Cheat, Tips dan Trik Memilih Taktik Strategi PES 2013

Ditulis :
Game Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat dengan PES adalah salah satu game sepakbola terbaik dan paling populer di dunia. PES kini muncul dalam versi terbarunya yaitu PES 2013. Sebelumnya telah dikupas cheat, tips dan trik bermain PES 2013 secara permainan di atas lapangan. Kali ini kita akan membahas tentang penggunaan strategi formasi yang tepat untuk digunakan dalam bermain PES 2013 ini.


Cheat, Tips dan Trik Memilih Taktik Strategi PES 2013

Berikut ulasan Cheat dan Tips Memilih Strategi, Taktik dan Formasi PES 2013 :


Di dalam PES 2013, ada beberapa taktik yang bisa kita gunakan. Terdapat 7 macam taktik yang sudah tersedia dan bisa kita langsung gunakan, yaitu standard, long ball, quick counter, possesion game, all-out defence, all-out attack, dan custom. Tiap-tiap taktik dan strategi memiliki beberapa elemen dengan nilai value yang berbeda. Elemen-elemen itu yaitu player support, support range, position switch, attacking style, pressing, defensive line dan compactness.



Cheat, Tips dan Trik Memilih Taktik Strategi PES 2013


Berikut deskripsi dan penjelesan taktik yang tersedia dalam PES 2013 :



1. Standard


Taktik Standar ini merupakan taktik default yang ditetapkan di PES 2013. Taktik ini cenderung membuat penyerangan lebih hidup dan lebih stabil. Oleh karena itu bagi gamer pemula, taktik ini bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Long Ball

Taktik Long Ball ini merupakan taktik yang mengandalkan pertahanan yang kuat. Pemain hanya menunggu di belakang dan jika sudah mendapat bola, maka bola akan langsung dioper ke depan untuk kemudian melakukan serangan cepat. Strategi ini tidak terlalu membutuhkan pemain tengah yang handal karena bola yang didapat dari pertahanan akan langsung disalurkan ke depan.

3. Quick Counter

Taktik ini mirip dengan taktik long ball, hanya saja lebih ekstrem. Dan dalam strategi ini, akan sangat mengandalkan serangan balik atau counter attack. Pressing ketat akan langsung dilakukan sejak lini tengah, dan bila bola didapat langsung disalurkan ke depan untuk melakukan serangan balik. Dalam strategi ini, keberadaan pemain dengan kecepatan yang tinggi sangat dibutuhkan untuk mendukung strategi quick counter ini.

4. Possesion Game

Sesuai namanya, strategi possesion game tactic ini sangat mengandalkan bola possesion di lini tengah. Dalam taktik ini, pemain tengah harus sabar dan bisa melakukan umpan sambil mencari celah untuk mengoper ke lini depan. Taktik ini memang cenderung agak bertahan, namun permainan possesion football ini juga rentan serangan balik lawan jika lini tengah kehilangan bola.

5. All-Out Defence

Strategi All-Out Defence adalah strategi yang mengharuskan seluruh tim untuk bertahan total. Taktik ini tidak bertujuan untuk melakukan penyerangan atau mencetak gol. Taktik ini sangat cocok dan ampuh untuk dipakai jika tim kita sudah unggul dan ingin mempertahankan keunggulan kita.

6. All-Out Attack

Kebalikan dari All-Out Defence, taktik All-Out Attack mengharuskan seluruh bagian tim untuk melakukan penyerangan total ke pertahanan lawan. Semua pemain akan maju menyerang dan menekan daerah pertahanan lawan. Dalam taktik ini, lini pertahanan akan kosong karena semua bek kita akan ikut menyerang. Untuk itu, taktik ini hanya cocok digunakan jika tim kita sedang tertinggal dan waktu permainan akan segera berakhir.

7. Custom

Strategi custom ini memperbolehkan kita untuk memilih dan mengedit strategi kita sendiri. Alhasil, kita bisa memadukan dan mengkombinasikan taktik-taktik yang ada dengan merubah elemen-elemen yang tersedia, yaitu player support, support range, position switch, attacking style, pressing, defensive line dan compactness.

- Player Support : 
Gerakan off the ball rekan kita ketika kita sedang menguasai bola.

- Support Range :
Arah dan haluan yang ditempuh rekan kita saat kita melakukan penyerangan.

- Position Switch :
Daya jelajah dalam bertukar posisi antar satu pemain dengan pemain lain.

- Attacking Style :
Mengatur sisi dan gerakan di lini tengah mana yang lebih menyerang.

- Pressing :
Intensitas pressing dari pemain kita untuk menekan lawan saat bola dikuasai lawan.

- Defensive Line :
Menentukan barisan terakhir pertahanan dan garis offside.

- Compactness :
Menentukan gaya permainan dalam berdiri, antara melebar atau terpusat di tengah.


Taktik custom adalah pilihan terbaik karena kita bisa memilih dan mengedit taktik sesuka kita. Namun jika memilih taktik custom, kita harus melihat musuh yang akan menjadi lawan kita dalam pertandingan. Berikut beberapa tips memakai taktik custom :

- Melawan Tim Possesion Football

Apabila kita melawan tim dengan karakter possesion football dan melakukan tiki-taka, seperti Barcelona, atau tim lain dengan formasi 4-3-3, maka gunakan taktik custom dan atur elemen-elemen yang tersedia dalam interval seperti ini : 

1. Player Support : 16-20 
2. Support Range : 12-18 
3. Position Switch : 15-20 
4. Attacking Style : 4-14 
5. Pressing : 16-20 
6. Defensive Line : 16-20 
7. Compactnest : 10-15 

Dengan formasi tersebut maka taktik tiki-taka pemain lawan akan berubah menjadi serangan individu yang mengalir lewat sayap pemain lawan. Selain itu tiki-taka hanya akan terjadi di lapangan tengah saja dan tidak begitu membahayakan kotak penalti kita. 

Begitu kita berhasil merebut bola, langsung lakukan serangan balik cepat melalui sisi sayap, karena tim yang bermain possesion football memiliki kelemahan pemain belakang sering ikut membantu penyerangan hingga naik ke depan. 


- Melawan Tim Counter Attack

Apabila kita melawan tim yang karakteristinya melakukan serangan balik atau counter attack ala Real Madrid atau tim-tim lainnya yang biasa menggunakan formasi 4-2-3-1, ada baiknya untuk menggunakan strategi dengan interval seperti ini :

1. Player Support : 10-14 
2. Support Range : 8-14 
3. Position Switch : 6-10 
4. Attacking Style : 10-14 
5. Pressing : 14-18 
6. Defensive Line : 0-4 
7. Compactnest : 15-20 

Dengan formasi tersebut, serangan balik cepat tidak akan terjadi, karena pergerakan striker akan diredam oleh pemain belakang kita. Serangan balik tim lawan akan langsung diputus sejak lini tengah. Dengan nilai compactnes yang besar, maka pergerakan cepat pemain sayap lawan akan segera di pressing oleh pemain kita yang menjaga. 

Untuk sisi penyerangan, kita juga dapat menggunakan berbagai macam strategi dan teknik. Kita bisa menggunakan serangan balik atau menggunakan serangan sederhana, tergantung situasi dan kondisi.


- Melawan Tim Catenaccio

Apabila kita melawan tim yang karakteristinya bertahan total seperti kebanyakan tim-tim Italia dengan taktik catenaccio, maka gunakan taktik custom dan atur elemen-elemen yang tersedia dalam interval seperti ini :

1. Player Support : 6-12 
2. Support Range : 0-8 
3. Position Switch : 0-6 
4. Attacking Style : 14-20 
5. Pressing : 0-4 
6. Defensive Line : 0-6 
7. Compactnest : 8-12 

Dengan formasi diatas maka tim lawan yang gaya bermainnya bertahan akan terpancing untuk maju menyerang. Strategi tiki-taka adalah serangan yang efektif untuk menjebol pertahanan yang solid. Untuk melawan tim yang bertahan, peluang gol dapat kita ciptakan melalui bola-bola mati, karena dengan kita menguasai bola dengan durasi lama di daerah pertahanan lawan maka resiko pelanggaran pasti ada.


Itulah beberapa Tips Trik Memilih Formasi PES 2013. Beberapa tips dan trik yang tersedia di atas bisa dicoba dalam menentukan strategi dan taktik sebelum bermain PES 2013. Dan tentunya, penentuan strategi yang akan digunakan harus menyesuaikan kemampuan musuh yang akan dilawan. Good luck!

(zakipedia)


Mokhammad ZakkyAbout Author : Mokhammad Zakky

Terima kasih Anda telah membaca : Cheat, Tips dan Trik Memilih Taktik Strategi PES 2013. Kami selaku admin memohon dengan kerendahan hati untuk menyertakan link sumber di bawah ini jika Anda berminat memposting ulang artikel ini di blog Anda. semoga info yang Anda dapatkan bermanfaat.

DMCA.com

{ 2 komentar... read them below or add one }

Panji Kece mengatakan...

Maksud 0-10 itu dari 0 tidak boleh lebih dari 10 apa gitu gan? Kurang ngerti nih

Abdul wahid mengatakan...

Iya

Poskan Komentar