Biografi Gorillaz, Grup Band Virtual Terbaik Dunia

Coba lihat gambar di bawah ini. Bagi yang tidak tahu, sekilas pasti mengira itu adalah gambar tokoh kartun tontonan anak-anak kecil. Tapi jangan salah, empat karakter kartun itu tergabung dalam sebuah grup band yang sudah terkenal di seluruh dunia dan memenangkan beberapa penghargaan Grammy Award. Bagaimana bisa tokoh kartun yang tidak nyata seperti itu bisa memenangkan Grammy Award? Berikut profil dan biografi mengenai Gorillaz, grup band virtual terbaik di dunia yang terkenal dengan sejumlah lagu lagu hits populer.

Gorillaz, Band Terbaik Di Dunia Virtual

Biografi Gorillaz

Ternyata mereka adalah sebuah grup band virtual bernama Gorillaz. Gorillaz dibentuk di Inggris oleh Damon Albarn dan Jamie Hewlett pada 1998. Ia berimajinasi tentang adanya sebuah grup band yang diperankan oleh tokoh-tokoh kartun. Gorillaz berisi dunia virtual dan diperankan oleh empat tokoh kartun yang menjadi anggota band dalam dunia virtual tersebut, yaitu :

Gorillaz, Band Terbaik Di Dunia Virtual

Personil Gorillaz


- Stuart “2D” Pot, vokalis, keyboard, rhythm, melodic
Merupakan vokalis virtual Gorillaz. 2D memiliki sifat yang cuek dan santai.

- Noodle, gitaris, keyboard
Gitaris virtual yang berasal dari Jepang. Noodle adalah perempuan yang memiliki tubuh yang pendek namun selalu ceria dalam kondisi apapun.

- Murdoc Niccals, bassis
Bassis virtual dari Gorillaz. Murdoc adalah orang yang selalu waspada dan merupakan seorang yang misterius dan terkadang agak tidak waras.

- Russel Hobbs, drum & perkusi
Drummer virtual Gorillaz. Russel memiliki badan yang besar dan kekar serta kulit yang gelap.


Keempat tokoh virtual ini dieksplorasi lewat video-video music Gorillaz, halaman web resmi, pernak-pernik, hingga aksesoris lain. Suara dan alunan pengiring dari Gorillaz aslinya sendiri melibatkan banyak musisi dunia yang sudah terkenal. Gorillaz mengambil genre alternative rock, dub, hip hop, electronic, dan pop music.

(baca juga list lagu hip hop terbaik)

Album pertama dari Gorillaz dirilis pada tahun 2001 dengan judul self-titled, Gorillaz serta terjual sebanyak tujuh juta copy di seluruh dunia. Single pertama dari Gorillaz adalah Clint Eastwood. Single-single berikutnya cukup sukses seperti Tomorrow Comes Today, 19-2000 serta lagu Rock The House.

Album kedua mereka Demon Days pada tahun 2005 memperoleh lima kali platinum di Inggris, double platinum di Amerika dan masuk lima nominasi Grammy Award serta memenangkan salah satunya yaitu Best Pop Collaboration with Vocal. Album ini menampilkan beberapa single seperti Feel Good Inc, DARE dan Kids With Gun. Gorillaz pun menjadi salah satu band terbaik tahun 2000an.

Album ketiga dan keempat dari Gorillaz telah dirilis pada tahun yang sama yaitu tahun 2010. Album ketiga berjudul Plastic Beach dirilis pada bulan Maret 2010 sedangkan album keempat berjudul The Fall dirilis pada bulan Desember 2010. Mereka juga merilis album baru di tahun 2017 ini. Dengan serangkaian prestasi tersebut, tak salah jika akhirnya Gorillaz dinobatkan oleh Guinness Book of World Record sebagai band virtual tersukses di dunia.



(zakipedia)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Daftar 11 Pemain Terbaik Liga Eropa 2016-2017

Kompetisi liga liga Eropa musim 2016-2017 menghadirkan sejumlah performa terbaik dari pemain dan klub klub yang berlaga, terutama dari lima...

Artikel Pilihan