Tips Pola Makan yang Sehat dan Alami

Makan dan minum adalah kegiatan yang tidak bisa dihindari oleh tiap manusia. Tiap hari kita membutuhkan makan dan minum untuk mengisi tenaga dan kebutuhan dalam tubuh. Makan dan minum juga berfungsi untuk mengatasi rasa lapar perut. Seiring dengan perkembangannya, orang juga melakukan aktivitas makan untuk memuaskan cita rasa dengan membuat makanan-makanan yang enak dari berbagai macam bahan dan terkadang dibuat dengan cepat (fast food). 

Namun tentunya kita tidak boleh asal sembarangan makan. Pola makan yang salah tentu malah akan dapat menimbulkan timbulnya penyakit. Kita pun harus menjaga pola makan kita agar selalu sehat dan alami. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara rutin dan berkala. Ada beberapa tips untuk mengatur pola makan yang sehat. Inilah beberapa tips pola makan yang sehat.

    Tips Pola Makan yang Sehat

    Tips Pola Makan Sehat

    • Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayur-sayuran karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang berkhasiat bagi tubuh.
    • Jangan terlalu banyak memakan makanan berlemak tinggi, seperti margarine, mentega, dan santan. Ada baiknya dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. 
    • Pilih daging yang tak berlemak, makanan kuah bening, susu kedelai, susu rendah lemak, putih telur, yogurt, atau ikan sebagai sumber protein yang bagus. Sebisa mungkin jangan makan jeroan, otak, kulit ayam, kuning telur, atau makanan kuah santan kental.
    • Pilihlah makanan/minuman yang berwarna putih alami dan bukan dibleach. Usahakan memakai pewarna dari bahan makanan, seperti coklat dari bubuk coklat, kuning dari kunyit, dan hijau dari daun suji. Jangan gunakan bahan kimia apapun sebagai pewarna makanan.
    • Jangan terlalu banyak menambahkan saus, kecap, garam, atau bumbu-bumbu penyedap lain secara berlebihan. Tambahkan secukupnya saja.
    • Olahlah makanan dengan metode yang baik, seperti dimasak, dikukus, ditumis, atau direbus, karena teknik pengolahan makanan dapat mempengaruhi mutu makanan itu sendiri.
    • Jangan gunakan bahan pengawet dalam jangka waktu yang panjang, karena dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.
    • Perbanyaklah meminum air putih (air mineral) kurang lebih 8 gelas sehari. Jangan meminum minuman yang beralkohol, bersoda, atau minuman dengan kadar gula dan kafein yang tinggi.
    • Perbanyak meminum jus sayuran dan jus buah, karena itu baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

    Itulah beberapa info unik terbaru mengenai tips pola makan yang sehat dan alami versi Zakipedia. Tentu kita harus mengatur pola makan kita agar tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sekian info tips trik terbaru kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.
    (zakipedia)

    mokhammad zakky


    EmoticonEmoticon