Prediksi Final Liga Champions 2015 : Juventus vs Barcelona

Liga Champions musim 2014-2015 akan segera memasuki babak akhir. Laga final akan mempertemukan 2 tim terbaik, yaitu Barcelona (Spanyol) melawan Juventus (Italia). Keduanya akan bertemu di babak final yang akan digelar pada tanggal 6 Juni di Olympiastadion di kota Berlin, Jerman. Barcelona dan Juventus sama-sama berpeluang meraih treble winners musim ini. Oleh karena itu laga final Liga Champions kali ini akan menarik untuk disimak. Berikut akan kami tampilkan ulasan preview, susunan formasi, taktik dan prediksi skor laga final Champions League nantinya.

Prediksi Final Liga Champions 2015 : Juventus vs Barcelona


Road to Final

Juventus

Juventus berstatus sebagai tim kuda hitam di Liga Champions. Jika dibandingkan dengan Barcelona, Real Madrid atau Bayern Munchen, tim Juventus memang tidak diunggulkan menjadi juara. Di babak grup, La Vecchia Signora sempat mengalami kesulitan setelah hanya meraih 3 poin dari 3 laga awal. Juventus akhirnya lolos sebagai runner up grup di bawah Atletico Madrid. Mereka berhasil unggul satu poin atas Olympiakos di posisi tiga.

Lolos sebagai runner up, Juve bertemu dengan Borussia Dortmund di babak 16 besar. Juventus lolos dengan agregat 5-1 setelah berhasil menang di 2 leg berkat gol-gol dari Carlos Tevez dan Alvaro Morata. Babak perempat final Juventus bertemu dengan AS Monaco, yang dianggap sebagai lawan terlemah. Juve lolos dengan agregat tipis 1-0, lewat gol penalti Arturo Vidal. Di babak semi final, ujian sesungguhnya dihadapi Juventus saat berhadapan dengan juara bertahan, Real Madrid. Juve sukses lolos ke final dengan agregat 3-2, dimana 2 gol di antaranya dicetak Morata yang merupakan eks pemain Real Madrid. Juventus pun melenggang mulus ke final.

Babak penyisihan
1 : Juventus 2-0 Malmo (Tevez 2x)
2 : Atletico 1-0 Juventus (Miranda)
3 : Olympiakos 1-0 Juventus (Kasami)
4 : Juventus 3-2 Olympiakos (Pirlo, Roberto-og, Pogba - Botia, Ndinga)
5 : Malmo 0-2 Juventus (Llorente, Tevez)
6 : Juventus 0-0 Atletico

Klasemen Grup A
1. Atletico Madrid (Spanyol) - 13
2. Juventus (Italia) - 10 
3. Olympiakos (Yunani) - 9
4. Malmo (Swedia) - 3

Babak 16 besar
1 : Juventus 2-1 Dortmund (Tevez, Morata - Reus)
2 : Dortmund 0-3 Juventus (Tevez 2x, Morata)

Perempat final
1 : Juventus 1-0 AS Monaco (Vidal-p)
2 : AS Monaco 0-0 Juventus

Semi final
1 : Juventus 2-1 Real Madrid (Morata, Tevez-p - Ronaldo)
2 : Real Madrid 1-1 Juventus (Ronaldo-p - Morata)


Barcelona

Barcelona mengawali kampanye di Liga Champions dengan kurang meyakinkan setelah hanya menang tipis 1-0 melawan APOEL dan kalah melawan PSG di matchday 2. Namun setelah itu Barcelona mulai menemukan form terbaik dengan meraih 9 kemenangan beruntun hingga babak semi final. Barca lolos sebagai juara grup mengungguli PSG dengan total 15 poin, hasil 5 kali menang dan sekali kalah.

Di babak 16 besar, Barcelona bertemu Manchester City, yang pernah mereka kalahkan di edisi sebelumnya. Barcelona berhasil mengalahkan juara Inggris 2 leg dengan agregat 3-1. Di perempat final, PSG kembali menghadang. Kembali Barca berhasil menang dalam 2 leg pertemuan dengan total agregat 5-1. Bayern Munchen menjadi ujian selanjutnya dari Barcelona. Bayang-bayang kekalahan agregat 7-0 di tahun 2013 membayangi Barcelona saat menghadapi Bayern. Namun kali ini Barca lebih unggul dan menang agregat 5-3 untuk menuju babak final.

Babak penyisihan
1 : Barcelona 1-0 APOEL (Pique)
2 : PSG 3-2 Barcelona (David Luiz, Verratti, Matuidi - Messi, Neymar)
3 : Barcelona 3-1 Ajax (Neymar, Messi, Sandro Ramirez - El Ghazi)
4 : Ajax 0-2 Barcelona (Messi 2x)
5 : APOEL 0-4 Barcelona (Suarez, Messi 3x)
6 : Barcelona 3-1 PSG (Messi, Neymar, Suarez - Ibrahimovic)

Klasemen Grup F
1. Barcelona (Spanyol) - 15
2. PSG (Prancis) - 13
3. Ajax (Belanda) - 5
4. APOEL (Siprus) - 1

Babak 16 besar
1 : Man City 1-2 Barcelona (Aguero - Suarez 2x)
2 : Barcelona 1-0 Man City (Rakitic)

Perempat final
1 : PSG 1-3 Barcelona (Mathieu-og - Neymar, Suarez 2x)
2 : Barcelona 2-0 PSG (Neymar 2x)

Semi final
1 : Barcelona 3-0 Bayern (Messi 2x, Neymar)
2 : Bayern 3-2 Barcelona (Benatia, Lewandowski, Muller - Neymar 2x)



Statistik Tim

Juventus


Prediksi Final Liga Champions 2015 : Juventus vs Barcelona

Dari total 12 kali laga Liga Champions, Juventus menelan 2 kekalahan, kesemuanya diderita di babak penyisihan grup oleh Atletico dan Olympiakos. Juventus menjadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik, yaitu baru 7 kali kemasukan. Juventus juga menjadi tim dengan jumlah clean sheet terbanyak yaitu 6 kali. Namun lini serang Juve masih belum maksimal. Carlos Tevez menjadi top skor klub di UCL dengan 7 gol, diikuti Alvaro Morata dengan 4 gol yang kesemuanya dicetak di babak knockout. Selain itu terdapat 5 pemain yang selalu tampil di semua laga, yaitu Buffon, Bonucci, Chiellini, Lichtsteiner dan Tevez. Mereka menjadi kunci permainan dari I Bianconeri.

Juventus di Liga Champions 2014-2015
Main : 12
Menang : 7
Seri : 3
Kalah : 2
Gol : 16
Kemasukan : 7
Clean Sheet : 6
Tembakan Terarah : 61
Umpan Sukses : 5376

Top Skor
7 gol - Carlos Tevez
4 gol - Alvaro Morata
1 gol - Paul Pogba, Arturo Vidal, Andrea Pirlo, Fernando Llorente

Penampilan terbanyak 
12 kali - Buffon, Chiellini, Bonucci, Lichtsteiner, Tevez
11 kali - Marchisio, Vidal, Morata, Roberto Pereyra
9 kali - Pogba, Pirlo, Evra
8 kali - Llorente
5 kali - Barzagli
4 kali - Padoin
3 kali - Asamoah, Giovinco
2 kali - Caceres, Sturaro, Matri
1 kali - Ogbonna, Pepe, Coman, Romulo


Barcelona


Prediksi Final Liga Champions 2015 : Juventus vs Barcelona

Sama seperti Juventus, Barcelona juga telah menelan 2 kekalahan, yaitu melawan PSG di babak grup dan Bayern Munchen di babak semifinal leg 2. Namun Barcelona telah menorehkan total 10 kemenangan, dimana 9 di antaranya dilakukan secara beruntun. Barcelona juga menorehkan total 28 gol, terbanyak kedua setelah Bayern Munchen (33 gol). Messi juga masih menjadi top skor sementara UCL dengan raihan 10 gol, sama dengan Cristiano Ronaldo. Namun Real Madrid telah tersisih sehingga Ronaldo tidak bisa menambah koleksi golnya, sehingga Messi lebih berpeluang menjadi top skor. Sementara Neymar juga membayangi dengan 9 gol, dan Suarez mencetak 6 gol. Trio MSN telah mengoleksi 25 gol dari total 28 gol Barcelona di Liga Champions musim 2014/2015.

Barcelona di Liga Champions 2014-2015
Main : 12
Menang : 10
Seri : 0
Kalah : 2
Gol : 28
Kemasukan : 10
Clean Sheet : 5
Tembakan Terarah : 82
Umpan Sukses : 7849

Top Skor
10 gol - Messi
9 gol - Neymar
6 gol - Suarez
1 gol - Rakitic, Pique, Sandro Ramirez

Penampilan terbanyak 
12 kali - Ter Stegen, Messi
11 kali - Mascherano, Neymar, Rakitic
10 kali - Dani Alves, Pique, Jordi Alba, Iniesta
9 kali - Busquets, Suarez, Xavi
8 kali - Pedro
7 kali - Adriano
6 kali - Rafinha Alcantara, Bartra, Mathieu
3 kali - Munir, Sandro Ramirez
2 kali - Sergi Roberto
1 kali - Montoya, Samper


Prediksi Formasi

Juventus

Juventus kemungkinan akan memakai pola 4-4-2. Di barisan belakang Buffon masih akan diandalkan di bawah mistar, dengan kuarter Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra di barisan pertahanan. Di lini tengah terdapat 4 gelandang tangguh, Pirlo, Marchisio, Pogba dan Vidal dengan duet Tevez-Morata di depan. Pelatih Massimiliano Allegri kemungkinan akan mengganti formasi menjadi 3-5-2 di pertengahan laga, dengan memasukkan Barzagli menggantikan salah satu gelandang yang kurang tampil optimal. Hal ini juga untuk menambah daya gedor melalui sektor sayap lewat Lichtsteiner dan Evra. Sementara di bangku cadangan ada nama-nama seperti Llorente, Roberto Pereyra, Sturaro atau Matri.


Buffon

Lichtsteiner - Bonucci - Chiellini - Evra

Marchisio - Pirlo - Pogba

Vidal

Tevez - Morata


Barcelona

Barcelona masih akan memakai formasi 4-3-3. Nama Ter Stegen masih diandalkan di bawah mistar, sesuai kebijakan pelatih Luis Enrique yang menurunkan kiper Bravo di liga Spanyol dan Ter Stegen di liga Champions. Di lini belakang, Dani Alves, Pique, Mascherano dan Jordi Alba diprediksi akan menjadi starter. Busquets, Iniesta dan Rakitic akan bermain dari lini tengah, sementara trio MSN, Messi-Suarez-Neymar akan siap menggedor pertahanan lawan. Di bangku cadangan ada nama-nama seperti Pedro, Mathieu, Xavi dan Rafinha Alcantara.


Ter Stegen

Dani Alves - Pique - Mascherano - Jordi Alba

Rakitic - Busquets - Iniesta

Messi - Suarez - Neymar


Juventus vs Barcelona

Barcelona diprediksi akan menekan sejak awal laga. Daya gedor Barca lewat trio MSN sudah tidak diragukan lagi. Pelatih Luis Enrique tentu akan menginstruksikan pemainnya untuk mencetak gol sejak menit awal. Namun pertahanan Juventus tidak semudah itu ditembus. Duet Bonucci-Chiellini dibantu dengan 2 wing back Lichtsteiner dan Evra harus mampu meredam pergerakan trio MSN. Lini kedua lewat Pogba atau Vidal juga harus mampu membantu pertahanan dan memutus arus bola Barcelona yang biasa diperagakan oleh Iniesta atau Rakitic.

Juventus memang diprediksi akan bermain bertahan dan menyerang lewat serangan balik. Sisi sayap bisa menjadi celah di pertahanan Barcelona mengingat 2 wing back Barca, Dani Alves dan Jordi Alba kerap naik membantu serangan. Disini peran Pirlo menjadi krusial dimana ia memiliki kemampuan melancarkan umpan lambung parabolik. Tevez dan Morata yang mengisi lini depan juga memiliki kemampuan holding ball yang baik, yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh lini kedua Juventus untuk mensupport serangan.


Prediksi

Peluang : Juventus 45% - 55% Barcelona
Prediksi skor : Juventus 1-2 Barcelona



(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan