Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan di era modern ini. Untuk itu dibutuhkan koneksi internet atau koneksi Wi-Fi yang cepat, lancar dan tidak lelet untuk bisa memudahkan kegiatan di internet, baik mengerjakan tugas sekolah atau kantor, membuka sosial media, bermain game online, menonton video streaming di YouTube, browsing dan searching informasi terbaru, download film dan lagu atau kegiatan lain di internet. Namun faktanya, kecepatan internet di Indonesia merupakan salah satu yang paling lemot dan lambat di dunia. Belum ada provider yang mampu menjamin kecepatan internet agar lebih lancar tanpa hambatan di seluruh wilayah. Koneksi internet kebanyakan selalu bergantung pada daerah dan sinyal yang didapat dan tentu akan menjadi masalah bagi pengguna modem dial up, baik GSM maupun CDMA. Masalah akan menjadi lebih parah terutama jika hanya sinyal WCDMA dan UMTS yang didapat, bukan 3G atau HSDPA. Hal ini tentu dapat menghambat kegiatan para user di internet. 

Meski begitu, tentu ada beberapa tips dan trik ampuh terbaru yang bisa digunakan untuk meningkatkan koneksi internet agar semakin cepat dan kencang. Cukup banyak cara mempercepat speed internet yang bisa dicoba agar lebih stabil dan lancar tanpa putus-putus, mulai dari yang menggunakan software dan aplikasi pendukung hingga mengubah setting yang ada pada PC. Untuk itu akan disajikan beberapa tips cara mempercepat kecepatan internet dengan mudah dan simple tanpa ribet, yang bisa dilakukan di masing-masing komputer atau laptop yang ada.

Cara Mempercepat Koneksi Internet



1. Mengubah Setting Bandwidth

- Klik tombol 'Start' lalu pilih menu 'Run'
- Ketik 'gpedit.msc', lalu tekan OK
- Pilih 'Administrative Templates', lalu klik ‘Network’
- Pilih ‘Qos Packet Scheduler’
- Ubah setting pada ‘Limit Reservable Bandwidth’ menjadi 'Enable’
- Lalu ubah setting bandwidth limit dari semula 20 menjadi 0 kemudian klik Apply dan OK
- Restart PC untuk mengaktifkan perubahan pengaturan


2. Menggunakan Software

Cara kedua adalah dengan menggunakan software dan aplikasi. Untuk itu tidak perlu mengubah dan mengedit pengaturan setting yang ada, namun cukup dengan mendowload aplikasi dan software pendukung dan jalankan sesuai petunjuk yang ada untuk menambah speed internet agar menjadi lebih optimal dan maksimal. Beberapa aplikasi dan software penambah kecepatan internet terbaik dan paling populer secara gratis dan free antara lain 

1. Onespeed 6.0.9
2. DSL Speed
3. Flash speed 200%
4. Modem Booster


3. Merubah Setting DNS

Cara selanjutnya untuk mempercepat kecepatan internet dan mempercepat kecepatan download adalah dengan merubah setting DNS. Cukup untuk merubah settingan default DNS dengan DNS lain yang bisa digunakan dengan lebih cepat dan bisa menggunakan DNS milik openDNS dan milik Google. Keduanya merupakan DNS paling umum dan populer serta memang biasa digunakan untuk mempercepat koneksi internet. Berikut langkah step by step untuk merubah setting DNS dengan mudah:

1. Klik Start, pilih Control Panel
2. Pilih Network and Internet, lalu pilih Network and Sharing Center
3. Pilih Local Area Connection
3. Pilih Properties kemudian pilih Internet Protocol Version 4 dan pilih bagian Properties
4. Ubahlah DNS dan isikan seperti salah satu di bawah ini

Preferred DNS Server: 208.67.222.222 
Alternate DNS Server: 208.67.220.220
(DNS milik openDNS)

Preferred DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4
(DNS milik Google)

5. Pilih salah satu dari dua DNS tersebut (yang atas milik openDNS dan yang bawah milik Google), lalu klik OK


Itulah update informasi tentang beberapa tips dan trik cara mempercepat koneksi internet yang bisa digunakan dan dicoba di masing-masing PC, baik laptop atau komputer. Cara-cara tersebut bisa digunakan di PC dengan sistem operasi Windows XP, Windows 7, hingga Windows 8 versi terbaru. Langkah-langkah tersebut bisa diterapkan dan akan berdampak serta berpengaruh pada koneksi internet yang ada agar lebih cepat dan stabil. Sekian info tips dan trik kali ini.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon