Tips Cara Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Rokok bukanlah benda yang asing lagi karena kita bisa menemuinya di lingkungan sekeliling kita. Faktanya 30% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia adalah perokok. Rokok sendiri sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam rokok terdapat banyak kandungan zat-zat kimia yang berbahaya yang bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit yang sangat mematikan.

(lihat selengkapnya di Dampak Rokok bagi Kesehatan)

Namun meski tahu akan dampak berbahaya yang ditimbulkan rokok, para perokok ini tidak mau berhenti dan tetap melanjutkan kebiasannya merokok. Untuk menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah, apalagi bagi perokok berat. Mereka akan merasakan hal yang kurang jika tidak merokok. Efek ketagihan rokok ini pun hampir mendekati efek ketagihan yang dihasilkan narkoba.

Cara dan Tips Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok


Namun tentu ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok bagi para perokok.


1. Berhenti Seketika

Memang sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dilakukan sehari-hari. Terutama bagi perokok berat. Solusi tercepatnya adalah dengan menggunakan bantuan medis. Bantuan medis berupa zat tertentu bisa digunakan untuk mengatasi dan menghentikan efek ketagihan dalam rokok sehingga perokok berat bisa langsung berhenti seketika dan tidak merokok lagi.


2. Menunda

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah dengan menunda waktu merokok. Hal ini dilakukan tiap harinya dengan skala penundaan semakin bertambah. Biasanya waktu yang digunakan untuk menunda waktu merokok adalah dua jam dan dilakukan selama beberapa hari. 

Sebagai contoh permulaan cobalah untuk merokok di jam-jam seperti ini selama 8 hari :

Hari 1 mulai merokok pukul 08.00
Hari 2 mulai merokok pukul 10.00
Hari 3 mulai merokok pukul 12.00
Hari 4 mulai merokok pukul 14.00
Hari 5 mulai merokok pukul 16.00
Hari 6 mulai merokok pukul 18.00
Hari 7 mulai merokok pukul 20.00
Hari 8 mulai merokok pukul 21.00

Cara ini dirasa cukup efektif untuk mengurangi efek ketagihan dan membiasakan diri tanpa rokok hingga akhirnya bisa berhenti dari kebiasaan merokok.


3. Mengurangi

Dengan metode hampir sama seperti cara kedua, cara mengurangi juga dirasa cukup ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok. Cara ini diterapkan dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap dari hari ke hari selama berangsur-angsur hingga mencapai titik 0 pada hari yang akan ditetapkan.

Sebagai contoh permulaan seperti ini :

Hari 1 merokok sebanyak 20 batang
Hari 2 merokok sebanyak 18 batang
Hari 3 merokok sebanyak 16 batang
Hari 4 merokok sebanyak 14 batang
Hari 5 merokok sebanyak 12 batang
Hari 6 merokok sebanyak 10 batang
Hari 7 merokok sebanyak 8 batang
Hari 8 merokok sebanyak 6 batang
Hari 9 merokok sebanyak 4 batang
Hari 10 merokok sebanyak 2 batang
Hari 11 merokok sebanyak 0 batang

Cara ini juga dirasa mampu untuk menghentikan kebiasaan merokok bagi para perokok karena tiap harinya perokok dibiasakan untuk mengurangi jatah rokok sehingga mungkin akan terbiasa tidak merokok sama sekali pada hari yang ditentukan.


Itulah cara berhenti merokok. Cara-cara tersebut bisa digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok bagi para perokok. Namun di atas semua itu, yang paling utama untuk berhenti merokok adalah niat dari hati, karena tanpa niat, maka mustahil untuk bisa berhenti merokok.


(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan