Daftar Juara Piala AFF dari Tahun ke Tahun

AFF Championship atau ASEAN Football Championship merupakan kompetisi sepakbola terbesar antara negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN Football Federation (AFF). AFF Cup diikuti oleh negara negara yang berada dalam wilayah Asia Tenggara. Kompetisi ini digelar tiap dua tahun sekali. Sepanjang sejarahnya, AFF Cup sempat berganti-ganti nama, tergantung pada sponsor turnamen, mulai dari Tiger Cup (1996-2004) hingga AFF Suzuki Cup (2008-sekarang). Sebanyak 8 negara berkompetisi di putaran final yang tergabung dalam dua grup. Dua juara dan runner up grup akan beradu di semifinal, dimana pemenangnya akan bertemu di final dalam pertandingan dua leg.

Untuk menentukan 8 negara yang berlaga dilakukan sistem unggulan dan non-unggulan. Tujuh negara dipastikan lolos ke putaran final tergantung pada koefisien menjelang kompetisi sedangkan satu negara sisa ditentukan lewat babak kualifikasi. Negara-negara unggulan yang selalu mengikuti AFF Cup antara lain yaitu Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia dan tentu saja negara Indonesia.

Indonesia tercatat masih belum pernah menjadi juara di kompetisi ini. Ironisnya, tim Garuda pernah lima kali masuk final, namun selalu kalah. Artinya, sudah lima kali Indonesia menjadi runner up di kompetisi Piala AFF. Thailand masih menjadi negara tersukses dengan 5 kali menjadi juara, satu lebih banyak dibandingkan dengan torehan Singapura. Sementara Vietnam dan Malaysia pernah menjadi masing-masing juara satu kali. Berikut kami tampilkan list juara Piala AFF dari masa ke masa.

Daftar Juara Piala AFF dari Tahun ke Tahun

Daftar Juara Piala AFF


Tahun - Juara - Runner up

1996 - Thailand - Malaysia
1998 - Singapura - Vietnam
2000 - Thailand - Indonesia
2002 - Thailand - Indonesia
2004 - Singapura - Indonesia
2007 - Singapura - Thailand
2008 - Vietnam - Thailand
2010 - Malaysia - Indonesia
2012 - Singapura - Thailand
2014 - Thailand - Malaysia
2016 - Thailand - Indonesia
2018 - 

Pencapaian timnas Indonesia di AFF Cup

1996 - Posisi empat
1998 - Posisi tiga
2000 - Runner up
2002 - Runner up
2004 - Runner up
2007 - Penyisihan grup
2008 - Semi final
2010 - Runner up
2012 - Penyisihan grup
2014 - Penyisihan grup
2016 - Runner up
2018 - 


Itulah info mengenai daftar juara Piala AFF dari tahun ke tahun serta pencapaian timnas Indonesia di ajang tersebut sepanjang sejarah. Turnamen ini sebelumnya dikenal dengan nama Tiger Cup dan juga AFF Suzuki Cup. Indonesia dikerap sebagai salah satu negara besar dalam turnamen ini, sayangnya Indonesia masih belum pernah menjadi juara dan hanya 4 kali menjadi juara dua alias runner up. Kita nantikan saja pencapaian timnas Indonesia di Piala AFF ke depannya. Sekian info berita bola terkini kali ini.


(zakipedia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun s...

Artikel Pilihan