Tips dan Cara Perawatan Komputer yang Baik dan Benar

Komputer adalah barang elektronik yang harus dirawat secara intensif. Perawatan komputer sangat diperlukan agar performa komputer terus berada dalam keadaan prima. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja PC (personal computer) itu sendiri. Jika tidak dirawat secara berkala, tentunya komputer bisa menjadi rusak dan akibatnya produktivitas kita sebagai user menjadi terganggu.

Perawatan tidak hanya dilakukan pada fisiknya saja, yaitu hardware, tetapi tentu juga softwarenya. Beberapa orang mungkin tidak tahu bagaimana cara untuk merawat software komputer karena untuk merawatnya ada beberapa tips, trik dan cara khusus yang berbeda dibandingkan dengan cara perawatannya dengan alat alat elektronik yang lainnya. Berikut ini akan kami tampilkan beberapa tips perawatan komputer hardware & software agar lebih awet saat dipakai.

Tips dan Cara Perawatan Komputer



Pakai Hardware Komputer yang Sesuai
Jika mainboard yang hanya mendukung memory 1GB dan Anda memaksakan memory 2 GB maka komputer Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Semua hardware mempunyai persyaratan kesesuaiannya dengan perangkat lain dan ini ada pada keterangan produk. Gunakanlah semua hardware yang sepadan kemampuan kerjanya. Memory standar sebuah komputer adalah 1GB.

Gunakan Format Harddisk NTFS
Karena New Technology File System (NTFS) jauh lebih baik dari pada format FAT. NTFS jauh lebih aman, tahan banting dan lebih cepat dari format FAT. NTFS dirancang khusus untuk harddisk kapasitas besar.


Setting IDE untuk Harddisk
Memang sekarang penggunaan jalur IDE sudah tidak lagi mendominasi karena sudah ada sambungan sata untuk menghubungkan harddisk dengan mainboard. Tetapi penggunaan bus IDE untuk trasfer data masih cukup populer. Hukumnya adalah penggunaan slot IDE untuk satu harddisk transfer datanya jauh lebih cepat dari pada dengan 2 harddisk. Usahakan satu slot IDE satu harddisk jika masih memungkinkan. Karena pada umumnya mainboard hanya terdiri dari 2 slot IDE maka setinggnya adalah ; slot pertama untuk harddisk utama (system dan data). Gunakan harddisk kapasitas besar mis 250 GB keatas sehingga satu saja cukup. Slot kedua adalah untuk CD/DVD Rom (primary) digandeng dengan DVD RW (Slave) jika Anda membutuhkannya.

Pisahkan Partisi Harddisk untuk Sistem dan Data
Drive C: yang biasanya digunakan untuk sistem operasi adalah sangat rentan terhadap virus dan segala penyakit komputer yang lain. Jika Anda menyimpan data pada drive ini maka jika virus masuk maka data Anda akan terkontaminasi virus. Buatlah minimal dua partisi pada harddisk. Partisi pertama [ C: ] khusus untuk sistem operasi dan pertisi kedua [ D : ] khusus untuk menyimpan data atau sebaliknya.

Update Driver Windows
Pengguna Windows harus selalu mengupdate driver windows. Setiap waktu bisa saja ada perkembangan kemajuan. Dalam beberapa kasus komputer menjadi lebih cepat setelah update driver.

Unistall Program Yang Tidak Diperlukan
Semakin banyak program yang diinstall maka tempat yang digunakan juga semakin banyak dan semakin besar kemungkinan conflict antar program. Akibat paling pertama tersasa adalah komputer jadi lambat. Uninstall yang program yang tidak digunakan melalu control panel atau langsung pada pilihan uninstall program bersangkutan.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon