11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Ditulis :
Serie A Liga Italia musim 2012-2013 ini telah memunculkan Juventus sebagai peraih gelar juara Liga Italia atau biasa disebut scudetto. Ini merupakan gelar juara kedua secara beruntun Juventus setelah meraihnya musim lalu. Juventus berhasil menyisihkan saingannya, seperti Napoli dan AC Milan. Sepanjang musim banyak pemain-pemain yang menunjukkan aksi gemilangnya, baik pemain-pemain senior maupun pemain-pemain muda yang mulai mencuri perhatian di musim ini.


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Jika di musim lalu nama Andrea Pirlo yang paling menonjol, maka untuk musim ini cukup sulit untuk menentukan pemain yang paling bersinar. Edinson Cavani berhasil mencuri perhatian setelah menjadi top skor musim ini. Arturo Vidal menunjukkan penampilan yang konsisten sepanjang musim. Sementara Antonio Di Natale masih menjadi tumpuan Udinese bersaing di papan atas Serie A. Lantas siapa sajakah 11 pemain starting eleven yang masuk dalam team of the season Liga Italia sepanjang musim 2012-2013?

Berikut 11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013 dari setiap posisinya  beserta pemain cadangannya yang disusun dengan formasi 3-4-3 versi versi Zakipedia :


Goalkeeper

1. Gianluigi Buffon (Juventus)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Masih menjadi salah satu kiper terbaik di dunia dan tentu saja di Italia. Meski belakangan mengalami penurunan performa, namun tampaknya Gianluigi Buffon masih layak disebut sebagai kiper yang terbaik di Italia. Bersama Juventus, Buffon kembali mencatatkan rekor kebobolan tersedikit di Liga Italia musim 2012-2013 ini. Ia pun membawa I Bianconeri meraih gelar scudetto keduanya secara berturut-turut.

Cadangan :
Samir Handanovic (Inter Milan)
Federico Marchetti (Lazio)


Defender

2. Leonardo Bonucci (Juventus)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Salah satu bek dengan penampilan paling konsisten di Italia musim ini. Leonardo Bonucci telah menjelma sebagai salah satu bek terbaik di Italia, bahkan Eropa. Bonucci, bersama Barzagli dan Chiellini telah membentuk trio pertahanan Juventus yang sangat sulit ditembus oleh tim lawan. Tak heran jika untuk kesekian kalinya Juventus menjadi tim dengan kebobolan tersedikit di Italia, dan hanya kalah dari Bayern Munchen untuk tingkat Eropa. Bonucci kini pun juga menyegel satu tempat di timnas Italia.

3. Gonzalo Rodriguez (Fiorentina)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Dibeli dari Villarreal yang terdegradasi dari Liga Spanyol, Gonzalo Rodriguez kemudian menjelma menjadi andalan utama di lini belakang Fiorentina. Bek yang satu ini mampu tampil gemilang sepanjang musim 2012-2013. Sebagai defender, ia bahkan termasuk produktif. Total ia telah mencetak 6 gol sepanjang musim dan turut membantu Fiorentina kembali meraih tiket ke kompetisi Eropa.

4. Giorgio Chiellini (Juventus)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Kemampuan bertahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Hanya cedera pada awal 2013 yang mungkin agak mengganggu performa Giorgio Chiellini musim ini. Namun secara overall penampilannya masih bagus. Ia masih jadi bagian penting dari trio lini pertahanan Juventus untuk merengkuh juara liga musim ini. Penampilannya di Liga Champions juga sangat fenomenal, terutama dalam laga melawan Chelsea dan Glasgow Celtic.

Cadangan :
Andrea Barzagli (Juventus)
Nicolas Spolli (Catania)
Marquinhos (AS Roma)
Stephan Lichtsteiner (Juventus)
Christian Maggio (Napoli)
Mattia De Sciglio (AC Milan)


Midfielder

5. Arturo Vidal (Juventus)

11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Bisa dibilang jika musim ini, penampilan Arturo Vidal adalah yang terbaik sepanjang karirnya. Ia membantu Juventus meraih gelar scudetto 2 kali berturut-turut dan menjadi top skor klub dengan 15 gol meski hanya berposisi sebagai midfielder. Tak heran jika ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Juventus musim ini. Vidal dikenal sebagai sosok petarung di lini tengah dengan kemampuan merebut bola dan visi bermain yang bagus.

6. Claudio Marchisio (Juventus)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Claudio Marchisio masih menjadi sosok yang penting di lini tengah Juventus. Marchisio, bersama Pirlo dan Vidal membuat lini tengah Juventus semakin solid. Ia juga mampu tampil apik jika dipasang sebagai second striker dalam formasi 3-5-1-1. Total Marchisio telah mencetak 8 gol dan 8 assist sepanjang musim 2012-2013. Posisinya sebagai starter di lini tengah Juventus dan timnas Italia pun seolah tak tergantikan lagi.

7. Erik Lamela (AS Roma)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Wonderkid AS Roma ini akhirnya menemukan performa gemilangnya musim ini. Total Erik Lamela yang banyak dimainkan di posisi winger telah mencetak 15 gol musim ini. Cukup subur memang dibanding musim pertama yang hanya 4 gol. Tak hanya soal gol, secara permainan Lamela juga tampak sudah matang. Skill olah bola khas negeri tango Argentina banyak ia pertunjukan sepanjang musim. Ia pun selalu menjadi pemain andalan AS Roma di tiap pertandingannya.

8. Hernanes (Lazio)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Playmaker Lazio ini menjadi salah satu pemain yang tampil paling konsisten sepanjang musim ini di Serie A. Hernanes juga rajin menjebol gawang lawan. Total Hernanes telah mencetak 12 gol musim ini dan lebih dari 50% di antaranya dicetak dari luar kotak penalti. Hal yang menggambarkan bahwa Hernanes memiliki tendangan jarak jauh yang mematikan dan akurat. Penampilan apiknya bersama Lazio membawanya masuk dalam skuad utama Brazil dan akan bersaing dengan mifielder lainnya untuk satu tempat di starting line up.

Cadangan :
Andrea Pirlo (Juventus)
Blerim Dzemaili (Napoli)
Riccardo Montolivo (AC Milan)
Juan Cuadrado (Fiorentina)
Luis Muriel (Udinese)
Marek Hamsik (Napoli)
Alessandro Diamanti (Bologna)
Josip Ilicic (Palermo)


Forward

9. Edinson Cavani (Napoli)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Soal ketajaman dan naluri mencetak gol, tampaknya Edinson Cavani tak perlu membuktikan apa-apa lagi. Konsisten mencetak minimal 30 gol di semua ajang sejak 3 musim terakhir adalah bukti betapa tajamnya penyerang andalan Napoli ini di depan gawang lain. Mulai dari kepala hingga kedua kaki Cavani bisa jadi senjatanya. Cavani akhirnya meraih predikat Top Skor Liga Italia musim 2013 ini setelah dalam 2 musim terakhir hanya menjadi runner up di bawah Antonio Di Natale (2011) dan Zlatan Ibrahimovic (2012). Tak heran jika klub-klub besar seperti Real Madrid, Barcelona, Juventus dan Manchester City sangat ingin merekrut pemain timnas Uruguay ini.

10. Antonio Di Natale (Udinese)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Salah satu penyerang terbaik di Serie A dan merupakan nyawa permainan Udinese dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Antonio Di Natale memang tidak bisa dipisahkan dari Udinese. Ia banyak berkontribusi bagi tim dan sempat mengantar Udinese dua kali meraih tiket Liga Champions, meski akhirnya kalah di babak kualifikasi. Dan meski memiliki postur yang 'kecil', namun Di Natale memiliki insting tajam dalam mencetak gol. Ia pernah menjadi top skor Liga Italia 2 musim berturut-turut (2010 dan 2011). Musim ini, koleksi gol Di Natale hanya kalah oleh Cavani saja.

11. Steven Jovetic (Fiorentina)


11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013

Saat ini menjadi salah satu pemain paling diburu oleh klub-klub besar di Eropa pada bursa transfer. Steven Jovetic memang memiliki skill dan kemampuan olah bola yang sangat diandalkan oleh Fiorentina. Jovetic total telah mencetak 13 gol pada musim 2012-2013 dan membantu Fiorentina masuk dalam 4 besar. Permainan apiknya membuat pemain asal Montenegro ini diincar oleh klub-klub besar Eropa.

Cadangan : 
Stephan El Shaarawy (AC Milan)
Frasesco Totti (AS Roma)
German Denis (Atalanta)
Pablo Osvaldo (AS Roma)
Miroslav Klose (Lazio)
Alberto Gilardino (Bologna)



Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3, maka akan terlihat seperti ini :


Buffon

Bonucci - Gonzalo - Chiellini

Lamela - Vidal - Hernanes - Marchisio

Di Natale - Cavani - Jovetic


Itulah 11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013 yang terpilih dalam daftar ini karena mampu untuk menampilkan permainan cemerlang sepanjang musim dan mampu membantu performa tim berkat gol-gol dan assist atau lewat kontribusi lainnya.

Punya pendapat lain? Silahkan tinggalkan di komentar ...



(zakipedia)


Mokhammad ZakkyAbout Author : Mokhammad Zakky

Terima kasih Anda telah membaca : 11 Pemain Terbaik Serie A Liga Italia Musim 2012-2013. Kami selaku admin memohon dengan kerendahan hati untuk menyertakan link sumber di bawah ini jika Anda berminat memposting ulang artikel ini di blog Anda. semoga info yang Anda dapatkan bermanfaat.

DMCA.com

{ 4 komentar... read them below or add one }

manz mengatakan...

kunjungan sore gan., mantap artikelnya.

kunjungan balik donkk., :D

Firman Winardi mengatakan...

Mateo Kovacic,
Andrea Ranocchia,
Marek Hamsik,
Mario Balotelli,

adalah pemain2 dgn Statistik tertinggi bila dibandingkan nama2 diatas..
Yg Nulis pasti juventini,
makanya pemain kya Buffon, Marchisio bisa masuk..

Zakipedia mengatakan...

oke, thanks gan :D

Zakipedia mengatakan...

gk juga gan, disini kita mencoba objektif kok :)

balotelli & kovacic mainnya emang bgus, tp mereka baru didatangkan pertengahan musim dan jumlah capsnya gk sampek 20 pertndingan,

ranocchia juga bagus, tp sering buat kesalahan, jd gk kami masukkan,

and utk hamsik, sebenarnya bingung pas milih antara hamsik, marchisio, sama montolivo. tp akhirnya marchisio yg dipilih dgn pertimbangan membawa timnya (juventus) meraih scudetto,

kalo soal buffon, kita pilih karena jumlah kemasukannya yg plg sedikit di serie a,

btw thanks for komen & kritiknya gan :)

Poskan Komentar