11 Pemain Sepakbola Paling Loyal Sepanjang Masa

Sepakbola memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya uang. Oleh karena itu, demi uang, banyak pemain sepakbola yang pindah dari satu klub ke klub lain. Mereka meninggalkan klubnya dengan iming-iming gaji yang lebih besar di klub tujuannya. Hal ini lumrah mengingat pesepakbola juga manusia yang membutuhkan materi. Apalagi di era modern banyak klub klub kaya yang menawarkan gaji melimpah bagi pemain yang akan dibeli. Selain klub klub kaya Eropa, juga ada klub klub dari Cina atau Amerika Serikat yang banyak menjadi sasaran pemain dengan gaji selangit.

Namun tidak semua pemain sepakbola seperti itu. Ada beberapa pemain yang memiliki loyalitas yang sangat tinggi terhadap klubnya. Dan meski banyak klub lain yang menawari kontrak dengan gaji selangit, pemain-pemain ini tidak bergeming dan tetap membela klubnya. Mereka yang memiliki loyalitas tinggi biasanya dijadikan sebagai kapten klub. Lalu siapakah pemain-pemain paling loyal dan setia di sepakbola modern ini? Berikut kami tampilkan list selengkapnya.


Goalkeeper

1. Iker Casillas (Real Madrid / Spanyol)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Menjadi punggawa Real Madrid sejak masih berusia 17 tahun, Iker Casillas berkembang menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Kemampuannya menjaga gawang menjadikannya kiper nomer satu Madrid hingga saat ini. Casillas juga merupakan pemain yang sangat loyal karena hanya membela satu klub saja selama karirnya, yaitu Real Madrid. Tak salah jika ia menjabat sebagai kapten utama Real Madrid. Casillas sendiri akhirnya pindah dari Real Madrid ke Porto karena kalah bersaing dengan kiper lain.


Defender

2. Javier Zanetti (Inter Milan / Argentina)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Di usia yang sudah menginjak kepala empat, Javier Zanetti masih terlihat sangat prima saat bermain di lapangan. Zanetti yang menjadi kapten tim Inter Milan memang akan segera memasuki masa pensiun. Selama karirnya ia menjadi pemain yang sangat loyal bersama Inter Milan sampai masa pensiun. Banyak pemain dan pelatih yang datang dan pergi, namun Zanetti masih bertahan di klub yang bermarkas di Giuseppe Meazza ini. Tak salah jika ia disebut sebagai salah satu legenda Inter Milan.


3. Carles Puyol (Barcelona / Spanyol)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Palang pintu andalan Barcelona dan timnas Spanyol dalam beberapa tahun belakangan, Carles Puyol terkenal sebagai pemain yang sangat loyal. Hal ini dibuktikan karena sejak memulai karirnya di akhir 90-an, Puyol hanya bermain bersama klub Barcelona saja sampai ia pensiun. Puyol yang kini menjabat sebagai kapten tim Barcelona dikenal sebagai salah satu pemain yang melambangkan Catalunya khas Barcelona.


4. John Terry (Chelsea / Inggris)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Nama lain yang memiliki loyalitas besar di klubnya. John Terry yang merupakan didikan akademi Chelsea kini berkembang menjadi bek yang sangat disegani. Ia turut menjadi bagian kesuksesan Chelsea dan juga menjabat sebagai kapten tim. Meski sempat beberapa kali menuai masalah di luar sepakbola, namun itu tak menghalangi karisma John Terry yang menegaskan komitmen untuk bertahan di Stamford Bridge.


5. Paolo Maldini (AC Milan / Italia)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Tak lengkap jika tidak memasukkan nama Paolo Maldini dalam daftar pemain sepakbola yang paling loyal. Maldini sudah menjadi fenomena dan ikon pemain-pemain yang loyal. Memulai karir profesional sejak tahun 1987 di AC Milan, Maldini memutuskan pensiun beberapa tahun lalu juga di AC Milan. Ia turut merasakan berbagai era di tubuh AC Milan mulai dari era The Dream Team hingga era saat ada Kaka dan Shevchenko. Banyak tawaran dari klub lain berdatangan namun Maldini tetap setia di Milan. Sebagai penghormatan, nomor punggung 3 kepunyaan Maldini akan dipensiunkan dan hanya akan digunakan oleh anak Maldini yaitu Christian Maldini jika membela AC Milan kelak.


(lihat sejarah klub AC Milan)


Midfielder

6. Paul Scholes (Manchester United / Inggris)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Paul Scholes sudah menjadi salah satu ikon Manchester United. Gaya bermainnya yang lugas dan cermat membuatnya gampang dikenal. Ia juga merupakan pemain yang loyal. Sebagai salah satu anggota angkatan Class of 92, Scholes masih bertahan hingga kini. Bahkan pada awal tahun lalu, Scholes yang sudah pensiun memutuskan untuk bermain kembali setelah Ferguson membutuhkan tenaga baru di lini tengah.


7. Steven Gerrard (Liverpool / Inggris)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Sebagai kapten Liverpool, sosok Steven Gerrard adalah pemain paling dihormati di Anfield. Ia adalah kapten tim yang loyal dan hanya memperkuat Liverpool sepanjang karirnya. Gerrard tetap bertahan meski sepanjang karirnya ia tidak bisa mempersembahkan gelar Liga Inggris pada Liverpool. Pada tahun 2005, Gerrard pernah ditawari penawaran fantastis sebesar 80 juta pounds dari Real Madrid yang akan menjadikannya sebagai pemain termahal saat itu. Namun kesetiannya pada Liverpool membuatnya menolak penawaran tersebut. Ia akhirnya pindah ke LA Galaxy selama semusim sebelum memutuskan untuk gantung sepatu.


8. Ryan Giggs (Manchester United / Wales)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Ryan Giggs merupakan salah satu anggota Class of 92 akademi Manchester United. Hingga kini, Giggs masih setia dan loyal memperkuat sisi sayap penyerangan dari Manchester United. Loyalitas Giggs memang tidak perlu diragukan lagi. Banyaknya tawaran dari klub lain tidak membuatnya tergoda. Giggs pun menjadi salah satu pemain dengan torehan gelar terbanyak bersama The Red Devils.


Forward


9. Fransesco Totti (AS Roma / Italia)



11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Fransesco Totti adalah pemain yang paling disegani di AS Roma. Memulai karir di AS Roma, Totti tetap bertahan hingga sekarang. Ia sudah menjabat kapten tim sejak lama karena loyalitas tingginya. Real Madrid yang coba menggaetnya harus gigit jari karena Fransesco Totti lebih memilih memperpanjang kontrak di AS Roma. Tak salah jika ia dijuluki sebagai Principe de Roma atau Pangeran Roma.


10. Raul Gonzalez (Real Madrid / Spanyol)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Sebenarnya Raul Gonzalez merupakan didikan akademi klub Atletico Madrid. Namun Raul memutuskan untuk menyebrang ke klub rival Real Madrid. Karir profesionalnya di Real Madrid berjalan cemerlang. Ia pun ditunjuk sebagai kapten tim karena loyalitasnya. Raul pun sudah menjadi ikon publik Santiago Bernabeu. Meski pada akhirnya Raul memutuskan pindah ke Schalke 04 setelah pelatih Jose Mourinho tidak memasukannya dalam rencana masa depan Real Madrid. Kini Raul bermain di klub Al-Sadd di Qatar.


11. Alessandro Del Piero (Juventus / Italia)


11 Pemain Sepakbola Ikon Klub yang Paling Loyal

Pemain loyal yang lain adalah Alessandro Del Piero. Didikan akademi Juventus berkembang sebagai pemain paling berbakat yang ada di dunia. Ia pun ditunjuk sebagai kapten tim Juventus karena loyalitasnya. Bahkan Del Piero pun rela bermain di Serie B selama satu musim karena kasus Calciopoli pada tahun 2006. Ia bersama Nedved, Buffon, Trezeguet dan Camoranesi menjadi pemain bintang yang tersisia di saat pemain lain seperti Ibrahimovic, Zambrotta dan Cannavaro memutuskan untuk hengkang. Saat ini Del Piero menghabiskan akhir karirnya dengan bermain untuk Sidney FC di Liga Australia setelah manajemen Juventus memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya.


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 4-3-3, maka akan terlihat seperti ini :


Casillas

Zanetti - Puyol - Terry - Maldini

Scholes - Gerrard - Giggs

Totti - Raul - Del Piero



Nama-nama pemain loyal ikon klub lainnya : 
  • Rogerio Ceni (Sao Paulo/Brasil)
  • Igor Akinfeev (CSKA Moskow/Rusia)
  • Lev Yashin (Dinamo Moskow/Uni Soviet)
  • Jamie Carragher (Liverpoo/Inggris)
  • Franco Baresi (AC Milan/Italia)
  • Giacinto Facchetti (Inter Milan/Italia)
  • Ledley King (Tottenham/Inggris)
  • Tony Adams (Arsenal/Inggris)
  • Gary Neville (Man United/Inggris)
  • Benedikt Howedes (Schalke/Jerman)
  • Giuseppe Bergomi (Inter Milan/Italia)
  • Philipp Lahm (Bayern/Jerman)
  • Matthew Le Tissier (Southampton/Inggris)
  • Billy Wright (Wolverhampton/Inggris)
  • Daniele De Rossi (AS Roma/Italia)
  • Lars Ricken (Dortmund/Jerman)
  • Manolo Sanchis (Real Madrid/Spanyol)
  • Andy King (Leicester/Wales)
  • Claudio Marchisio (Juventus/Italia)
  • Andres Iniesta (Barcelona/Spanyol)
  • Xabi Prieto (Real Sociedad/Spanyol)
  • Lionel Messi (Barcelona/Argentina)

Itulah informasi mengenai list 11 pemain sepakbola paling loyal yang menjadi ikon klub masing-masing. Mereka tentu adalah pemain-pemain yang sangat loyal bagi klubnya dan tidak akan tergoda oleh iming-iming gaji yang lebih besar dari klub lainnya. Patut dicatat pemain pemain di atas juga ada yang bermain di lebih dari satu klub, namun kepindahannya ke klub lain hanya terjadi di akhir karirnya karena keputusan manajemen atau sebagai penutup karir saja. Sekian berita bola terbaru.




(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan