Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat


Menjaga kesehatan tubuh merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan tiap orang, salah satunya yaitu dengan memiliki tubuh yang langsing. Tubuh langsing memang menjadi impian dari semua wanita. Namun tidak semua wanita memiliki tubuh yang langsing. Pola makan yang tidak teratur atau bawaan dari lahir membuat beberapa wanita memiliki tubuh yang gemuk dan berat badan yang besar. 

Tentunya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh kita menjadi kurus dan langsing. Cara yang paling sering dilakukan guna menurunkan berat badan adalah diet. Namun sebenarnya ada cara lain yang lebih praktis yang bisa dilakukan tanpa harus mengurangi porsi makan kita sehari-hari. Berikut beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat


1. Tingkatkan Waktu Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang paling ampuh untuk mengurangi berat badan. Olahraga bisa dilakukan di gym atau hanya sekedar melakukan lari pagi. Dengan berolahraga, selain akan mengurangi berat badan juga akan menambah kebugaran badan.


2. Hindari Minuman Bersoda

Usahakan untuk menghindari minuman-minuman yang bersoda. Di dalam sebotol kecil minuman bersoda saja terdapat 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Selain itu tidak terdapat vitamin dalam minuman soda. Jika terlalu sering meminum minuman bersoda maka akan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, atau osteoporosis. 


3. Perbanyak Buah dan Sayur

Perbanyaklah dalam mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Ganti cemilan sehari-hari, seperti cokelat atau kripik dengan buah dan sayur. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin. Selain berat badan yang turun, tubuh kita juga akan mendapatkan nutrisi yang sehat.


4. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Cobalah untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi putih mengandung karbohidrat putih, sedangkan nasi merah mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi kalori. Selain nasi merah, kentang rebus, roti gandum, dan kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat.


5. Perhatikan Asupan Nutrisi Tubuh

Tidak perlu untuk selalu menghindar dalam mengkonsumsi golongan jenis makanan tertentu, namun tetap selalu menjaga keseimbangan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Sebab untuk dapat menjaga supaya tubuh tetap sehat setiap saat, tubuh juga membutuhkan air, berbagai jenis vitamin, karbohidrat, asupan lemak, mineral serta serat yang dapat didapatkan dengan selalu mengkonsumsi semua jenis sayuran dan buah-buahan segar.


6. Perbanyak Meminum Air Putih

Usahakan untuk selalu memperbanyak mengkonsumsi air putih. Pastikan sedikitnya kita menghabiskan sekitar 8 gelas air putih setiap harinya karena air putih sangat penting bagi tubuh kita.


7. Makanlah Jika Sedang Lapar Saja

Cobalah untuk makan hanya jika sedang lapar saja dan hindari perlakuan makan hingga terlalu kenyang. Usahakan juga selalu mengganti cemilan yang terlalu banyak mengandung lemak dan glukosa dengan mengkonsumsi buah-buahan segar


8. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji sarat akan kalori yang kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji dan berat badan Anda akan berkurang dalam seminggu.


9. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.


10. Budayakan Hidup Sehat

Cobalah untuk membudayakan gaya hidup sehat setiap harinya. Hal ini dapat dimulai dengan menjaga kebersihan makanan dan kebersihan lingkungan sekitar kita.


Itulah beberapa tips cara menurunkan berat badan dengan cepat. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, asalkan ada kemauan yang kuat dari diri sendiri untuk menurunkan berat badan kita. Memang tips-tips di atas tidak langsung membuahkan hasil dalam satu atau dua hari. Namun jika kita menerapkannya secara teratur tentu berat badan kita akan segera turun. Sekian info unik terbaru.


(zakipedia) 

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon