5 Peristiwa Penting yang Terjadi Tahun 2014

Tahun 2014 telah berjalan. Dalam kalender, tahun 2014 termasuk dalam tahun yang penting karena akan ada banyak peristiwa dan event-event penting yang akan diselenggarakan dan akan terjadi sepanjang bulan Januari hingga bulan Desember. Sejumlah event mulai dari bidang politik, sosial, teknologi, olahraga, dunia dan lain-lain. Peristiwa-peristiwa penting ini juga sudah diantisipasi sejak beberapa tahun lalu. Mulai dari perilisan software dan gadget terbaru serta tercanggih yang dilakukan brand dan vendor teknologi ternama di dunia. Atau film-film box office Hollywood yang akan dihelat di seluruh bioskop di sepanjang tahun 2014 ini. Atau mungkin deretan lagu terbaru dan konser-konser akbar yang digelar oleh band dan penyanyi tingkat dunia yang amat sayang untuk dilewatkan. Atau bisa saja isu dalam negeri yang tidak akan ada habisnya, seperti kasus korupsi berkepanjangan, naiknya harga bahan bakar BBM dan kebutuhan pokok lain, atau pun serangkaian permasalahan lainnya yang tidak ada hentinya. 

Namun semua hal itu sudah 'klise' dan berlaku tiap tahun. Ada peristiwa lain yang unik dan nyeleneh yang akan terjadi di tahun 2014 nanti. Hal tersebut lah yang akan membuat tahun 2014 ini menjadi lebih berwrna dan pantas untuk dikenang di tahun-tahun berikutnya. Lalu sebenarnya peristiwa apa sajakah yang akan terjadi di tahun 2014 ini? Berikut akan kami tampilkan list selengkapnya.



1. Pemilu Presiden 2014


Tahun 2014 akan menjadi spesial bagi Indonesia. Di tahun 2014, akan diadakan pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD Indonesia berikutnya. Ini akan menjadi pemilihan umum langsung ketiga di Indonesia, setelah dua pemilu sebelumnya pada tahun 2004 dan 2009. Pemilihan umum legislatif akan diadakan 9 April dan 19 Juli akan diadakan pemilihan umum presiden Indonesia terbaru. Seperti diketahui jika pada dua periode sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY berhasil menjadi presiden terpilih. Ada beberapa kandidat calon presiden Indonesia 2014 ini. Patut ditunggu siapakah yang akan menjadi presiden RI di periode 2014-2019 nanti.


2. Piala Dunia FIFA 2014


Tahun 2014, pesta sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia FIFA akan dihelat di Brasil selaku tuan rumah. Ajang 4 tahun sekali tentu akan mengundang banyak perhatian dunia. Sebanyak 32 negara peserta siap untuk berpartisipasi. Tim-tim unggulan seperti Brasil, Spanyol, Jerman, Italia, Belanda atau Argentina berada di posisi terdepan dalam prediksi juara Piala Dunia 2014 mendatang. Patut ditunggu negara manakah yang akan sukses menggondol trofi Pial Dunia 2014 nantinya.


3. Badai Matahari 


Badai matahari diprediksi akan terjadi pada tahun 2014. Hal ini menjadi ancaman baru bagi kehidupan di planet Bumi. Beberapa ilmuwan menduga akan terjadi badai dahsyat matahari dan belum diketahui efek apa yang akan terjadi pada Bumi, tempat kita berinjak. Pada jaman elektronik seperti sekarang ini, koneksi kita sangat tergantung pada satelit, sehingga efek dari peristiwa ini akan sangat berpengaruh, karena akan mengganggu komunikasi global serta akan dapat menghabiskan sumber daya hingga $ 2 triliun akibat kerusakannya.


4. Tentara Amerika dan Inggris Mundur dari Afghanistan


Akhir tahun 2014 atau tepatnya tanggal 31 Desember 2014, Amerika Serikat dan Inggris (UK) dihadwalkan akan menarik kembali semua tentaranya ada yang ada di Afghanistan. Seperti diketahui, kedua negara tersebut telah menempatkan ribuan tentaranya untuk ambil bagian dalam Perang Sipil di Afghanistan. Jika terlaksana, penarikan tentara yang dilakukan Amerika dan Inggris akan mengakhiri partisipasi keduanya di Perang Sipil yang telah bertahan selama 13 tahun lamanya.


5. Asian Games 2014


Periode 18 September 2014 hingga 4 Oktober 2014, badan olahraga Asia akan segera menyelenggarakan pesta olahraga terbesar se-Asia yang bertajuk Asian Games. Asian Games sendiri dihelat 2 tahun sekali dan di tahun 2014 ini akan diadakan di Incheon, Korea Selatan selaku tuan rumah. Negara-negara di Asia pun siap untuk mengirimkan kontinennya dalam Asian Games, tak terkecuali Indonesia yang sudah mempersiapkan wakilnya sejak jauh-jauh hari.


Itulah daftar lima peristiwa dan kejadian paling memorable yang akan terjadi di tahun 2014 ini. Tentunya peristiwa-peristiwa di atas adalah sesuatu yang layak dinantikan dan dikenang di tahun-tahun berikutnya. Dan hal itulah yang akan membuat tahun 2014 ini menjadi unik dan tentu menjadi berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya.


(zakipedia)

Mokhammad Zakky

1 komentar so far

gak rugi dah mamir baca nih, cz ada beberapa peristiwa yang belum saya dengar.
thx gan :)


EmoticonEmoticon