Piala Dunia 1998 saat Inggris melawan Argentina. Ia juga pernah meraih penghargaan prestisius yaitu Ballon d'Or pada tahun 2001 lalu. Owen memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2012-2013 lalu.

9. Les Ferdinand (Inggris - 149 gol)


Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Penyerang kelahiran asli Inggris yang satu ini selalu mampu menampilkan performa impresif selama karirnya dengan 149 gol liga Inggris meski ia terkenal sering gonta-ganti klub. Les Ferdinand mencetak gol-gol sebanyak itu dengan memperkuat enam klub berbeda, yaitu Tottenham Hotspur, Bolton Wanderers, Leicester City, West Ham United, Newcastle United, dan QPR. 

10. Teddy Sheringham (Inggris - 146 gol) 
 
Top Skorer Liga Inggris Sepanjang Masa

Teddy Sheringham adalah penyerang asal Inggris yang mampu mencetak 146 gol sepanjang karirnya di Liga Inggris. Gol Teddy Sheringham kebanyakan ia lakukan saat bersama Manchester United. Ia juga berjasa membantu Manchester United meraih treble winners pada tahun 1999 lalu setelah mencetak salah satu gol kemenangan MU pada injury time di Final Liga Champions 1999.


11. Robin van Persie (Belanda - 144 gol)

12. Jimmy Floyd Hasselbaink (Belanda - 127 gol) 

13. Robbie Keane (Republik Irlandia - 126 gol) 

14. Nicolas Anelka (Prancis - 125 gol) 

15. Dwight Yorke (Trinidad & Tobago - 123 gol) 

16. Steven Gerrard (Inggris - 120 gol)

17. Sergio Aguero (Argentina - 113 gol)

18. Ian Wright (Inggris - 113 gol)

19. Dion Dublin (Inggris - 111 gol)

20. Emile Heskey (Inggris - 111 gol)

21. Ryan Giggs (Wales - 109 gol) 

22. Paul Scholes (Inggris - 107 gol) 

23. Darrent Bent (Inggris - 106 gol)

24. Didier Drogba (Pantai Gading - 104 gol) 

25. Peter Crouch (Inggris - 100 gol)

26. Matt Le Tisier (Inggris - 100 gol) 


Itulah info list top skor Liga Inggris sepanjang masa. Daftar di atas diupdate di tahun 2017. Para penyerang terbaik EPL dari tahun ke tahun masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak tersebut, mulai dari Shearer, Rooney, Henry, Owen atau van Persie. Beberapa gelandang seperti Lampard, Gerrard, Giggs dan Scholes juga mencetak lebih dari 100 gol di Liga Inggris. 


(zakipedia)

2 komentar:

  1. Liverpudlian2 Juli 2013 22.21

    tidak benar, pencetak gol terbanyak liga inggris sepanjang masa bukan alan shearer,ian rush pemain legenda liverpool lebih banyak mencetak gol sebanyak 300 lebihgol di liverpool.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks masukannya,
      tapi data di atas hanya diambil di era premier league mulai tahun 1992, sedangkan gol-gol ian rush tercipta di tahun-tahun sebelumnya ...

      Hapus

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan