10 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah rasa yang menunjukkan optimisme dari kemampuan diri seseorang tanpa melihat kekurangan yang ada pada diri. Rasa percaya diri sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang agar bisa dihargai dan diakui oleh orang lain dan untuk meraih kesuksesan di bidangnya, asal tidak terlalu over confident. Dengan rasa percaya diri, kita tentu akan lebih enjoy dalam mengerjakan suatu tugas tanpa dibebani rasa khawatir dan pesimisime yang berlebihan.


Tiap orang memiliki rasa percaya diri yang berbeda-beda. Namun jika kamu termasuk orang yang kurang PD, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa confident dalam diri kita. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi rasa percaya diri, baik dari faktor dalam maupun faktor dari luar diri seseorang. Berikut 10 cara yang bisa dicoba dan diterapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri.


10 Cara untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Memakai Pakaian yang Bagus

Penampilan bukan segalanya. Tapi pakaian yang Anda kenakan akan berpengaruh besar bagi Anda dalam memandang diri sendiri. Tak ada orang yang lebih sadar akan penampilan fisik Anda kecuali Anda sendiri. Bila penampilan Anda buruk, maka itu akan berpengaruh buruk pula terhadap cara Anda membawa diri dan berinteraksi dengan orang lain.

Bukan berarti Anda harus punya banyak baju, membeli koleksi pakaian yang mahal, dan sebagainya. Yang paling penting, kenakan pakaian terbaik yang membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan anggota tubuh seperti gigi, rambut, dan sebagainya.

2. Mensyukuri Apa yang Ada 

Bila Anda terlalu fokus pada apa yang Anda inginkan, pikiran menciptakan alasan mengapa Anda tidak bisa memilikinya. Hal ini membawa Anda untuk memikirkan kelemahan Anda. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah secara sadar berfokus pada rasa syukur. Sisihkan waktu setiap hari untuk mengingat hal-hal apa saja yang membuat anda harus bersyukur. Ingat kesuksesan masa lalu Anda, keterampilan yang unik, hubungan cinta, dan momentum positif. Anda akan kagum betapa banyak hal yang telah anda miliki, dan itu akan membuat Anda termotivasi untuk menjalani hari-hari berikutnya menuju sukses.

3. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik 

Bahasa tubuh pasti menceritakan sesuatu. Orang dengan bahu merosot dan gerakan lesu, menunjukan bahwa dia kurang percaya diri. Mereka tidak antusias tentang apa yang mereka lakukan dan mereka tidak menganggap diri mereka penting. Dengan melatih bahasa tubuh yang baik, secara otomatis Anda akan merasa lebih percaya diri. Berdiri dengan tegak, mata lurus ke depan. Anda akan membuat kesan positif pada orang lain dan langsung merasa lebih percaya diri.

4. Berjalanlah dengan Cepat 

Salah satu cara termudah untuk mengetahui perasaan seseorang saat ini, adalah dengan memperhatikan cara dia berjalan. Entah itu lambat, lelah atau energik dan penuh semangat. Orang yang percaya diri biasanya berjalan dengan cepat. Mereka memiliki tempat untuk pergi, orang-orang untuk dikunjungi, dan hal-hal penting untuk dikerjakan. Berjalan 25% lebih cepat akan membuat Anda terlihat dan merasa lebih penting. 

5. Beranilah untuk Berbicara 

Jika berada di sebuah forum diskusi, banyak orang yang tak pernah berbicara karena takut orang akan menghakimi mereka akibat mengatakan sesuatu yang bodoh. Ketakutan seperti ini sebenarnya tidak beralasan. Faktanya, orang lain tidaklah sesadis yang kita bayangkan. Dan kebanyakan orang pun punya ketakutan yang kurang lebih sama seperti Anda. Cobalah berusaha untuk mulai berani berbicara di depan publik, misalnya di dalam sebuah forum diskusi. Siapa tahu, ini bisa menjadi bekal yang sangat bermanfaat bagi Anda untuk membangun kepercayaan diri ketika berbicara di depan publik.

6. Memotivasi Diri Sendiri 

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah memotivasi diri sendiri. Untuk kita bisa mendengarkan kata-kata dari motivator-motivator yang bisa menginspirasi kita untuk lebih percaya diri dalam kegiatan sehar-hari. Jika kita tidak sempat mendengarkan kata-kata dari motivator, kita masih bisa memotivasi diri kita sendiri dengan menetapkan tujuan kita yang akan menjadikan kita percayan diri dengan kemampan kita untuk mencapainya.

7. Memuji Orang Lain 

Ketika kita berpikir negatif tentang diri kita, kita sering merasa bahwa itu adalah pandangan orang lain tentang diri kita. Lalu kita merasa diremehkan, dihina, dan sebagainya. Untuk memecahkan siklus negatif seperti ini, coba biasakan diri memuji orang lain. Hindari gosip atau membicarakan kejelekan orang lain di belakangnya. Lambat-laun, orang-orang akan menyukai Anda, dan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri. Fokus pada hal-hal yang terbaik saja pada orang lain, akan membantu anda keluar dari lingkaran negatif tersebut.

8. Duduk di Barisan Depan 

Di sekolah, kantor, dan majelis umum di seluruh dunia, kebanyakan orang lebih suka duduk di barisan belakang. Kebanyakan orang lebih memilih berada di belakang karena takut ketahuan. Hal ini mencerminkan kurangnya kepercayaan diri. Dengan memutuskan untuk duduk di barisan depan, Anda bisa melawan rasa ketakutan yang irasional dan membangun kepercayaan diri. Anda juga akan lebih “terlihat” oleh orang-orang penting yang sedang berpidato di podium

9. Fokus pada Kontribusi 

Kita terlalu sering terjebak pada keinginan diri sendiri. Kita fokus terlalu banyak pada diri kita sendiri, dan kurang peduli pada kebutuhan orang lain. Padahal jika mencoba untuk berkonsentrasi pada kontribusi diri terhadap orang lain misalnya, maka Anda tidak akan terlalu khawatir lagi terhadap kekurangan sendiri. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan memungkinkan Anda untuk berkontribusi dengan efisiensi maksimum. Semakin Anda berkontribusi ke dunia, semakin Anda akan dihargai dan diakui. Jalan menuju sukses pun terbuka semakin lebar.

10. Perbanyak Berolahraga 

Sama halnya penampilan, kebugaran fisik pun memiliki efek besar pada rasa percaya diri. Anda tidak harus bertubuh ideal, punya tubuh seperti binaragawan, dan sebagainya. Yang penting, jaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta rajin olah raga. Memiliki disiplin untuk berolah raga tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga menciptakan momentum positif pada diri Anda sepanjang hari.


Berikut 10 cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Cara-cara itu bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari untuk meningkatkan rasa percaya diri kita, asalkan jangan sampai kita nantinya menjadi terlalu over confident atau terlalu percaya diri. Sekian info tips trik terbaru kali ini.


(zakipedia)

mokhammad zakky

1 komentar so far

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi


EmoticonEmoticon